Bantuan
Bantuan

Obat Panu untuk Anak dari Bahan Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Jun 2022

Bagikan

Obat Panu untuk Anak dari Bahan Alami

Si kecil panuan? Apakah ada obat panu dengan bahan alami yang aman bagi anak? Bagaimana cara mengobati panu pada anak? Panu akibat infeksi jamur Malassezia furfur biasanya diobati dengan salep anti jamur. Akan tetapi, terdapat beberapa obat panu berbahan alami yang dapat membantu menghilangkan panu yang dialami anak. Tak selalu obat apotek, sekarang Anda dapat mencoba bahan alami untuk dijadikan obat panu untuk anak.

Baca juga: Obat Radang Tenggorokan Alami untuk Anak Sakit 

 

Pilihan Bahan Alami Sebagai Obat Panu untuk Anak

Terdapat banyak pilihan bahan alami yang dapat dijadikan obat panu untuk anak, yang mana diyakini dapat menghentikan infeksi jamur. Beberapa diantaranya adalah seperti di bawah ini:

1. Lidah buaya

Lidah buaya sebagai obat panu untuk anak karena bersifat anti jamur dan juga anti radang. Dimana sifat tersebut berguna dalam membantu melawan jamur serta meredakan peradangannya, yang menyebabkan kulit menjadi gatal. Lidah buaya juga mampu mempercepat penyembuhan kulit Anda yang mengalami kerusakan. Menggunakan lidah buaya untuk mengatasi panu juga cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang mengalami panu. Anda juga dapat mencampurkan gel lidah buaya dengan beberapa tes minyak zaitun atau minyak kelapa. Proses ini bisa Anda coba ulangi selama dua sampai tiga kali dalam satu hari. 

2. Cuka apel

Cuka apel dapat dijadikan obat panu untuk anak karena adanya kandungan antimikroba. Dimana kandungan tersebut dapat bantu mengendalikan serta mencegah jamur tumbuh. Anda dapat mencampurkan cuka apel dengan air hangat dalam komposisi yang sama. Kemudian, oleskan campuran bahan tersebut ke kulit menggunakan kapas dan bilas menggunakan air hangat. 

3. Kunyit

Kunyit menjadi salah satu obat alami panu yang dipercaya sejak lama karena memiliki kandungan anti jamur, antiseptik, dan antibiotik. Kandungan tersebut akan mendukung penyembuhan panu dan juga mencegah jamur tumbuh. Anda dapat menggunakan kunyit bubuk yang siap digunakan, kemudian cairkan bersama air sampai menjadi pasta halus. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan kunyit segar yang dihaluskan. Lalu, oleskan pasta kunyit tersebut ke bagian kulit yang mengalami panu, kemudian biarkan selama setengah jam dan bilas sampai bersih.

Baca juga: 4 Manfaat Kunyit kepada Tubuh yang Terbukti Secara Medis 

4. Madu dan minyak zaitun

Penelitian dalam Complementary Therapies in Medicine menunjukkan bahwa campuran madu dan minyak zaitun bisa mengatasi panu. Hal ini karena adanya kandungan anti jamur dan antibakteri di dalam kedua bahan alami tersebut. Sehingga, tidak aneh jika madu dan minyak zaitun dijadikan obat panu untuk anak. Oleskan campuran madu dan minyak zaitun selama tiga kali dalam satu hari ke kulit yang mengalami panu. 

5. Tea tree oil

Penduduk asli Australia tela lama menjadikan minyak pohon teh atau tea tree oil sebagai obat luka serta penyakit infeksi kulit. Penelitian mengungkapkan bahwa tea tree oil memiliki kandungan anti jamur, yang mana berfungsi dalam mencegah perkembangan jamur dan juga meredakan gatal. Tea tree oil sebagai obat panu untuk anak, dapat Anda lakukan dengan mengoleskannya langsung pada kulit. Juga Anda dapat mencampurkannya dengan minyak pelarut, celup kapas ke dalam minyak kemudian oleskan pada kulit yang mengalami panu. Diamkan sampai kering dan bilas menggunakan air hangat. 

6. Yoghurt

Bahan alami lainnya yang dapat Anda jadikan obat panu untuk anak yakni yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan probiotik yang mana dapat menghambat pertumbuhan jamur pada kulit. Hasil yang diberikan mungkin tidak instan atau muncul begitu saja, akan tetapi yoghurt dapat bantu menghilangkan panu jika dipakai sebagai obat secara rutin. Jika ingin menggunakan yoghurt sebagai obat panu untuk anak, maka Anda dapat memilih yoghurt yang tanpa rasa dan gula. Menggunakannya pun cukup mudah yakni dengan mengoleskan yoghurt selama kurang lebih 30 menit pada kulit yang mengalami infeksi jamur atau panu. Untuk memerangi ragi dari dalam tubuh, Anda juga dapat mengonsumsi yoghurt setiap hari secara rutin.

Baca juga: Mengenal Yoghurt dan Berbagai Manfaatnya

Beberapa bahan alami lain yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi panu pada anak yakni seperti bawang putih. Perlu Anda perhatikan bahwa tidak semua orang cocok menggunakan bahan alami pada kulitnya. Dimana mungkin sebagian orang memiliki kulit yang sensitif dan alergi dengan kandungan yang ada dalam bahan alami. Maka dari itu, Anda dapat melakukan konsultasi terlebih dulu dengan dokter untuk mencegah kulit panu menjadi lebih parah.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang
Referensi

https://www.naturalremedies.org/tinea-versicolor/

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15130571

https://practicaldermatology.com/articles/2018-aug/natural-products-that-exhibit-antifungal-activity

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/12969301

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Anak

Mulai dari IDR 235.000

Pesan Sekarang