Bantuan

Waspadai Berbagai Penyakit yang Disebabkan oleh Bakteri

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Feb 2022

Bagikan

Bakteri

Tahukah Anda, ternyata ada begitu banyak penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bisa menyerang Anda. Penularan penyakit ini akan semakin luas karena kontaminasi bakteri bisa terjadi di mana dan kapan saja tanpa disadari. Terlebih lagi jika Anda sedang dalam kondisi yang kurang sehat, maka penyakit yang disebabkan oleh bakteri akan mudah menyerang. 

Lantas, apa sajakah penyakit yang disebabkan oleh bakteri tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang perlu Anda waspadai.   

Penyakit Yang Disebabkan Oleh Bakteri

  1. Diare 

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang perlu diwaspadai pertama, yaitu diare atau penyakit saluran pencernaan. Beberapa bakteri yang dapat menyebabkan diare, yaitu E.coli, Clostridium, Campylobacter, Salmonella, dan Difficile. Diare akan ditandai dengan gejala berupa nyeri pada perut, sering buang air besar, dan feses menjadi lebih lunak atau encer. Kondisi ini akan membuat penderitanya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan di dalam tubuh. Segeralah konsumsi obat diare, apabila mengalami kondisi seperti ini. 

Baca juga: Apa Manfaat Minum Oralit Saat Anak Diare? Ketahui Jawabannya di Bawah Ini

  1. Tipes

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang selanjutnya, yaitu tipes. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhosa yang akan menyerang sistem pencernaan. Penyebaran penyakit ini melalui media makanan dan minuman yang terkontaminasi bakteri Salmonella typhosa. Hal ini dapat terjadi karena pengidap tipes tidak bersih dalam mencuci tangan sehingga bakteri yang ada di tangannya akan berpindah ke makanan dan minuman yang disajikan. Beberapa gejala yang muncul akibat penyakit ini yaitu demam tinggi, nyeri otot, lesu, dan hilang  nafsu makan. 

Baca juga: Mari Ketahui Gejala Tipes Yang Bisa Saja Menyerang Anda

  1. Disentri

Disentri merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Shigella.  Bakteri ini dapat menginfeksi usus sehingga menyebabkan diare yang disertai dengan darah dan lendir. Penularan penyakit ini dapat terjadi karena makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak higienis. Apabila Anda mengalami penyakit ini, maka akan menimbulkan gejala berupa demam, kram perut, mual, dan muntah. Tidak hanya itu, disentri juga dapat menimbulkan gejala yang serius seperti dehidrasi yang mengharuskan penderitanya melakukan rawat inap. 

  1. Pneumonia

Pneumonia atau penyakit radang paru-paru merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri selanjutnya. Pneumonia adalah penyakit yang menyebabkan  paru-paru  dipenuhi lendir atau air sehingga penderitanya mengalami kesulitan dalam bernapas. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydophila pneumonia, Streptococcus pneumoniae, dan Legionella pneumophila. Apabila Anda terkontaminasi oleh bakteri tersebut, maka akan menimbulkan gejala berupa demam,  batuk disertai dahak, sesak napas, jantung berdebar, dan mudah berkeringat. 

Baca juga: Mari Ketahui Berbagai Seluk Beluk Infeksi Paru-Paru atau Pneumonia

  1. Meningitis

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang perlu diwaspadai selanjutnya, yaitu meningitis. Meningitis merupakan penyakit yang terjadi karena adanya peradangan pada selaput otak. Bakteri yang menyebabkan penyakit ini, yaitu Neisseria meningitidis, Streptococcus grup B, dan Haemophilus influenzae. Apabila telah terinfeksi oleh penyakit tersebut, maka dapat menyebabkan munculnya gejala berupa mual dan muntah, demam dan menggigil, linglung, leher terasa kaku serta sensitif terhadap cahaya yang menyilaukan. 

Baca juga: Apa Pentingnya Suntik Meningitis dan Siapa yang Memerlukannya?

  1. Kusta

Bakteri yang bernama Mycobacterium leprae merupakan  penyakit Kusta. Bakteri ini dapat menginfeksi kulit, otot, mata, sistem saraf, dan selaput lendir. Apabila telah terinfeksi oleh bakteri tersebut, maka akan menimbulkan gejala berupa mati rasa, kelumpuhan otot kaki dan tangan, tidak merasakan rasa sakit hingga kehilangan jari-jari tangan. Penularan bakteri ini dapat terjadi melalui droplet penderita yang disebarkan ketika bersin dan batuk. Oleh karena itu, gunakanlah masker saat di tempat umum untuk meminimalisir penularan. 

  1. Difteri

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang perlu Anda waspadai terakhir, yaitu difteri. Difteri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Corynebacterium diphtheria. Bakteri ini dapat dapat menyerang selaput lendir pada hidung, tenggorokan, dan kulit. Seseorang yang terinfeksi oleh bakteri ini akan menimbulkan gejala berupa pilek yang kental dan berdarah, suara menjadi serak, demam, dan menggigil serta pembengkakan kelenjar limfa. 

Demikianlah informasi mengenai berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang perlu diwaspadai. Anda bisa melakukan beberapa cara pencegahan agar tidak terinfeksi berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Mulai dari menjaga kebersihan, menggunakan masker saat di tempat umum, dan menjaga kekebalan tubuh. 

Baca juga: Vaksin Difteri: Cara Ampuh Cegah Difteri

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

ThoughtCo. 7 Scary Diseases Caused by Bacteria. https://www.thoughtco.com/scary-diseases-caused-by-bacteria-373276.

Britannica. Bacterial disease. https://www.britannica.com/science/bacterial-disease

Healthgrades. 2021.  Bacterial Diseases. https://www.healthgrades.com/right-care/infections-and-contagious-diseases/bacterial-diseases

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang