Bantuan

Apa Manfaat Minum Oralit Saat Anak Diare? Ketahui Jawabannya di Bawah Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Feb 2022

Bagikan

Oralit

Apakah Anda sudah mengetahui apa manfaat minum oralit saat anak diare? Mungkin beberapa dari Anda akan panik saat anak mengalami diare. Namun, hal ini sebenarnya bisa ditangani dengan cara memberikan oralit. Mengapa demikian?  Hal ini karena pada saat diare tubuh akan mengalami dehidrasi dan oralit dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang tersebut. 

 

Overview Oralit

Pada dasarnya, oralit merupakan obat yang terbuat dari campuran air, garam, dan gula. Cairan ini memiliki kandungan kalium klorida, natrium klorida, natrium bikarbonat, dan glukosa anhidrat. Berkat kandungan inilah, obat ini dijadikan sebagai pertolongan pertama pada saat mengalami diare. 

Walaupun terlihat cukup sederhana, cairan oralit ini diklaim telah menyelamatkan jutaan nyawa. Hal ini karena pada tahun 70an, diare dianggap sebagai penyakit yang mampu menyebabkan  kematian. Namun, setelah ditemukannya obat ini risiko kematian yang disebakan oleh diare menurun. 

 

Manfaat Oralit

Lalu apa saja manfaat minum oralit saat anak diare? Untuk mengetahui jawabanya,  simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Mengembalikan cairan tubuh yang hilang

Manfaat minum oralit saat anak diare yang pertama, yaitu dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, diare dapat menyebabkan tubuh kehilangan banyak cairan. Dalam hal ini, cairan oralit memiliki kandungan natrium dan kalium yang akan membantu penyerapan cairan yang lebih banyak oleh usus. Hal inilah yang akan membantu mengembalikan cairan yang hilang akibat diare menjadi lebih cepat.

  1. Menurunkan risiko kematian

Sudah disinggung sebelumnya, diare merupakan penyakit yang dapat menyebabkan  kematian. Hal ini disebabkan karena diare dapat membuat penderitanya buang air besar berkali-kali dan akan sangat berbahaya apabila tidak segera ditangani. Buang air secara berkali-kali ini dapat menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi. Dalam hal ini, oralit dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan lebih cepat sehingga dapat menghidrasi kembali tubuh dan mampu menurunkan risiko kematian akibat diare. 

  1. Mengatasi muntaber

Muntaber sering kali terjadi pada anak karena sembarangan dalam membeli jajanan. Hal ini bisa terjadi karena jajanan yang dibeli telah terkontaminasi oleh virus yang dapat menyerang imun pada pencernaan. Oleh karena itu, biasanya anak yang mengalami muntaber akan disertai muntah dan diare yang bisa berlangsung selama 7 hari. Pada saat muntaber, tubuh akan kehilangan beberapa mineral, seperti kalium dan natrium. Dalam hal ini, oralit mampu mengembalikan cairan serta mineral yang hilang tersebut. 

 

Aturan pemberian oralit pada anak

Selain mengetahui apa saja manfaat minum oralit saat anak diare, Anda juga perlu mengetahui aturan pemberian oralit pada anak. Lalu apa saja yang harus diperhatikan? 

Apabila Anda ingin memberikan oralit pada anak di bawah usia satu tahun maka dosis yang disarankan yaitu 15 ml/kg berat badan anak yang diberikan 1 kali sehari, sedangkan untuk usia di antara 2 hingga 10 tahun maka dosis yang disarankan, yaitu 50 ml/kg berat badan yang diberikan pada 4 hingga 6 jam pertama dan setelah 18-24 jam, maka berikan 100 ml/kg berat badan.

Anda bisa memberikan oralit dari obat yang telah tersedia dan bisa dibeli di apotek. Sebelum memberikannya pada anak, Anda perlu melarutkannya terlebih dahulu menggunakan air. Untuk 200 ml obat, perlu dilarutkan menggunakan 200 ml air. 

Selain menggunakan obat yang telah tersedia, Anda juga bisa membuat oralit sendiri di rumah. Caranya cukup mudah, Anda perlu menyediakan air, garam, dan gula. Pertama-tama siapkan satu gelas air minum, kemudian masukkan  dua sendok teh gula dan setengah sendok teh garam. Setelah dimasukkan semua maka aduklah campuran tersebut hingga merata.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai apa saja manfaat minum obat oralit saat anak diare. Pada dasarnya, memberikan oralit pada anak saat diare bukanlah obat untuk mengatasi diare, melainkan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Oleh karena itu, apabila diare anak tidak kunjung sembuh segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Baca Juga: Demam Menurun Hingga Tubuh Lebih Bertenaga, Berikut Ini Ciri Tipes Mulai Membaik

 

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Health Benefit. 6 Benefits Of Taking In Oral Rehydration Solutions. https://www.healthbenefitstimes.com/benefits-of-oral-rehydration-solutions/

Medicines For Children. 2013. Oral rehydration salts. https://www.medicinesforchildren.org.uk/oral-rehydration-salts

The Lancet, 1978. The discovery that sodium transport and glucose transport are coupled in the small intestine so that glucose accelerates absorption of solute and water (is) potentially the most important medical advance this century. http://rehydrate.org/.

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang