Bantuan
Free Tele x

Kapan Menstruasi Anak Tergolong Perdarahan Berat?

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 25 Sep 2020

Bagikan

Kenali Tanda Perdarahan Menstruasi yang Berlebihan Pada Anak

Pada tahun-tahun pertama setelah menarche (pertama kali menstruasi), perdarahan menstruasi yang berlebihan dapat terjadi pada anak. Mungkin anak gadis Anda dan Anda pernah bertanya-tanya, apakah perdarahannya saat menstruasi terlalu banyak atau berat?

Pada sebagian kasus, perdarahan tersebut umumnya normal dan tidak berlebihan. Namun, pada sebagian lainnya perdarahan tersebut tergolong perdarahan berat, dan hal ini penting untuk diketahui Anda sebagai orang tua.

Pada beberapa tahun pertama sejak menarche, siklus menstruasi yang tidak teratur adalah hal yang sangat wajar—dan beberapa kasus di antaranya termasuk perdarahan berat.

Pada saat-saat pertama, siklus menstruasi tidak berhubungan dengan ovulasi, dan hormon-hormon beserta polanya yang dapat mengatur siklus tersebut belum optimal.

Apabila hanya beberapa kali menstruasi yang perdarahannya terasa berat, tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan.

Namun, bagaimana cara mendefinisikan berat? Hal ini sangat subjektif dan tergantung pada individu masing-masing.

Tanda-tanda yang harus diperhatikan

Berikut adalah tanda perdarahan selama menstruasi terlalu berat, dan Anda harus segera konsultasikan dengan dokter:

  • Anak Anda pucat, lesu, dan/atau pusing
  • Anak Anda harus mengganti pembalut/tampon pada malam hari
  • Darah anak Anda tembus ke pakaiannya
  • Anak Anda melaporkan ada gumpalan darah yang lebih besar dari 1 inci (2,5 cm)
  • Siklus menstruasi anak Anda menghalanginya dari beraktivitas, berolahraga, atau kegiatan sehari-harinya.

Perdarahan berat selama menstruasi dapat disebabkan oleh banyak hal. Alasan yang paling sering mendasari fenomena ini adalah tubuh anak Anda baru saja mulai dan bersiap untuk ovulasi.

Pada kasus-kasus tersebut, gejala akan membaik seiring anak Anda bertambah usia. Namun, ada kemungkinan bahwa terdapat penyebab patologis lain.

Oleh karena itu, hal ini perlu dikonsultasikan dengan dokter Anda.

Baca Juga: Pahami Siklus Menstruasi yang Normal, Yuk!

Apa yang akan dilakukan oleh dokter?

Setelah mendengarkan cerita dari Anda dan anak Anda serta melakukan pemeriksaan fisik, dokter akan menyarankan beberapa tes darah untuk screening.

Beberapa tes dasar yang dapat anak Anda kerjakan adalah complete blood count dan tes-tes lain untuk mencari masalah perdarahan.

Selain itu, anemia, penyakit Von Willebrand, atau trombosit rendah juga dapat menyebabkan perdarahannya lebih berat sehingga patut diinvestigasi lebih lanjut.

Pada sebagian kasus, dokter juga akan melakukan tes kehamilan. Hal ini mungkin terlihat konyol, tetapi kehamilan dapat menyebabkan perdarahan hebat, dan kenyataannya Anda tidak akan mengetahui kehidupan anak Anda selama 24 jam.

Berbagai penyebab yang mungkin mendasari terjadinya perdarahan hebat menyebabkan banyaknya pilihan terapi yang dapat dilakukan untuk mengobati kondisi ini.

Pada umumnya, hal yang dibutuhkan oleh anak Anda adalah suplementasi zat besi (pil tambah darah) dan kesabaran.

Jika Anda menemukan ada tanda-tanda di atas pada anak gadis Anda yang baru-baru saja menstruasi, segera konsultasikan ke dokter Anda, ya!

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenal Pubertas: Perubahan Apa Saja yang Terjadi?

 

Referensi:

McCarthy C. When is a heavy period too heavy? [Internet]. Harvard: Harvard Health Blog; 2020 Feb [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/blog/when-is-a-heavy-period-too-heavy-2020021218877

Tag :
Bagikan artikel ini