Waspada, Ini Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Dec 2021

Bagikan

Inilah Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung adalah beberapa jenis makanan yang dapat menjadi pemicu meningkatnya asam lambung menjadi tidak normal. Beberapa makanan bisa menjadi penyebab naiknya asam lambung dari perut ke kerongkongan. 

Makanan tersebut sebenarnya tidak masalah dikonsumsi, hanya saja sangat tidak disarankan bagi penderita asam lambung. Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung pada umumnya didasari oleh bahan–bahan atau komposisi dari makanan tersebut yang dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Naiknya asam lambung merupakan penyakit yang menimbulkan rasa terbakar didada ketika asam lambung naik dari perut ke kerongkongan. Gejala ini biasanya muncul dua kali dalam seminggu. Sering kali juga, gejala penyakit asam lambung disalahartikan sebagai gejala jantung koroner karena dampak yang ditimbulkan mirip. 

Makanan yang Harus Dihindari oleh Penderita Asam Lambung

Berbagai cara dapat dilakukan untuk menangani penyakit asam lambung ini seperti makan makanan yang sehat, mengubah pola makan menjadi lebih teratur dan memperhatikan makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. Berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung.

  1. Gorengan dan Makanan Berlemak

Makanan pertama yang harus dihindari oleh penderita asam lambung adalah aneka gorengan dan makanan berlemak. Makanan yang satu ini bak primadona di kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, gorengan termasuk makanan yang praktis, enak, murah dan tentu saja mengenyangkan.

Namun, makanan ini sangat tidak direkomendasikan bagi para penderita asam lambung karena kandungan minyak dalam gorengan dapat memicu naiknya kadar asam lambung. 

  1. Makanan Tinggi Asam

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung selanjutnya adalah makanan yang mengandung kadar asam yang tinggi seperti jeruk, nanas dan tomat. Meskipun pada dasarnya buah adalah jenis makanan yang baik bagi kesehatan, nyatanya tidak semua buah baik dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Hindari mengonsumsi buah–buahan tersebut demi menjaga kesehatan lambung Anda. Hindari pula semua olahan makanan atau pun minuman dengan bahan dasar buah tersebut misalnya jus jeruk dan tomat atau selai nanas.

  1. Keju, Susu, dan Es Krim

Makanan dan minuman selanjutnya adalah keju, susu, dan es krim. Sepertinya makanan ini juga menjadi makanan kesukaan bagi sebagian orang.

Sayangnya, Anda perlu mewaspadai beberapa list makanan yang telah disebutkan tadi. Meskipun makanan tersebut menjadi makanan yang harus dihindari penderita asam lambung, namun hal ini tidak berlaku secara umum pada semua penderita asam lambung. Ada yang bisa mengonsumsi susu ada pula yang tidak, dsb.

Baca Juga: Jangan Panik, Ini Pertolongan Pertama Saat Asam Lambung Naik

  1. Makanan Pedas dan Beraroma Tajam

Selanjutnya makanan yang harus dihindari penderita asam lambung adalah jenis makanan yang pedas dan beraroma tajam seperti bawang putih, bawang bombai dan cabai. Makanan pedas dapat memicu naiknya asam lambung dan menjadi penyebab meningkatnya produksi asam lambung. Selain itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan timbulnya rasa terbakar di perut terutama bagi para penderita asam lambung. 

  1. Cokelat

Sepertinya makanan selanjutnya yang harus dihindari oleh penderita asam lambung adalah cokelat. Kandungan dari cokelat dapat mengendurkan kinerja otot di esofagus. Hal tersebut dapat menyebabkan cairan yang membantu proses pencernaan dapat naik kembali ke kerongkongan dan hal inilah yang menjadi alasan mengapa cokelat tidak direkomendasikan bagi penderita asam lambung.

  1. Sayur Kol

Sayur kol adalah salah satu jenis makanan yang harus dihindari penderita asam lambung. Sayur kol kerap dijadikan sebagai lalapan karena makanan ini sangat cocok dikonsumsi dengan sambal. Beberapa orang mengeluhkan asam lambung yang naik setelah mengkonsumsi sayur kol. Sayuran ini mengandung gas yang cukup tinggi sehingga memicu naiknya kadar asam lambung, apalagi jika Anda memang penderita penyakit asam lambung.

  1. Daun Mint

Sama hal nya dengan makanan sebelumnya, daun mint juga sangat tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Daunt mint ini biasanya ditambahkan pada makanan dan minuman untuk menambah kesegaran dari makanan dan minuman tersebut. Daun mint memang memiliki banyak manfaat, namun tidak ramah bagi para penderita asam lambung. 

Beberapa jenis makanan yang harus dihindari penderita asam lambung memang sangat beragam dan banyak. Namun, Anda jangan khawatir karena hal tersebut tidak mutlak terjadi pada semua orang. Beberapa penderita penyakit asam lambung ada yang bisa mengonsumsinya dan ada pula yang tidak. Namun ada baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan tersebut dalam jumlah yang banyak.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berikut Ini Macam-Macam Makanan Untuk Asam Lambung Yang Aman Dikonsums

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter umum sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. L E A Troncon, R J M Bennett, N K Ahluwalia, D G Thompson. Abnormal intragastric distribution of food during gastric emptying in functional dyspepsia patients. 1993.
  2. R. E. Pounder', j. G. Williams, r. C. G. Russell2, g. J. Milton-thompson, and j. J. Misiewicz .Inhibition of food-stimulated gastric acid secretion by cimetidine. 1975.
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter umum sekarang!

Pesan Konsultasi