Bantuan

Waspadai, Ini Jenis-Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Anda

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Jun 2022

Bagikan

Waspadai, Ini Jenis-Jenis Virus Herpes yang Bisa Menyerang Anda

Tahukah Anda, ternyata ada begitu banyak jenis-jenis virus herpes. Mungkin beberapa dari Anda hanya mengetahui bahwa herpes menyebabkan lepuhan dan luka pada kulit. Namun ternyata ada begitu banyak jenisnya. Dalam artikel kali ini akan dijelaskan jenis-jenis virus herpes yang bisa menyerang atau menginfeksi manusia. 

Baca juga: Perhatikan, Ini Gejala Herpes yang Wajib Anda Ketahui



Jenis-Jenis Virus Herpes

Sebenarnya, ada ratusan jenis virus herpes yang berhasil diidentifikasi. Namun dari jumlah tersebut, hanya ada beberapa yang bisa menginfeksi manusia. Jenis-jenis virus herpes yang bisa menginfeksi manusia adalah sebagai berikut. 

1. Herpes simplex

Virus herpes yang dapat menginfeksi manusia yang pertama, yaitu Hepres Simplex Virus. Hepres Simplex Virus ini dapat dibagi menjadi dua, yaitu tipe 1 dan tipe 2 atau sering disebut juga dengan HSV-1 dan HSV-2. HSV-1 merupakan virus yang menyebabkan herpes oral yang menimbulkan luka diare mulut, sedangkan HSV-2 merupakan virus yang menyebabkan herpes genital yang menimbulkan luka pada area kelamin. 

2. Varicella zoster

Jenis virus herpes yang dapat menyerang manusia selanjutnya, yaitu Varicella Zoster. Virus ini merupakan virus yang menyebabkan cacar air dengan gejala ruam dan lenting merah berair di sekujur tubuh. Tidak hanya itu, cacar air yang sembuh tidak membuat virus ini mati. Virus Varicella Zoster hanya tertidur atau dorman dalam beberapa waktu. Suatu saat nanti, virus ini akan aktif atau bangun kembali dan menyebabkan Anda mengalami cacar air. 

3. Epstein-Barr

Epstein-Barr merupakan jenis virus herpes yang dapat menyerang manusia selanjutnya. Virus herpes jenis ini merupakan penyebab penyakit mononukleosis atau sering disebut dengan istilah the kissing disease. Disebut seperti itu, karena penyakit ini ditularkan melalui air liur saat bersin, batuk, dan berciuman. Gejala paling umum yang ditimbulkan oleh penyakit ini, yaitu pembengkakan pada kelenjar leher dan ketiak. 

4. Cytomegalovirus

Jenis virus herpes yang selanjutnya merupakan virus herpes yang menyerang tubuh dalam siklus yang panjang. Bahkan, seseorang yang terinfeksi virus ini bisa menyimpan virus Cytomegalovirus seumur hidupnya. Jenis virus herpes yang satu ini umumnya berkaitan dengan penyakit roseola dan infeksi ginjal yang disebabkan penolakan transplantasi ginjal. 

5. Kaposi’s Sarcoma Herpesvirus

Kaposi’s Sarcoma Herpesvirus lebih dikenal dengan sebutan Human Herpes Virus 8 (HHV 8). Infeksi virus herpes ini dapat menyebabkan terjadinya kanker terutama pada penderita HIV. Namun, infeksi jenis ini lebih umum terjadi di negara-negara Mediterania dan Afrika. Penyebaran utama virus ini, yaitu air liur, darah, dan juga hubungan seksual. 

 

Mencegah Infeksi Virus Herpes

Selain mengetahui apa saja jenis-jenis virus herpes, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara mencegah penularannya. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan virus herpes ini. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari infeksi virus herpes ini? Simak cara mencegah infeksi virus herpes di bawah ini. 

  • Hindari penggunaan alat seperti sendok, garpu, bahkan lipstik secara bergantian dengan orang lain karena virus herpes dapat ditularkan melalui air liur yang tertempel pada alat-alat tersebut. 

  • Gunakan masker saat di tempat umum karena virus herpes dapat menyebar melalui droplet saat penderita batu, bersin bahkan berbicara. 

  • Hindari melakukan hubungan seksual tanpa kondom dengan banyak pasangan. Pasalnya, Anda tidak tahu apakah pasangan Anda memiliki virus herpes ataukah tidak. 

  • Hindari melakukan oral seks karena virus herpes yang ada dikelamin dapat berpindah ke mulut dan menyebabkan herpes oral ataupun sebaliknya. 

  • Hindari bersentuhan atau berdekatan dengan penderita cacar air atau cacar api, karena media penularan adalah sentuhan. 

  • Melakukan vaksinasi untuk mencegah terinfeksi virus herpes, terutama virus varicella zoster penyebab cacar air dan cacar api. 

  • Selalu konsumsi makanan bergizi dan menjaga kekebalan tubuh agar tidak mudah terinfeksi oleh virus herpes. 

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai jenis-jenis virus herpes yang bisa menyerang atau menginfeksi manusia. Apabila Anda merasakan gejala infeksi virus herpes, sangat disarankan segera menemui dokter untuk mengetahui penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka dokter bisa memberikan penanganan yang tepat pada penyakit herpes yang Anda alami. 

Baca juga: Lakukan Cara Ini Sebagai Bentuk Pencegahan Herpes

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

Brazier, Yvette. 2020. Symptoms, causes, and treatment of herpes. https://www.medicalnewstoday.com/articles/151739#symptoms

Whitley, Richard. 1996. Medical Microbiology. 4th edition. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK8157/.

Bagikan artikel ini