Bantuan
Free Tele x

Bolehkah Vaksin Booster COVID-19 Beda Merek?

Ditinjau oleh dr. Juliana Ng • 27 Jul 2022

Bagikan

Bolehkah Vaksin Booster COVID-19 Beda Merek?

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa setiap individu yang telah melakukan dua kali vaksin COVID-19 atau lebih, menghasilkan respons kekebalan tubuh yang kuat. Efek samping melakukan vaksin lebih dari dua kali pun tidak menimbulkan efek yang lebih buruk dari vaksin pertama. Para peneliti juga menemukan hasil yang lebih efektif untuk mencegah COVID-19 dengan menggunakan vaksin booster dengan merek yang berbeda.

Vaksin booster campuran atau beda merk menghasilkan tingkat antibodi yang lebih tinggi dan respons imun yang lebih kuat, tentunya hal ini dapat menawarkan perlindungan ekstra pada tubuh untuk menghadapi virus COVID-19 dan penyakit lainnya.

Vaksin Booster COVID-19

Vaksin booster COVID-19 yang tersedia saat ini adalah AstraZeneca, Moderna, Pfizer, Janssen (J&J), Sinovac, dan Sinopharm. Studi mengatakan bahwa sejumlah negara menunjukkan bahwa kombinasi vaksin booster COVID-19 beda merk ini aman dan menghasilkan respons imun yang kuat.

Baca juga: ​​Perbedaan Vaksin Astra & Pfizer

Efektivitas Penggunaan Dosis Vaksin Booster COVID-19 Beda Merk Lebih Menguntungkan

Peneliti di Swedia melakukan analisis data vaksinasi dan pengujian COVID-19 untuk menemukan perbandingan antara orang yang melakukan vaksin beda merk dan orang yang menggunakan merek sama. Hasil menunjukkan bahwa orang yang menerima dua dosis vaksin dengan merk yang sama tidak lebih efektif dibandingkan orang yang melakukan dua dosis vaksin dengan merk yang berbeda. 

Selain itu, Ahli imunologi di Inserm dan Universitas Lyon di Perancis, Thierry Walzer dan rekan penulisnya menganalisis data dari 2.512 petugas kesehatan yang menerima kombinasi vaksin AstraZeneca dan Pfizer. Hasil studi menunjukkan bahwa tingkat infeksi SARS-CoV-2 pada kelompok yang melakukan kombinasi vaksin juga menurun dibandingkan dengan yang melakukan hanya satu merk saja.

“Kombinasi dua vaksin booster COVID-19 mungkin telah lulus uji efektivitas, tetapi tetap pertanyaan yang belum terjawab, seperti seberapa baik vaksin campuran-dan-cocok akan bertahan dari waktu ke waktu, dan apakah dan/atau kapan mereka perlu ditingkatkan sebagai dosis ekstra”, kata Nordström. Dalam data yang tidak dipublikasikan, timnya menemukan bahwa daya tahan perlindungan yang diberikan oleh vaksinasi campuran sebanding dengan vaksin mRNA. Namun, data juga mengisyaratkan bahwa individu yang berisiko lebih tinggi terpapar virus lebih baik untuk melakukan vaksinasi dosis ketiga.

Apakah Vaksin Booster atau Dosis Tambahan COVID-19 Saya Harus Merk yang Sama dengan yang Saya Dapatkan Sebelumnya?

Tidak, seperti yang telah dikatakan oleh beberapa ahli melalui banyak penelitian, Anda dapat mencampur atau mengkombinasikan beberapa merk vaksin booster. FDA telah mengesahkan tiga merk vaksin yaitu Pfizer-BioNTech, Moderna dan Janssen(J&J), dan menetapkan bahwa semua jenis vaksin booster COVID-19 tersebut sangat aman sebagai dosis tambahan walaupun berbeda merek dari dosis pertama dan kedua yang Anda terima.

Baca juga: Syarat Vaksin Booster untuk Ibu Hamil

Pilihan Vaksin Booster Beda Merk yang Efektif dalam Pencegahan COVID-19

Kombinasi vaksin booster COVID-19 di bawah ini telah melewati pertimbangan para peneliti ahli di dunia yang juga sudah dikonfirmasi oleh Badan POM, di antaranya meliputi:

  • Untuk pengguna vaksin pertama Sinovac, selanjutnya dapat diberikan kombinasi vaksin booster AstraZeneca (0,25 ml) separuh dosis, Pfizer (0,15 ml) separuh dosis dan juga vaksin Moderna (0,5 ml) dengan dosis penuh.

  • Untuk pengguna vaksin pertama AstraZeneca akan diberikan dosis penuh AstraZeneca (0,5 ml). Jika ingin melakukan kombinasi vaksin beda merk, Anda dapat menggunakan separuh dosis Pfizer (0,15 ml) atau separuh dosis Moderna (0,25 ml).

  • Untuk pengguna vaksin pertama Pfizer akan diberikan dosis penuh Pfizer (0,3 ml), Jika ingin melakukan kombinasi vaksin beda merk, Anda dapat menggunakan separuh dosis Moderna (0,25 ml) dan dosis penuh AstraZeneca (0,5 ml).

  • Untuk pengguna vaksin pertama Moderna akan diberikan separuh dosis Moderna (0,25 ml).

  • Untuk pengguna vaksin pertama Sinopharm akan diberikan dosis penuh Sinopharm (0,5 ml).

 

Apakah Anda sudah melengkapi vaksinasi COVID-19 sampai dosis ketiga? Segera kunjungi pusat vaksinasi terdekat untuk mendapatkan proteksi yang lebih baik terhadap virus covid.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Vaksin Covid-19 untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Referensi
  1. Johns Hopkins Medicine. 2022. Booster Shots and Additional Doses for COVID-19 Vaccines — What You Need to Know. Diakses 2022. 
  2. Pharmaceutical Technology. 2022. Covid-19 vaccine mixing: could heterologous boosters improve immunity?. Diakses 2022. 
  3. Nature. 2021. Mix-and-match COVID vaccines ace the effectiveness test. Diakses 2022. 
  4. Kementerian Kesehatan. 2022. Jenis vaksin booster apa yang akan diberikan?. Diakses 2022. 
Bagikan artikel ini