Penting! Berikut Ini Cara Daftar Vaksinasi Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 12 Jan 2022

Bagikan

Penting! Berikut Ini Cara Daftar Vaksinasi Anak

Sangat mudah, inilah cara daftar vaksinasi anak usia 6 sampai 11 tahun. Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa itu vaksinasi? Yakni pemberian vaksin dengan harapan meningkatkan kekebalan seseorang terhadap penyakit tertentu secara aktif. Jadi, jika seseorang terkena penyakit tersebut, maka ia tidak akan sakit yang parah dimana ia hanya akan merasakan sakit ringan saja. Bukan hanya itu, ia juga tidak akan menjadi sumber penularan penyakit tersebut. 

Vaksinasi Covid-19 itu sendiri merupakan sebuah perlindungan untuk anak sampai dewasa dan orang tua untuk melindungi dari virus Corona, yakni penyebab penyakit Covid-19. Pelaksanaan vaksinasi covid-19 pada anak dimulai dari Selasa, 14 Desember 2021, dengan jumlah sasaran vaksinasi sekitar 26.5 juta anak (Sata sensus penduduk 2020). Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada anak dilakukan dengan bertahap, yang mana dilakukan di provinsi dan kabupatan dan kota. Dengan kriteria vaksinasi dosis 1 yakni diatas 70 persen. Sedangkan, cakupan vaksinasi lansia yaitu diatas 60 persen.

Melihat pentingnya mendukung program vaksinasi dari pemerintah ini, yang mana sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona. Maka, Anda wajib tahu bagaimana cara daftar vaksinasi anak. 

Baca Juga: Ketahui Berbagai Efek Samping Vaksinasi Anak

Cara Daftar Vaksinasi Anak

Orang tua dapat mendaftarkan anaknya untuk vaksinasi dengan dua cara, yakni melalui online ataupun secara langsung. Tenang saja, karena kedua cara tersebut sangan mudah untuk dilakukan. 

Baca Juga: Orang Tua Wajib Tahu! Inilah Lokasi Vaksinasi Anak

  1. Daftar Vaksin Online

Untuk cara daftar vaksinasi anak secara online mudah saja caranya. Anda hanya perlu mengakses halaman situs atau aplikasi yang disebut sebagai Peduli Lindungi. Dibawah ini adalah caranya:

  • Bukalah halaman situs atau aplikasi PeduliLindungi

  • Tekan tombol daftar

  • Lalu, masukkan email dan juga nomor telepon yang aktif

  • Beri tanda centang di kotak yang mana ada pernyataan “Saya menerima segala isi syarat penggunaan dan juga kebijakan privasi”

  • Tekan tombol daftar

  • Kemudian, verifikasi menggunakan kode OTP

  • Tekan “pendaftaran vaksinasi” pada halaman atau aplikasi PeduliLindungi

  • Masukkan NIK, nama lengkap, tanggal lahir, jenis kelamin, dan data anak lainnya yang diminta

  • Tekan “selanjutnya”

  • Terakhir, lakukan verifikasi

Baca Juga: Berikut Ini Syarat Vaksinasi Anak yang Perlu Anda Persiapkan

  1. Daftar Vaksin Offline

Selain cara daftar vaksinasi anak melalui online, Anda juga dapat mendaftar dengan langsung datang ke lokasi vaksinasi. Sampai di lokasi vaksinasi, maka Anda akan diminta untuk mengisi informasi data pribadi. Jika sudah, maka petugas vaksinasi akan melakukan skrining kesehatan. Dimana ini dilakukan untuk mengetahui apakah anak bisa mengikuti program vaksinasi atau tidak. Beberapa data yang perlu diisi adalah seperti dibawah ini:

  • NIK

  • Nama Lengkap

  • Nomor Handphone

  • Tanggal Lahir

  • Alamat 

  • Vaksin yang Diberikan Pada Dosis 1

Apabila Anda sudah mengisi data diri anak dengan lengkap, maka selanjutnya akan dilakukan proses pelaksanaan skrining. Proses skrining ini akan berkaitan dengan syarat dan juga ketentuan vaksinasi anak. Jika hasil skrining menunjukkan bisa lanjut, anak akan diarahkan untuk melakukan vaksinasi. 

Vaksin yang digunakan untuk anak sementara ini yakni jenis Sinovac. Sampai akhir Desember 2021, ada sebanyak 6.4 juta dosis vaksin jenis Sinovac yang akan diberikan untuk anak. Mulai tahun depan, vaksin jenis Sinovac ini hanya akan diberikan dan digunakan untuk anak yang berusia 6 sampai 11 tahun. 

Sebelumnya, memang pemberian dosis vaksin pada anak tidak dilakukan. Hal ini karena beberapa alasan seperti sistem kekebalan tubuh pada anak. Dimana sistem imun pada anak berbeda dengan orang dewasa. Sehingga, pemberian dosis vaksin untuk anak tidak dapat disamakan dengan orang dewasa. Selain itu, risiko Covid-19 pada orang dewasa lebih rentan daripada anak-anak. Ditambah lagi gejala atau komplikasi yang terjadi pada orang dewasa biasanya lebih parah. 

Perlu Anda catat, meskipun begitu bukan berarti anak-anak dapat kebal dari ancaman virus Corona ini. Anak-anak tetap dapat memiliki risiko untuk terinfeksi, bahkan mengalami komplikasi yang parah dan serius karena penyakit Covid-19. Meski anak sudah menerima vaksin, menerapkan protokol kesehatan tetap diperlukan. Guna mencegah paparan dan penularan virus penyebab penyakit Covid-19. Bukan hanya anak-anak, namun orang dewasa, remaja, dan orangtua, sampai dewasa tetap harus menerapkan protokol kesehatan. 

Jika Anda masih memiliki pertanyaan seputar cara daftar vaksinasi anak, maka jangan ragu untuk bertanya ke layanan kesehatan terpercaya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi
Referensi
  1. covid19.go.id
  2. sehatnegeriku.kemkes.go.id
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter Spesialis Anak sekarang!

Pesan Konsultasi