Bantuan
Bantuan

Begini Cara Menghilangkan Mata Panda agar Anda Kembali Percaya Diri

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Mar 2022

Bagikan

menghilangkan mata panda

Memiliki lingkaran hitam di bawah mata tentu saja sangat mengganggu, namun adakah cara menghilangkan mata panda tersebut? Lingkaran hitam di bawah mata atau mata panda sering kali dianggap penyebab hilangnya kepercayaan diri. Oleh karena itu, tidak jarang orang akan berusaha untuk mencari cara menghilangkannya. 

Cara Menghilangkan Mata Panda

Lantas bagaimanakah cara menghilangkan mata panda tersebut? Tidak perlu khawatir, karena di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata panda. 

  1. Jangan Begadang

Cara menghilangkan mata panda yang pertama yaitu dengan menghilangkan kebiasaan begadang. Pasalnya, begadang merupakan penyebab paling umum munculnya lingkar hitam di bawah mata atau mata panda. Hal ini karena, apabila Anda kekurangan tidur, maka dapat menyebabkan wajah terlihat pucat dan kusam dan akhirnya jaringan gelap di bawah kulit menjadi terlihat. Oleh karena itu, Anda perlu mencukupi waktu tidur minimal 7 hingga 8 jam setiap harinya. 

  1. Kompres Dingin

Anda juga bisa menghilangkan mata panda dengan cara mengompres dingin mata. Pasalnya suhu dingin yang berasal dari kompres dapat membantu meredakan pembekakan dan juga mengecilkan pembuluh darah. Dengan begitu sirkulasi darah dapat berjalan dengan lancar dan mata panda pun dapat teratasi. Cara menggunakannya yaitu dengan mencelupkan handuk atau kain lembut lainnya ke dalam air es. Setelah itu letakkan di bawah mata kurang lebih selama 20 menit. 

  1. Kompres Menggunakan Timun

Selain menggunakan kompres dingin, Anda juga bisa melakukan  kompres menggunakan timun. Kandungan vitamin C dan juga air yang ada di dalam timun dapat melembapkan kulit dan juga menutrisi kulit. Tidak hanya itu, kompres mata menggunakan timun juga dapat meredakan pembengkakan dan menenangkan kulit. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu memotong timun lalu tempelkan ke area mata. 

  1. Kompres Menggunakan Kantong Teh

Kantong teh yang sudah digunakan sebaiknya jangan langsung dibuang. Pasalnya kantong teh juga dapat menjadi salah satu cara dalam menghilangkan mata panda. Caranya yaitu dengan memasukkan kantong teh yang telah diseduh ke dalam lemari pendingin. Setelah itu, tempelkan pada area mata selama 10 hingga 20 menit. Kantong teh ini memiliki kandungan antioksidan dan juga kafein yang dapat menyempitkan pembuluh darah yang melebar, menstimulasi sirkulasi darah dan juga  mengurangi penumpukan cairan di sekitar mata. 

  1. Perbanyak Minum

Menghitamnya area di bawah mata atau mata panda bisa  menjadi salah satu pertanda dehidrasi. Oleh karena itu, untuk mengembalikan kulit menjadi normal, Anda perlu memperbanyak asupan cairan. Setidaknya Anda perlu mengonsumsi 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per harinya. Akan tetapi, kebutuhan cairan setiap orangnya berbeda-beda, terutama jika Anda melakukan aktivitas yang berat, tentu saja asupan air yang Anda butuhkan lebih banyak. 

  1. Oleskan Lidah Buaya

Hampir semua orang tahu bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kulit, salah satunya yaitu untuk menghilangkan mata panda. Anda bisa menggunakan lidah buaya langsung ataupun gel-gel lidah buaya yang sudah banyak di jual di pasaran. Setelah itu oleskan gel lidah buaya di area bawah mata sembari memberikan pijatan perlahan. Sebaiknya lakukan hal ini sebelum tidur, agar bisa didiamkan semalaman hingga Anda bagun pagi. 

  1. Mengunjungi Dokter

Cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan mengunjungi dokter. Apabila Anda merasa beberapa cara di atas tidak membuahkan hasil ataupun hasil yang tidak sesuai keinginan, maka sebaiknya kunjungi dokter. Anda bisa mendapatkan beberapa perawatan dari dokter untuk memudarkan garis hitam di bawah mata. Beberapa perawatan yang mungkin Anda dapatkan yaitu, chemical peeling, laser, tato medis, filler dan metode medis lainnya. 

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan mata panda yang bisa Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, pastikan Anda konsisten dalam melakukannya. Selain itu, Anda juga perlu menghindari beberapa penyebabnya seperti kurang tidur, kebiasan merokok dan lainnya agar perawatan yang Anda lakukan tidak sia-sia. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mata Bengkak Saat Bangun Tidur? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

issons, Beth. 2019. What causes dark circles under the eyes?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/325989#causes-and-risk-factors

Anthony, Kiara. 2019. What Causes Dark Circles Under Your Eyes?. https://www.healthline.com/health/dark-circle-under-eyes#treatment

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang