Bantuan

Ketahui Berbagai Efek Samping Vaksinasi Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Ketahui Berbagai Efek Samping Vaksinasi Anak

Bagi orang tua yang anaknya akan divaksin, umumnya khawatir tentang efek samping vaksinasi anak. Akibat ketakutan akan efek samping ini, mungkin beberapa orang tua memutuskan untuk tidak memberikan vaksin pada anak. Padahal, vaksinasi anak sangatlah penting untuk menunjang kesehatan anak untuk masa depannya. 

Namun, apakah efek samping begitu berbahaya sehingga mengalahkan manfaat yang didapatkannya? Daripada membuat Anda tambah bingung mengenai efek samping dari vaksinasi anak, simak terus penjelasan di bawah ini. 

Baca Juga: Berikut Ini Syarat Vaksinasi Anak yang Perlu Anda Persiapkan

Efek Samping Vaksinasi Anak

Setelah mendapatkan vaksin, beberapa anak mungkin akan memunculkan beberapa efek samping. Bagi beberapa orang tua mungkin menganggap efek samping ini secara berlebihan sehingga menjadi panik. Namun sebenarnya, efek samping yang muncul ini merupakan hal yang wajar terjadi saat diberikan vaksin. Bahkan munculnya efek samping bisa menjadi pertanda bahwa vaksin sedang bekerja di dalam tubuh. 

Lantas apa saja efek samping yang biasanya muncul setelah vaksinasi anak? Berikut ini beberapa efek samping yang umumnya muncul setelah pemberian vaksin. 

  1. Nyeri pada bekas suntikan

Vaksin biasanya akan diberikan melalui suntikan ke dalam tubuh pada bagian lengan ataupun paha. Hal ini mungkin akan menimbulkan rasa nyeri pada lokasi suntikan. Namun hal ini bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa saat. Akibat rasa nyeri ini akan membuat anak menjadi rewel. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba mengalihkan perhatiannya dengan cara memberikan permainan atau  menidurkannya. 

Baca Juga: Amankah Vaksinasi Anak? Berikut Jawabannya

  1. Kemerahan dan bengkak

Selain rasa nyeri, pada bekas suntikan juga bisa saja menimbulkan efek samping berupa kemerahan dan bengkak. Efek samping ini umumnya akan hilang setelah satu hingga dua hari. Untuk mengatasinya, Anda bisa memberikan kompres dingin pada area yang bengkak. Kompres dingin ini akan membantu memudarkan kemerahan dan mengurangi pembengkakan.  

  1. Gejala lainnya

Cara kerja vaksin yaitu seperti infeksi penyakit, jadi wajar saja setelah vaksin akan muncul berbagai gejala setelah terinfeksi virus. Beberapa gejala yang muncul setelah vaksin yaitu demam ringan, sakit kepala lemas, dan nafsu makan berkurang. Namun tenang saja, munculnya gejala ini dapat mereda dengan sendirinya. Jika Anda khawatir bisa memberikan beberapa obat untuk meringankan gejala yang muncul.

Efek Samping Ringan dan Berat

Selain efek samping yang ringan, pemberian vaksin bisa saja menimbulkan beberapa efek samping yang sedang hingga berat. Namun, kondisi ini sangatlah jarang terjadi. Bahkan, efek samping vaksinasi yang berat hanya terjadi 1 banding 1 juta orang. 

  1. Efek samping sedang

  • Demam tinggi, lebih dari 38,8 derajat celcius

  • Trombosit menurun

  • Sendi kaku

  1. Efek samping berat

  • Alergi parah

  • Penyumbatan usus

Manfaat Vaksinasi pada Anak

Walaupun vaksin bisa menimbulkan efek samping, namun hal tersebut masih kalah dengan besarnya manfaat yang bisa diterima. Bahkan, efek samping sedang dan  berat pun hanya terjadi pada 1 banding 1 juta dan manfaat yang didapat bisa untuk semua orang. Berikut ini beberapa manfaat vaksin pada anak, yang membuatnya sangat perlu diberikan pada anak.

  1. Mencegah penyakit

Sudah sangat jelas, tujuan pemberian vaksin yaitu untuk mencegah penyakit. Anak-anak memiliki imun tubuh yang belum sekuat orang dewasa sehingga sangat rentan terhadap beberapa penyakit yang berbahaya seperti polio dan campak. Dengan vaksin ini, maka imun tubuh anak-anak akan mulai dibangun dan diperkuat.

  1. Melindungi orang lain

Tidak hanya untuk diri sendiri, namun vaksin juga bermanfaat untuk orang lain. Dengan banyaknya jumlah orang yang divaksin, maka membuat penyakit tidak lagi memiliki ruang untuk menyebar. Jadi, orang-orang yang tidak mendapatkan vaksin bisa terlindungi. 

  1. Investasi jangka panjang

Manfaat terakhir dari vaksin pada anak yaitu sebagai investasi jangka panjang. Dengan pemberian vaksin, maka anak akan menjadi lebih sulit terserang penyakit. Dengan begitu anak bisa hidup dengan lebih sehat dan tumbuh kembangnya menjadi lebih baik. Hal ini berpengaruh pada masa depan sang anak. 

Demikianlah penjelasan  efek samping vaksinasi anak yang bisa saja muncul. Dapat disimpulkan bahwa, manfaat yang bisa didapatkan dari vaksin jauh lebih besar dari pada efek samping yang muncul. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk membawa anak Anda mendapatkan vaksin.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Sick Kids. Common vaccine side effects. https://www.aboutkidshealth.ca/Article?contentid=1913&language=English
Bagikan artikel ini