Bantuan

Mari Mengetahui Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Mar 2022

Bagikan

penyebab katarak

Pada umumnya, penyebab katarak yaitu karena faktor usia yang semakin menua. Oleh karena itu, penderita katarak kebanyakan berasal dari golongan lansia. Akan tetapi, tidak selamanya katarak hanya disebabkan oleh faktor usia. Bahkan orang dengan usia muda pun bisa mengalami katarak. Lalu apa saja penyebab katarak tersebut? Untuk mengetahuinya simak terus penjelasan di bawah ini.

Penyebab Katarak

  1. Penuaan

Penyebab katarak yang paling umum terjadi yaitu faktor penuaan. Pasalnya, ketika mata sudah mulai menua, maka protein serta sel-sel mati pada lensa mata akan menumpuk dan menggumpal. Kondisi ini akhirnya membentuk awan keruh yang akan mencegah masuknya cahaya ke dalam mata. Pada akhirnya, kabut tersebut akan mulai meluas hingga menutupi sebagian besar dari lensa mata. 

  1. Diabetes

Diabetes juga dapat menjadi penyebab munculnya katarak meskipun umur Anda masih muda. Pasalnya, kadar gula darah yang tidak terkendali dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif pada tubuh dan juga mata. Kondisi ini dapat merusak mata dan berujung pada katarak. Tidak hanya itu, diabetes juga dapat memicu terjadinya penumpukan sorbitol di lensa mata yang membentuk awan keruh. 

  1. Trauma Fisik

Penyebab katarak yang selanjutnya yaitu karena adanya trauma fisik. Trauma fisik dapat terjadi ketika Anda mengalami cedera di area kepala dan mata baik karena tusukan, benturan ataupun tekanan. Trauma tersebut dapat menyebabkan terjadinya kerusakan pada jaringan-jaringan lensa yang ada di mata. Tentu saja kondisi seperti ini akan meningkatkan risiko Anda mengalami katarak. 

  1. Galaktosemia

Galaktosemia merupakan penyakit keturunan yang menyebabkan tubuh bayi tidak mampu mengubah galaktosa. Galaktosa itu sendiri merupakan senyawa khusus dari karbohidrat yang akan akan diubah menjadi glukosa. Kondisi ini menyebabkan terjadinya penumpukan laktosa di dalam darah. Lalu galaktosa diubah menjadi galaktitol dan akhirnya menumpuk di lensa mata. Apabila tidak segera di tangan, maka lensa maka akan menjadi buram. 

  1. Bawaan Lahir

Penyebab katarak yang terakhir yaitu karena bawaan dari lahir atau katarak kongenital. Katarak ini  merupakan katarak yang terbentuk saat 1 tahun pertama kehidupan bayi atau bahkan sebelum kelahiran. Kondisi seperti ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelahiran prematur, infeksi selama kehamilan ataupun riwayat katarak kongenital dalam keluarga. 

Mencegah Katarak

Setelah mengetahui apa saja penyebab katarak, mungkin Anda bertanya apakah katarak bisa dicegah? Jawabannya yaitu bisa. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya katarak. 

  1. Melindungi Mata Dari Sinar Ultraviolet

Dalam mencegah katarak, hal yang perlu Anda lakukan pertama yaitu melindungi mata dari sinar ultraviolet. pasalnya ultraviolet dapat menyebabkan protein yang ada di lensa mata menjadi rusak. Oleh karena itu, Anda perlu menggunakan kacamata hitam ataupun topi lebar apabila beraktivitas di luar ruangan. Anda bisa memilih kacamata yang dapat memblokir 100% sinar ultraviolet agar perlindungannya semakin maksimal. 

  1. Mengatur Pola makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya katarak pada Anda. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih makanan bernutrisi yang banyak mengandung antioksidan dan juga vitamin. Beberapa contoh makanan yang baik untuk Anda konsumsi yaitu biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan. 

  1. Menghentikan kebiasan merokok

Merokok dapat menyebabkan risiko katarak semakin meningkat. Hal ini karena rokok menciptakan banyak radikal bebas di mata. Oleh karena itu, jika ingin mencegah katarak terjadi pada Anda, sebaiknya hentikan kebiasan merokok. Mungkin bagi pecandu rokok, cara ini terasa berat . Namun Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menemukan jalan keluarnya. 

  1. Memeriksakan Mata

Cara terakhir dalam mencegah terjadinya katarak yaitu dengan rutin memeriksakan kesehatan mata ke dokter. Dengan rutin memeriksakan kondisi mata, maka akan dapat diketahui dengan cepat apabila Anda memiliki tanda-tanda katarak. Pasalnya, katarak yang belum terlalu parah masih dapat ditangani dan di obati.

Nah demikianlah informasi mengenai penyebab katarak dan juga cara mencegahnya.  Apabila Anda mengalami gejala-gejala katarak seperti, sensitif terhadap cahaya penglihatan kabur, sulit melihat di malam hari, maka segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mewaspadai Gejala Katarak Sejak Dini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Referensi

Delgado, Amanda. 2017. Cataract. https://www.healthline.com/health/cataract

Cleveland Clinic. 2020. Cataracts. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8589-cataracts

Mayo Clinic. Cataracts. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/cataracts/symptoms-causes/syc-20353790

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Spesialis Mata

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang