Bantuan

Apa Pentingnya Suntik Meningitis dan Siapa yang Memerlukannya?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Nov 2021

Bagikan

Apa Pentingnya Suntik Meningitis dan Siapa yang Memerlukannya?

Suntik meningitis sangat diperlukan bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah dan memiliki anggota keluarga yang terpapar meningitis. Tidak hanya untuk anak-anak usia muda, orang dewasa juga memerlukan suntik meningitis. Penyakit ini bisa menyebabkan peradangan otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit meningitis biasanya disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri yang mudah ditularkan seseorang, ketika batuk ataupun bersin. 

Mengapa suntik meningitis penting?

Suntik meningitis penting dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang terpapar meningitis karena meningitis bisa menular dan menyebabkan kerusakan otak hingga mengakibatkan kematian. Berikut beberapa alasan lain pentingnya suntik meningitis yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

  1. Meningitis merupakan penyakit serius

Penyakit meningitis merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh bakteri Neisseria meningitidis atau meningokokus, dengan angka kematian yang cukup tinggi. Penyakit meningitis bisa mengakibatkan pendarahan, pembengkakan pada selaput meninges, dan membut penderitanya kehilangan pendengaran hingga cacat permanen.

  1. Meningitis merupakan penyakit menular

Meningitis merupakan penyakit menular yang bisa mengenai orang lain melalui ludah yang menempel pada mukosa, lalu masuk ke selaput otak melalui peredaran darah. Maka dari itu suntik meningitis sangat penting dilakukan agar terhindar dari bakteri seagroup A, B, C, Y dan W-135, penyebab meningitis.

  1. Memiliki gejala berat 

Suntik meningitis penting diberikan pada anak-anak maupun orang dewasa karena penyakit ini memiliki gejala yang cukup berat, misalnya sakit kepala, leher terasa kaku, kesadaran menurun, hingga kejang-kejang. Oleh karena itu, suntik meningitis menjadi penting untuk dilakukan. 

  1. Bebas berpergian

Bagi Anda yang suka berpergian ke luar negeri, tentu penting untuk mendapatkan suntik meningitis agar tubuh Anda memiliki antibodi ketika memasuki negara endemik meningitis. Negara sumber meningitis misalnya Arab Saudi, Afrika, Sub sahara, hingga Ethiopia.

Baca Juga: Penting untuk Diwaspadai, Berikut Ini Gejala Meningitis pada Bayi

Siapa yang memerlukan suntik meningitis?

Suntik meningitis diperlukan oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak hingga dewasa. Risiko terpapar meningitis bisa ditekan dengan melalukan upaya pencegahan dan pengendalian, melalui suntik meningitis.

  1. Orang yang hendak pergi ke Mekah

Arab Saudi mewajibkan jamaah haji atau orang yang hendak memasuki negaranya, suntik meningitis 10 hari sebelum keberangkatan. Pasalnya virus penyakit meningitis bisa dibawa oleh berbagai orang dari mancanegara. Mereka yang memasuki Arab Saudi juga harus memiliki antibodi yang kuat agar tidak terkena penyakit meningitis dari negara tersebut.

  1. Anak remaja

Meningitis bisa menyerang anak remaja dan orang dewasa muda sehingga jika tidak ditangani dan dicegah dengan baik bisa menyebabkan kerusakan otak dan saraf secara permanen. Anak usia remaja merupakan kelompok rentan terinfeksi meningitis. Anak usia remaja antara 16-18 tahun bisa memilih vaksin meningitis MenB jika mereka mengalami beberapa gangguan berikut:

  • Gangguan kekebalan tubuh yang langka

  • Sedang mengonsumsi obat inhibitor komplemen (soliris atau ultomiris)

  • Memiliki limpa yang telah rusak atau diangkat

  1. Anak-anak

Selain remaja, anak-anak usia 2 bulan hingga 10 tahun juga sebaiknya medapat suntik meningitis berupa vaksin MenACWY, jika mereka memiliki kondisi berikut:

  • Terkena penyakit HIV

  • Pergi ke negara tempat penyakit meningitis sering terjadi

  • Memiliki gangguan kekebalan tubuh yang langka

  • Sedang mengonsumsi obat inhibitor komplemen

  1. Orang dewasa

Suntik meningitis juga di anjurkan untuk orang dewasa, mereka bisa mendapat vaksin MenACWY jika mereka masuk pada kriteria berikut:

  • Ahli mikrobiologi yang rentan terpapar Neisseria meningitides

  • Memiliki limpa yang rusak atau telah diangkat

  • Memiliki gangguan kekebalan tubuh yang langka 

  • Sedang mengonsumsi obat inhibitor kompelen

  1. Orang yang akan mengahadiri acara internasional

Bagi Anda yang hendak menghadiri acara Internasional dalam waktu yang lama seperti, conference, olimpiade, festival, dan acara lainya dianjurkan untuk melakukan suntik meningitis terlebih dahulu.

Itulah pentingnya dilakukan suntik meningitis yang perlu Anda ketahui. Perlu diingat kembali, suntik meningitis sangat penting bagi Anda yang memiliki sistem kekebalan tubuh lemah. Tidak hanya itu, penyakit ini juga mudah menyerang anak-anak dan remaja sehingga perlu diberikan suntik meningitis untuk mengurangi risiko terpapar.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Hati-Hati Cacat Seumur Hidup! Pelajari Penyakit Meningitis dan Cara Mencegahnya

 

Sumber:

Kids Health: Your Child's Immunizations: Meningococcal Vaccines. 2021. 

Stuart, Annie. The Meningitis Vaccines: What Parents Should Know. 2019.

Bagikan artikel ini