Bantuan

Tidak Perlu Khawatir, Ini Manfaat Vaksinasi Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 17 Jan 2022

Bagikan

Tidak Perlu Khawatir, Ini Manfaat Vaksinasi Anak yang Perlu Orang Tua Ketahui

Sudahkah Anda tahu apa saja manfaat vaksinasi pada anak? Mungkin beberapa waktu lalu sempat terjadi perdebatan mengenai apakah vaksin aman untuk anak. Hal ini mungkin membuat beberapa orang tua mulai ragu untuk membawa anaknya agar bisa divaksin. Padahal sebenarnya, vaksin sangatlah penting bagi anak untuk memastikan anak tersebut dapat tumbuh dan perkembangan dengan baik. 

Baca Juga: Penting! Berikut Ini Cara Daftar Vaksinasi Anak

Manfaat Vaksinasi Anak

Dari sekian banyak vaksin yang wajib diberikan pada anak, ada manfaat yang bisa didapatkan. Adapun manfaat yang didapatkan dari pemberian vaksin tersebut adalah sebagai berikut. 

  1. Menguatkan sistem imun tubuh

Manfaat vaksinasi bagi anak yang pertama yaitu menguatkan sistem imun tubuh. Pasalnya, imun tubuh anak kecil tidak sekuat orang dewasa dan mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, dengan pemberian vaksin ini maka akan merangsang tubuh untuk membentuk antibodi yang dapat melawan berbagai jenis penyakit. Namun perlu digaris bawahi, anak yang divaksin bukan berarti kebal dan tidak akan terkena penyakit tertentu, tetapi dapat meminimalkan tingkat keparahan sewaktu terserang penyakit. 

Baca Juga: Ketahui Berbagai Efek Samping Vaksinasi Anak

  1. Mengurangi risiko cacat

Manfaat vaksinasi anak yang selanjutnya yaitu mengurangi risiko cacat. Seperti yang telah terjadi pada tahun 2005, di mana sekitar 305 anak lumpuh permanen. Sejak saat itu, vaksin polio menjadi wajib dan digencarkan. Berkat hal tersebut, kasus polio teru menurut drastis hingga tidak ada. Selain polio, vaksin juga  dapat menurunkan risiko penularan penyakit rubella dan campak sehingga bayi yang dalam kandungan terhindar dari kecacatan. 

  1. Mencegah penyakit

Sudah sangat jelas dan sudah sempat dijelaskan pada dua poin di atas. Tujuan pemberian vaksin pada anak yaitu untuk mencegah berbagai jenis penyakit. Sebagai contoh, pada tahun 1990 terjadi wabah cacar dan vaksin cacar berhasil membebaskan anak wabah cacar ini. Selain cacar, wabah mematikan pada anak lainnya yaitu campak yang juga dapat dicegah dengan pemberian vaksin. 

Baca Juga: Apa Saja yang Perlu Disiapkan untuk Vaksinasi Anak?

  1. Melindungi orang lain

Tidak hanya bermanfaat bagi diri sendiri, vaksinasi anak juga bermanfaat dalam melindungi orang lain. Mengapa demikian? Hal ini terjadi karena terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity. Ketika banyak anak mulai divaksin, maka penyebaran penyakit akan berkurang, sehingga anak-anak yang tidak mendapatkan vaksin tidak akan tertular penyakit. 

  1. Menjadi investasi kesehatan

Berdasarkan 4 poin yang sudah dijelaskan di atas, dapat dikatakan bahwa vaksinasi ini bisa menjadi investasi kesehatan. Dengan mencegah berbagai jenis penyakit dan mencegah kecacatan, maka kesehatan anak akan dijamin hingga masa depan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengalami kerugian finansial untuk melakukan penyembuhan pada penyakit tertentu.

Apa yang Terjadi Jika Anak Tidak di Vaksin?

Melihat pentingnya manfaat vaksinasi anak ini, seperti tidak mungkin tidak memberikan vaksin pada anak. Namun jika ada anak yang tidak mendapatkan vaksin, apa yang akan terjadi? Anak yang tidak mendapatkan vaksin akan rentan terhadap penyakit karena tidak memiliki imun yang kuat seperti anak-anak lain yang divaksin. 

Bahkan bisa saja hal ini berakibat fatal pada kesehatan anak. Pasalnya, imun anak tidaklah sekuat orang dewasa, sehingga berbagai jenis penyakit yang berbahaya bisa saja menyerang sang anak. Hal ini tentu tidak sebanding dengan efek samping vaksin. Manfaat yang didapatkan dari vaksin jauh lebih besar ketimbang efek samping yang di muncul.

Selain itu, jika anak Anda tetap tidak mendapatkan vaksin hingga usia sekolah, maka sebaiknya untuk memberitahu pihak sekolah. Dengan  begitu, guru akan berusaha menjauhkan anak dari berbagai risiko penyakit seperti tidak mendekatkannya dengan teman yang sedang tidak enak badan. 

Namun, jika akhirnya Anda berubah pikiran untuk memberi vaksin pada anak, maka segeralah  berkonsultasi dengan dokter. Dokter nanti akan memutuskan kapan waktu yang tetap untuk anak Anda mendapatkan vaksin. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai manfaat vaksinasi anak yang wajib Anda ketahui. Melihat betapa pentingnya manfaat vaksin pada anak, tidak ada alasan lagi untuk ragu memberikan vaksin pada anak. Manfaat yang didapatkan jelas lebih besar daripada efek sampingnya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Tag :
Referensi
  1. Penguin Pediatrics. Benefits of Vaccinations For Children. https://www.penguinpediatrics.com/blog/benefits-of-vaccinations-for-children
  2. CDC. Vaccines For Your Children. https://www.cdc.gov/vaccines/parents/why-vaccinate/index.html
Bagikan artikel ini