Mudah dan Efektif, Ini Dia Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Dec 2021

Bagikan

Mudah dan Efektif, 7 Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Apakah Anda tahu bagaimana cara mengobati ambeien secara alami yang mudah dan efektif? Ambeien merupakan penyakit yang mana terjadi pembengkakan pada pembuluh darah yang berada di anus dan rektum bagian bawah. Ambeien umumnya akan menimbulkan gejala berupa gatal, nyeri, dan perasaan tidak nyaman pada anus. 

Pada dasarnya, ambeien yang ringan dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, ambeien dapat menyebabkan gangguan yang membatasi aktivitas sehari-hari penderitanya. Oleh karena itu, sebaiknya ambeien segera diobati. 

Baca Juga: Mengulik Gejala Ambeien pada Wanita Beserta Cara Mengatasinya

Cara Mengobati Ambeien

Lalu bagaimana cara mengobati ambeien? Berikut ini akan dijelaskan berbagai cara mengobati ambeien dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

  1. Menggunakan gel lidah buaya

Cara mengobati ambeien yang pertama, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya. Pasalnya efek dingin yang dihasilkan oleh lidah buaya dapat membantu mengurangi rasa sakit pada anus. Cara menggunakannya, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya pada bagian terluar anus yang mengalami bengkak dan terasa gatal. Hindari memasukkan gel ke dalam anus. Selain itu, pastikan juga Anda menggunakan lidah buaya murni bukan produk gel lidah buaya yang banyak di jual di pasaran. 

  1. Mengoleskan cuka apel

Anda juga bisa menggunakan cuka apel untuk mengobati ambeien. Hal ini karena di dalam cuka apel terdapat kandungan asam asetat yang dapat membantu mengecilkan jaringan. Tidak hanya itu, asam asetat juga memiliki sifat antibakteri yang bisa mengurangi peradangan dan pembengkakan pada ambeien. Namun cara yang satu ini masih menjadi perdebatan di antara para dokter karena dapat memicu iritasi jika dioleskan secara langsung. 

  1. Menggunakan minyak kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan antiperadangan sehingga dapat mengurangi peradangan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat analgesik yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi rasa tidak nyaman akibat ambeien. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga memiliki efek pencahar yang dapat membantu mengatasi sembelit sehingga buang air besar tidak perlu mengenjan. Cara menggunakannya, yaitu mencampurkan minyak kelapa dengan witch hazel ataupun menambahkan minyak kelapa pada makanan. 

  1. Menggunakan garam

Cara mengobati ambeien secara alami yang mudah selanjutnya, yaitu menggunakan garam epsom dan gliserin. Cara menggunakannya, yaitu dengan mencampurkan garam garam epsom dan garam gliserin masing-masing dua sendok ke dalam air. Setelah itu gunakan  air tersebut untuk mengompers area yang meradang selama 15 menit. Setelah itu bersihkan dan ulangi lagi setiap 4 hingga 6 jam sekali. 

  1. Berendam di air hangat

Anda bisa mengobati ambeien dengan cara berendam di dalam air hangat. Pasalnya, air hangat dapat membantu meredakan berbagai keluhan seperti nyeri, gatal hingga iritasi pada anus. Cara melakukannya pun cukup mudah, yaitu dengan duduk di dalam ember ataupun wadah yang berisikan air hangat. Anda perlu berendam selama 20 menit. Setelah itu jangan lupa untuk mengeringkan bagian anus menggunakan kain ataupun handuk yang bersih dengan lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukan cara ini sebanyak 2 hingga 3 kali dalam sehari.  

  1. Mengompres es batu

Cara mengobati ambeien yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu dengan menggunakan es baru. Pasalnya es batu dapat meredakan pembuluh darah sehingga pembengkakan pada anus dapat mengecil dan mengurangi rasa tidak nyaman. Cara melakukannya, yaitu dengan membalut es batu menggunakan kain yang bersih. Setelah itu kompreslah bagian anus yang terasa sakit selama 15 menit. Anda bisa melakukannya lagi apabila gejala ambeien kembali muncul. 

  1. Menjaga kebersihan area anus

Cara mengobati ambeien yang terakhir, yaitu dengan menjaga kebersihan area anus. Namun perlu diperhatikan, ketika Anda membersihkan anus, sebaiknya hindari sabun ataupun tisu yang memiliki kandungan alkohol maupun pegawai. Pasalnya kedua bahan ini hanya akan menyebabkan benjolan ambeien mengalami iritasi. Menjaga kebersihan anus juga bertujuan utuuk mencegah berkembangnya kumat pada area anus. 

Nah itulah beberapa cara mengobati ambeien yang mudah dan efektif dilakukan. Perlu diperhatikan, apabila ambeien yang Anda mengalami gejala keluarnya darah maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Cleveland Clinic. 2019. 5 Best and Worst Home Remedies for Your Hemorrhoids. 

 

Radhakrishnan, Rohini. 2020. 10 Home Remedies for Hemorrhoids.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi