Apa Sebenarnya Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Manusia?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 27 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Fungsi Sebenarnya Tulang Pergelangan Tangan Manusia

Sangat penting untuk Anda mengenal lebih jauh fungsi tulang pergelangan tangan. Dalam anatomi tulang manusia itu sendiri, untuk bisa melakukan aktivitas seperti seharusnya maka sangat penting untuk Anda menjaga tulang pergelangan tangan. Pergelangan tangan diketahui mempunyai 8 tulang kecil, yang mana disebut sebagai tulang karpus atau karpal.

Tulang kecil ini menyatu dengan tulang panjang yang berada di bagian jari-jari, ulna, dan lengan. Bentuk dari tulang pergelangan tangan atau karpal yakni oval, segitiga, dan persegi kecil. 

8 Jenis Tulang Karpal

Dibawah ini adalah jenis tulang karpal yang bisa Anda ketahui:

  1. Scaphoid, yakni tulang panjang di bagian bawah ibu jari.

  2. Hamatum, berada di bagian bawah sisi jari kelingking tangan.

  3. Triquetrum, bagian tulang kecil dengan bentuk piramida di bawah hamatum.

  4. Pisiform, yaitu tulang bulat kecil yang berada di bagian atas triquetrum.

  5. Capitatum, memiliki bentuk oval di bagian tengah pergelangan tangan.

  6. Lunatum, tulang kecil yang mempunyai bentuk bulan sabit di bagian samping scaphoid.

  7. Trapesium, yang mana bentuknya bujur sangkar pada bagian atas scaphoid serta di bawah ibu jari. 

  8. Trapezoid, yakni tulang kecil dengan bentuk oval yang berada di bagian pergelangan tangan.

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ternyata Inilah Fungsi Tulang Jari Kaki

Apa Fungsi Tulang Pergelangan Tangan?

Sebenarnya fungsi dari tulang pergelangan tangan yakni bantu dalam pergerakan pergelangan jari dan tangan. Dimana adanya fungsi guna menghubungkan jari dengan jaringan serta tulang lainnya. Bukan hanya sebagai penopang, fungsi tulang pergelangan tangan juga adalah sebagai pendukung aktivitas harian misalnya seperti olahraga, mengetik, atau gerakan lainnya.

Wajar saja, karena tulang pergelangan tangan masuk ke dalam sendi geser, yang mana merupakan sendi paling sering digunakan. Simak beberapa fungsi tulang pergelangan tangan dibawah ini:

  1. Bantu Pergerakan Pergelangan Tangan

Fungsi dari tulang pergelangan tangan yakni guna membantu gerakan pergelangan tangan. Dimana Anda bisa menggerakkannya ke depan dan belakang, ke samping kanan dan kiri, ke bawah dan atas, dan juga memutar. Maka dari itu, Anda harus menjaga tulang pergelangan tangan supaya dapat melakukan aktivitas yang berkaitan dengan koordinasi telapak tangan dan jari. 

  1. Bantu Pergerakan Jari Tangan

Fungsi tulang pergelangan tangan yang selanjutnya yakni bantu pergerakan jari-jari tangan Anda. Tulang di bagian pergelangan tangan ini akan bantu Anda dalam pergerakan jempol dan jari-jari. Guna dapat bergerak dengan leluasa, mulai dari ke arah belakang dan depan serta ke samping kanan dan kiri. 

  1. Tempat Melekatnya Jaringan Tubuh 

Fungsi lain dari tulang pergelangan tangan ini yakni sebagai tempat melekatnya jaringan-jaringan halus, otot, tendon, pembuluh darah, ligamen, dan juga saraf. Jaringan-jaringan ini memiliki peran dalam sensasi, penyaluran nutrisi ke tangan, dan juga bantu pergerakan. 

  1. Penghubung Tulang Lengan Bawah dan Tulang Jari

Selanjutnya, fungsi tulang pergelangan tangan adalah sebagai penghubung tulang tangan dan tulang lengan bawah. Dimana tulang tangan terdiri dari tulang-tulang jemari, sementara itu tulang lengan bawah terdiri dari tulang pengumpil dan tulang hasta. 

Gangguan Pergelangan Tangan 

Beberapa gangguan pergelangan tangan bisa terjadi, karena tulang ini sering kali digunakan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Patah Tulang Pergelangan Tangan

Salah satu gangguan fungsi tulang pergelangan tangan yakni cedera keretakan di tulang pergelangan. Keretakan ini dapat terjadi sebab terjadinya pukulan dan tekanan yang keras, misalnya seperti kecelakaan. Dengan posisi lengan yang terlentang, Anda juga dapat mengalami gangguan ini. Gangguan ini dapat meningkat bila tulang pergelangan tangan mengalami pergeseran dan osteoporosis. 

  1. Tekanan Berulang

Tahukah Anda bahwa gerakan dan tekanan yang terjadi secara berulang dapat menggangu fungsi tulang pergelangan tangan. Dimana tekanan dapat menjadi pemicu sindrom terowongan karpal. Carpal tunnel yakni sekumpulan saraf dan tendon, yang berada di bagian tulang pergelangan tangan. Dimana bisa menebal dan mengalami peradangan jika terjadi tekanan yang berulang seperti olahraga.

  1. Cedera Otot

Cedera lainnya yang umum terjadi adalah cedera otot, yang mana dapat mengakibatkan rasa sakit di tulang pergelangan tangan. Kerusakan pada ligamen menjadi penyebab terjadinya gangguan satu ini.

Sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang pergelangan, agar fungsinya dapat berjalan dengan baik. Jika Anda mengalami gangguan pergelangan tangan, maka jangan ragu untuk segera menghubungi dokter ahli.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengetahui Fungsi Tulang Betis Dan Anatominya

 

Referensi:

1. https://www.healthline.com/human-body-maps/wrist#1

2. https://www.healthline.com/health/chronic-pain/wrist-and-hand-stretches

3. https://www.uofmhealth.org/conditions-treatments/cmc/hand-elbow-wrist/wrist-fractures

4. https://orthoinfo.aaos.org/en/diseases--conditions/arthritis-of-the-wrist/

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi