Mengenal Seluk Beluk Katarak, Mulai Dari Penyebab Dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Katarak, Dari Penyebab Hingga Cara Mencegahnya

Katarak merupakan salah satu penyakit yang mengganggu penglihatan mata. Selain itu, katarak adalah penyakit degeneratif atau penyakit karena usia. Oleh karena itu, umumnya katarak dialami oleh mereka yang berusia di atas 60 tahun. Akan tetapi, tidak selamanya penyebab katarak yaitu penuaan. Ada berbagai faktor yang menyebabkan katarak.

Penyebab Katarak

Lalu apa saja penyebab katarak tersebut? Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja penyebab katarak yang perlu Anda ketahui. 

  1. Penuaan 

Penyebab katarak yang paling sering yaitu akibat usia yang semakin tua. Pasalnya, menuanya usia akan menyebabkan sel-sel mati dan protein pada lensa mata akan menumpuk dan membentuk gumpalan. Kondisi ini dapat menyebabkan lensa mata menjadi berkabut. Pada akhirnya penglihatan akan terganggu.

Baca Juga: Cara Untuk Menghindari Katarak pada Lansia 

  1. Merokok

Ternyata kebiasaan merokok juga dapat menyebabkan katarak. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa merokok membuat risiko katarak semakin besar bahkan di usia yang muda. Pasalnya merokok akan menyebabkan cadangan antioksidan di mata akan berkurang. Kondisi ini akan menyebabkan lensa mata teroksidasi. Tidak hanya itu, merokok juga dapat menyebabkan penumpukan logam pada lensa mata yang menyebabkan munculnya katarak. 

  1. Diabetes

Penyebab katarak yang selanjutnya yaitu karena diabetes baik tipe 1 ataupun tipe 2. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa penderita diabetes memiliki risiko katarak yang lebih besar dibandingkan dengan orang pada umumnya. Hal ini karena gula darah yang tidak terkontrol akan menyebabkan stress oksidatif pada tubuh sehingga merusak lensa mata. 

  1. Bawaan Lahir

Katarak juga dapat disebabkan karena bawaan baik terbentuk dari dalam kandungan ataupun selama 1 tahun setelah kelahiran. Ada beberapa hal yang menyebabkan kondisi ini bisa terjadi yaitu kelahiran prematur, riwayat dalam keluarga ataupun infeksi yang dialami ibu hamil. 

  1. Toxocariasis

Penyebab katarak yang perlu Anda ketahui terakhir yaitu toxocariasis. Toxocariasis merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi cacing gelang yang ditularkan dari hewan ke manusia. Pada umumnya, penularan cacing ini berasal dari anjing atau kucing. Tidak hanya itu, mengonsumsi daging mentah juga dapat menyebabkan tertular cacing toxocara ini. 

Mencegah Katarak

Lalu bagaimanakah cara mencegah katarak dapat terjadi? Anda dapat melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencegah katarak terjadi pada Anda. 

  1. Jauhkah dari Paparan Sinar Matahari

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk mencegah katarak yaitu dengan menghindari paparan sinar matahari atau sinar ultraviolet. Hal ini karena paparan sinar matahari dapat merusak protein yang ada di lensa mata. Anda bisa menghindari paparan sinar matahari dengan cara menggunakan kacamata hitam dan topi lebar. Selain itu, pilihlah kacamata yang mampu memblokir 100% sinar ultraviolet. 

  1. Konsumsi Sayuran

Cara mencegah katarak yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi sayuran. Hal ini karena, sayuran memiliki nutrisi yang diperlukan untuk mengurangi risiko penyakit mata termasuk katarak. Pada sebuah studi disebutkan bahwa wanita yang berusia 50  hingga 79 tahun yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan lutein dan zeaxanthin lebih sedikit terkena katarak. Kandungan  tersebut bisa Anda temukan di bayam, selada air, kangkung dan lobak. 

  1. Periksa Mata Secara Rutin

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan untuk mencegah katarak yaitu dengan rutin memeriksakan kondisi mata. Dengan rutin memeriksakan mata, maka Anda dapat mengetahui kondisi mata dan dapat mendeteksi berbagai gangguan mata sedini mungkin. Hal ini tentunya akan mempermudah dokter melakukan perawatan yang benar. Tidak hanya itu, seawal mungkin gangguan pada mata dapat terdeteksi, maka kemungkinan untuk dapat diatasi semakin besar. 

Itulah dia beberapa informasi mengenai seluk beluk katarak yang meliputi penyebab dan cara mencegahnya. Selain tiga cara yang telah disebutkan di atas, Anda juga perlu menghentikan kebiasan merokok dan mengontrol kadar gula di dalam darah untuk mencegah mata katarak. 

Apabila Anda merasakan adanya gejala-gejala seperti penglihatan kabur, sensitif terhadap cahaya, dan penglihatan ganda, maka segeralah memeriksakan mata ke dokter. Pasalnya, kondisi ini merupakan gejala mata katarak.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Terapkan 6 Tips Merawat Kesehatan Mata, Yuk!

 

Sumber: 

1. Mayo Clinic. 2021. Cataracts.

2. WebMD. 2019. Cataracts.

3. WebMD. How Can I Prevent Cataracts?.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi