Bantuan

Tidak Perlu Panik dan Bingung. Cara Mengatasi Bayi Menangis ini Sangat Mudah Dilakukan!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jun 2022

Bagikan

Cara Mengatasi Bayi Menangis ini Sangat Mudah Dilakukan!

Cara mengatasi bayi menangis penting Anda ketahui untuk menenangkan si kecil. Terlebih ketika segala cara telah dilakukan namun bayi tetap menangis sehingga kerap membuat kita bingung. Biasanya bayi menangis karena merasa lelah, bosan, lapar dan tidak nyaman. Terlebih bayi sering menangis selama 1 hingga 4 jam dan sulit ditenangkan. Kira-kira bagaimana cara mengatasi bayi menangis? Mari cari tahu cara mengatasi bayi menangis melalui ulasan berikut ini. 

 

Cara Mengatasi Bayi Menangis

Mendengar suara bayi menangis secara terus-menerus bisa membuat kita khawatir dan frustasi. Namun jika beragam cara telah dilakukan seperti menggendong, tapi si kecil tetap menangis, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi bayi menangis, di antaranya:

Baca juga: Bunda Sudah Tahu Belum? Ini Dia Cara Menidurkan Bayi yang Efektif

 

  1.  Memberikan Pijatan

Memberikan pijatan bisa jadi salah satu cara mengatasi bayi menangis, hal ini telah banyak dicoba dan terbukti mampu mengurangi tangisan. Selain itu, memberi pijatan dengan penuh kasih sayang akan membuatnya tertidur pulas. Cara melakukannya tidaklah sulit yaitu dengan membuka pakaian dan berikan pijatan lembut di tangan punggung, kaki, dada dan wajah selama 10-15 menit.

  1.  Buat Suara yang Membuat Bayi Nyaman

Ketika masih di dalam kandungan si kecil terbiasa mendengarkan suara gerakan saluran pencernaan, detak jantung dan bunyi aliran darah yang membuatnya tenang. Anda juga bisa membuat nuansa suara agar bayi tidak rewel seperti suara radio atau memutar suara yang berada di ponsel. Namun pastikan agar suara tidak terlalu keras dan dekat dengannya.

  1.  Mengayun

Cara mengatasi bayi menangis selanjutnya ialah dengan mengayun. Cara mengayun atau meletakannya di dalam perut sudah banyak dilakukan oleh para orang tua untuk menenangkannya. Anda bisa memulai cara ini dengan mengambil kain gendongan dan buat gerakan secara perlahan hingga bayi berhenti menangis.

  1.  Bisikan Suara Sshhh

Bisikan suara sshhh dipercaya bisa menenangkan bayi menangis karena suaranya mirip dengan desingan yang melingkupinya selama berada di dalam kandungan. Selain bisikan suara sshhh, Anda tidak perlu ragu untuk berbicara secara tenang dan pelan. Namun ketika membisikan suara sshhh pastikan suaranya lebih kencang daripada tangisan bayi agar mampu didengar olehnya. 

Baca juga: Cara Mengatasi Tantrum Pada Anak

 

Penyebab Bayi Menangis

Ada banyak penyebab bayi menangis yang perlu Anda ketahui agar tidak bingung ketika menenangkannya. Berikut beberapa penyebab bayi menangis, di antaranya:

  1.  Kelelahan

Kelelahan merupakan salah satu penyebab bayi menangis atau rewel. Jika bayi mengalami kelelahan, Anda bisa membedong atau memberikan selimut yang nyaman agar tetap hangat dan cepat tertidur. Selain itu, Anda bisa membuatnya tertidur dengan menggunakan stroller sambil berjalan maju atau mundur. 

  1.  Lapar

Dalam usia 3 bulan setelah kelahiran, biasanya bayi akan diberikan ASI setiap jam. Ketika ia lapar maka jangan aneh jika bayi menangis secara terus-menerus. Perlu Anda ketahui juga, menyusui menggunakan ASI relatif lebih sering yaitu 2-3 jam dibandingkan dengan susu formula karena relatif mudah dicerna. 

  1.  Alergi

Bayi bisa menangis karena mengalami alergi. Ini karena sistem imun si kecil belum sekuat orang dewasa. Selain itu, alergi bisa terjadi karena makanan tertentu seperti telur, gandum, susu sapi dan makanan laut. Jika kondisi ini terjadi, segera konsultasikan bersama dokter dan hindari makanan tersebut selama menyusui. 

  1.  Popok Basah atau Kotor

Popok basah dan kotor kerap membuat bayi menangis karena merasa tidak nyaman. Maka Anda harus segera menggantinya dengan popok bersih dan menjaga kebersihan area vitalnya, misalnya dengan menggunakan tisu khusus bayi atau mengelapnya dengan handuk yang sudah dibasahi oleh air hangat. 

Cara mengatasi bayi menangis bisa Anda sesuaikan dengan penyebabnya misalnya kelelahan, lapar, alergi dan popok basah. Jika bayi kelelahan dan ingin tertidur, Anda bisa memberikan pijatan atau mengayunnya menggunakan selendang. Selain itu, cobalah buat suara dan bisikan sssh untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Sedangkan jika penyebabnya karena kondisi tertentu seperti sakit, segera konsultasikan bersama dokter agar dapat diatasi.

Baca juga: Bunda Wajib Tahu, Ini Penyebab dan Ciri Anak Alami Speech Delay

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Mayo Clinic: Crying baby? How to keep your cool. 2021. Available at: https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/infant-and-toddler-health/in-depth/crying-baby/art-20046995 (Accessed: 16 April 2022).

NHS: Soothing a crying baby. 2022. Available at: https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/soothing-a-crying-baby/ (Accessed: 16 April 2022).

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang