Bantuan
Free Tele x

Mari Ketahui Gejala Tipes Yang Bisa Saja Menyerang Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 23 Dec 2021

Bagikan

Mari Ketahui Gejala Tipes Yang Bisa Saja Menyerang Anda

Demam tifoid atau penyakit tipes merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi dan masih menjadi epidemik di Indonesia, namun tahukah Anda apa saja gejala tipes? Gejala tipes perlu Anda ketahui sebelum menimbulkan dampak yang lebih parah. Berdasarkan data dari World Health Organization, setiap tahun ada 1.500.000 orang yang terserang penyakit tipes. Maka dari itu penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejala penyakit tipes agar langkah pengobatan bisa segera dilakukan.

Anda bisa melakukan beragam upaya pencegahan agar Anda dan keluarga terhindar dari penyakit membahayakan ini. Cara untuk mencegahnya bisa Anda lakukan dengan selalu menjaga kebersihan makanan, minuman dan lingkungan di sekitar tempat tinggal Anda. Hindari makanan dan minuman yang dijual terbuka dan rentan terkontaminasi oleh bakteri.

Untuk bekal makan siang di sekolah atau pun di kantor, Anda dan anak Anda bisa membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah agar terjamin kesehatanya.

Gejala Tipes

Gejala tipes kadang sulit dibedakan dengan sakit demam biasa atau demam berdarah. Gejala tipes biasanya muncul ketika cuaca tidak menentu dan membuat imunitas tubuh menurun, sehingga tubuh mudah terserang beberapa bakteri atau virus. Agar bisa membedakannya, berikut beberapa gejala tipes yang perlu Anda ketahui:

  1. Nafsu Makan Berkurang

Salah satu gejala tipes yang perlu Anda ketahui adalah nafsu makan berkurang. Tahukah Anda mengapa nafsu makan bisa berkurang? Pasalnya seseorang yang terkena penyakit tipes akan mengeluarkan antibodi untuk melawan bakteri di dalam tubuh. Akibatnya tubuh mengalami infeksi dan memicu tubuh mengeluarkan hormon leptin. Hormon leptin inilah yang menyebabkan Anda kehilangan selera makan. 

  1. Diare dan Sembelit

Bakteri Salmonella typhi menyebabkan penderitanya mengalami diare dan sembelit. Namun yang paling banyak dirasakan saat mengalami gejala tipes adalah sembelit. Gejala tipes ini menyerang saluran pencernaan sehingga ketika diare dan sembelit perut menjadi kembung. Jika Anda mengalami gejala ini sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter, sebab diare yang tidak segera diobati bisa menimbulkan pendarahan di dalam usus. 

  1. Demam

Demam merupakan salah satu gejala tipes yang paling banyak dialami oleh anak-anak maupun dewasa. Jika Anda atau anak Anda mengalami demam yang tidak kunjung sembuh, sebaiknya Anda perlu berhati-hati karena demam bisa menimbulkan penyakit tipes. Jika suhu tubuh mencapai di atas 39,4 hingga 40 derajat celcius sudah dipastikan Anda atau anak Anda mengalami gejala tipes. Tidak hanya demam, gejala tipes juga disertai dengan rasa lemas, sakit kepala hingga tubuh menggigil.

Baca Juga: Demam Menurun Hingga Tubuh Lebih Bertenaga, Berikut Ini Ciri Tipes Mulai Membaik

  1. Perubahan Warna di Lidah 

Seseorang yang mengalami gejala tipes bisa dilihat melalui perubahan warna pada lidahnya. Jika warna lidah pada umumnya adalah merah, namun pada seseorang yang mengalami gejala tipes akan terlihat warna putih ditengahnya dan warna merah pada bagian sampingnya. Selain itu, seseorang yang mengalami gejala tipes juga akan mengalami tremor ketika lidah dijulurkan. 

  1. Mual dan Muntah 

Selain demam, seseorang yang mengalami gejala tipes akan mudah merasa mual dan muntah. Kondisi ini terjadi karena penderita tipes mengalami gangguan pencernaan, sehingga perut tidak nyaman dan memicu perasaan ingin muntah. Jika Anda atau anak Anda mengalami gejala mual dan disertai dengan muntah sebaiknya perbanyak minum air putih agar tubuh tidak kehilangan banyak cairan dan segeralah konsultasi dengan dokter. 

  1. Batuk Kering 

Batuk kering merupakan batuk yang tidak disertai dengan dahak atau lendir. Batuk kering bisa Anda ketahui sebagai gejala tipes jika tenggorokan Anda terasa gatal, sakit dan kasar. Gejala batuk kering biasanya muncul pada minggu pertama saat seseorang terkena gejala tipes. Bagi Anda yang mengalami kondisi ini, sebaiknya jangan disepelekan dan harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan memperbanyak minum air putih. 

Gejala tipes bisa dialami oleh siapa pun, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Melalui pembahasan di atas kini Anda telah mengetahui beberapa gejala tipes yang perlu Anda waspadai. Jika Anda atau anak Anda mulai merasakan demam tinggi, perasaan mual, batuk, lemas, sakit perut atau batuk kering sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter agar terhindar dari dampak yang lebih serius.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Waspadai Gejala Tipes pada Anak

 

Sumber:

1. CDC: Epidemic Typhus. 2020.

2. Healthine: Typhus. 2019.

Bagikan artikel ini