Tidak Memandang Umur, Gejala Katarak Ini Perlu Anda Ketahui!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Tidak Memandang Umur, Gejala Katarak Ini Perlu Anda Ketahui!

Bisa menyerang siapa saja, gejala katarak menjadi hal yang perlu untuk anda ketahui. Apa sih sebenarnya katarak? Katarak adalah kondisi dimana pandangan mata yang biasanya jernih menjadi mengeruh. Bagi penderita katarak, melihat melalui lensa mata yang keruh sama seperti melihat jendela yang berkabut.

Kondisi ini tentu saja mengganggu aktivitas penderita katarak, seperti lebih sulit membaca, mengendarai mobil, bahkan untuk melihat ekspresi orang lain. Kebanyakan kasus katarak pada awalnya berkembang perlahan dan tidak mengganggu penglihatan. Namun, setelah beberapa lama katarak akan mulai mengganggu penglihatan.

Untuk mengatasi katarak, mungkin pada awalnya bisa diatasi dengan kacamata. Namun, saat katarak mulai mengganggu aktivitas harian anda, maka mungkin saja anda membutuhkan tindakan operasi. Katarak umumnya terjadi pada usia tua, namun tidak menutup kemungkinan terjadi pada anak-anak, remaja, dan dewasa.

Gejala Katarak

Gejala katarak mungkin pada awalnya anda tidak sadari, karena hanya mempengaruhi sebagian kecil dari mata. Namun, saat katarak tumbuh lebih besar maka penglihatan anda akan mulai tidak nyaman. Berikut beberapa gejala katarak yang bisa muncul :

  1. Kepekaan terhadap cahaya.

  2. Penglihatan mendung, redup, atau gelap. 

  3. Semakin sulit melihat pada malam hari.

  4. Adanya lingkaran cahaya pada mata.

  5. Membutuhkan cahaya yang lebih terang untuk membaca maupun aktivitas lainnya.

  6. Penglihatan ganda.

  7. Sensitivitas cahaya meningkat.

  8. Ukuran kacamata yang sering berubah.

Faktor Penyebab Risiko Katarak Meningkat

Lalu benarkah merokok memicu terjadinya katarak? Benar adanya bahwa merokok dapat meningkatkan risiko terkena katarak. Perokok normal berisiko dua kali lipat lebih besar, terkena katarak dibandingkan dengan orang yang bukan perokok. Sedangkan untuk perokok berat, risiko menjadi tiga kali lipat. Hal ini karena merokok akan mengurangi antioksidan di mata, sehingga menyebabkan terjadinya pembentukan katarak pada lensa mata. 

Tak hanya merokok, ternyata terdapat faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko terkena seperti diabetes, bertambahnya usia, paparan sinar matahari yang berlebihan, tekanan darah tinggi, minum alkohol berlebihan, peradangan mata, cedera mata, dan kegemukan. Pencegahan katarak tentu saja bisa anda lakukan dengan menghindari faktor-faktor penyebab katarak itu sendiri. 

Baca Juga: Apakah Anak Bisa Mengalami Katarak?

Cara Mencegah Terjadinya Katarak

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya katarak :

  1. Lakukan pemeriksaan mata secara rutin, pemeriksaan mata dapat bantu mendeteksi katarak atau masalah mata lainnya, agar tidak semakin parah. Konsultasikan kepada dokter, berapa sering anda harus melakukan pemeriksaan mata.

  2. Memakai kacamata hitam, sinar matahari dapat mempengaruhi perkembangan katarak. Saat berada di luar ruangan gunakan kacamata gelap, untuk menghindari sinar UVB

  3. Kurangi konsumsi minuman beralkohol, untuk menghindari meningkatnya risiko katarak.

  4. Diet sehat, dimana konsumsi makanan kaya vitamin dan mineral untuk menurunkan risiko gejala katarak. Makanan kaya vitamin dan mineral bisa anda dapatkan dari buah-buahan dan sayuran.

  5. Jaga kadar gula tetap normal, mengontrol makanan manis dan olahraga secara teratur dapat menjadi salah satu cara anda mencegah katarak. Hal ini karena katarak lebih cepat berkembang saat kadar gula darah tinggi.

Cara Mengobati Katarak

Katarak hanya bisa dihilangkan dengan tindakan operasi, jika gejala katarak tidak terlalu mengganggu, anda tidak perlu menghilangkan katarak. Anda hanya perlu resep kacamata baru untuk membantu penglihatan lebih baik. Tindakan operasi menjadi pertimbangan, ketika anda kesulitan melakukan aktivitas atau hal-hal yang diinginkan atau diperlukan.

Orang yang telah menjalani operasi katarak, mungkin beberapa tahun kemudian penglihatannya akan kembali kabur lagi. Hal ini karena, kapsul mata yang menjadi keruh. Namun jangan khawatir, dokter mata dapat menggunakan laser untuk membuka kapsul yang keruh dan mengembalikan penglihatan yang jernih. Katarak menjadi penyebab umum, seseorang kehilangan penglihatan.

Jika anda merasakan gejala katarak seperti yang telah disebutkan sebelumnya, maka segera periksakan kondisi mata ada ke dokter mata. Hal ini untuk mencegah kondisi mata anda menjadi lebih parah. Gejala katarak mungkin pada awalnya terlihat biasa saja, sehingga banyak orang yang tidak menyadarinya. Namun, jika sudah beberapa lama maka akan semakin parah sehingga mengganggu rutinitas harian anda.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Cara Untuk Menghindari Katarak pada Lansia

 

Sumber:

1. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cataracts/symptoms-causes/syc-20353790

2. https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-are-cataracts

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi