Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Menidurkan Bayi

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Tidak Perlu Khawatir, Begini Cara Menidurkan Bayi

Apakah Anda sering khawatir, apa bila bayi sulit tidur? Sekarang Anda tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan cara menidurkan bayi. 

Bayi yang baru lahir tidak bisa membedakan antara malam hari dan siang hari. Oleh karena itu, Anda sebagai orang tua harus pintar dan jeli dalam menidurkan anak. Hal ini agar ketika malam hari, Anda tidak kewalahan dan stress dalam mengurus bayi. Jadi, Anda sebagai orang tua dapat menerapkan beberapa cara menidurkan bayi  berikut ini. 

  1. Mengatur Jam Tidur Bayi

Cara menidurkan bayi yang pertama yaitu mengatur jam tidurnya. Mulailah untuk membuat jam tidur yang teratur pada bayi agar bayi dapat tidur dengan nyenyak dan mudah. Agar Anda dapat menciptakan waktu tidur yang teratur, Anda bisa mengajak anak bermain di siang hari dan sore hari dengan aktivitas tenang yang tidak membutuhkan energi yang banyak agar bayi lelah dan mudah tidur.

Lakukan rutinitas ini setiap hari dengan urutan yang sama. Selain itu, buatah kondisi kamar bayi senyaman mungkin, dan Anda perlu memperhatikan suhu kamar agar bayi tidak merasa terlalu dingin atau terlalu panas.

  1. Mengatur Pencahayaan yang Tepat

Cara menidurkan bayi yang selanjutnya yaitu mengatur pencahayaan yang tepat. Hal ini karena, bayi mengandalkan pencahayaan atau sinar untuk memahami sekelilingnya. Ruangan yang gelap dapat meningkatkan efisiensi tidur dan durasi tidur. Oleh karena itu,Anda bisa mengatur pencahayaan lampu untuk menidurkan bayi.

Anda bisa mulai meredupkan lampu menjelang jam tidur bayi dan padamnya ketika bayi tidur. Selain itu, ketika  bayi terbangun di malam hari, jangan langsung nyalakan lampu. Cukup nyalakan lampu kecil untuk mengecek kondisi bayi dan padamkan setelah bayi kembali tidur. Dan ketika matahari terbit, bangunkan bayi Anda. 

  1. Menghindari Menggendong Bayi Ketika Terbangun

Mungkin banyak di antara Anda yang langsung menggendong bayi ketika terbangun. Padahal menggendong bayi setelah bangun tidak disarankan. Anda cukup memantaunya dari kejauhan dan memastikan kondisinya dan bayi perlahan-lahan akan tidur kembali.

Anda juga bisa menerapkan pelatihan tidur dan menangis dengan metode ferber  yang bertujuan membuat bayi dapat tidur sendiri dan menidurkan kembali dirinya sendiri ketika terbangun di malam hari. Namun, jangan menunggu bayi menangis meraung-raung sebelum mendekatinya.

Baca Juga: Anda Tidak Perlu Khawatir, Berikut Ini Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

  1. Menghindari Kontak Mata

Ketika Anda ingin menidurkan bayi sebaiknya menghindari kontak mata. Hal ini karena, kontak mata dengan orangtua dapat menstimulasi bayi, yang membuat rasa kantuk bayi akan hilang. Cara menidurkan bayi yang benar yaitu dengan tidak melakukan kontak mata dengan bayi.

Hal ini agar bayi dapat lebih cepat segera terlelap. Selain itu, Adan juga perlu meminimalisir interaksi antara orangtua dan bayi, seperti berbicara atau menyanyikan lagu favoritnya. Anda hanya perlu diam dan tepuk perlahan bayi agar segera tertidur. 

  1. Menghindari Mengganti Popok Terlalu Sering

Agar bayi Anda dapat cepat tidur dengan nyenyak, sebaiknya Anda menghindari mengganti pokok terlalu sering ketika bayi tidur. Mungkin banyak orangtua yang punya aturan ketat terkait mengganti popok, terutama saat malam hari. Bahkan tidak sedikit orangtua akan membangunkan bayi diganti popoknya.

Hal ini justru membuat bayi akan sulit tidur kembali. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan popok bayi yang berkualitas tinggi dan hanya perlu mengganti popok apabila bayi BAB atau popok sudah kotor.

  1. Meletakkan Bayi yang Mengantuk ke Tempat Tidur

Cara menidurkan  bayi yang selanjutnya yaitu segera meletakkan bayi di tempat tidur ketika sudah mulai mengantuk. Pada saat bayi Anda sudah berusia 6 hingga 12 minggu, Anda dapat menenangkannya sampai mengantuk dalam gendongan. Dan setelah itu, Segeralah letakan ke tempat tidur setelah ia mengantuk.

Hindari menunggu sampai bayi benar-benar tidur di pelukan Anda. Dengan melakukan hal ini, maka mengajarkan bayi untuk dapat menenangkan dirinya sendiri saat tidur. Ini akan membantu bayi dapat cepat tidur dan Anda tidak perlu memeluknya ketika terbangun di malam hari.

Nah, itulah beberapa cara menidurkan bayi yang dapat Anda lakukan. Namun, apabila bayi Anda sulit tidur dengan disertai gejala seperti demam dan sulit bernapas, maka sebaiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal SIDS: Sebab Kematian Mendadak pada Bayi

 

Sumber:

1. Help Your Baby Sleep Through the Night. (2021).

2. Ding, Karisa. Expert sleep strategies for babies.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi