Bantuan

Seringkali Diabaikan, Berikut Ini Banyak Kebutuhan Air Per Hari Seseorang

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 24 Nov 2021

Bagikan

Ketahui Cara Menghitung Kebutuhan Air Harian Anda!

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Dalam hal ini, sekitar 60% tubuh manusia tersusun dari air. Selama beraktivitas, air ini terus dikeluarkan dari tubuh baik melalui air seni, keringat, hingga beberapa fungsi utama tubuh seperti pada saat bernapas.

Berangkat dari fakta ini, tentu tidak mengherankan apabila kita sebagai manusia perlu mencukupi kebutuhan akan air setiap harinya. Lantas berapa banyak kebutuhan air per hari seseorang?

Dalam hal ini, terdapat berbagai sumber yang membahas mengenai rekomendasi air yang perlu dikonsumsi setiap harinya. Ada yang menyebutkan bahwa kebutuhan air per hari semua orang adalah sebanyak 8 gelas per hari, ada yang membedakan kebutuhan air per hari antara pria dan wanita, dan ada pula yang membedakan kebutuhan air per hari ini berdasarkan umur, berat badan, dan berbagai faktor lainnya. 

Nah, berikut ini akan dibahas lebih jauh mengenai kebutuhan air per hari seseorang. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengenal manfaat-manfaat air yang menjadi alasan mengapa seseorang perlu terus mencukupi kebutuhan hariannya.

Manfaat Air

Sebagai komponen penyusun utama tubuh, yakni sekitar 60 sampai 70 persen dari berat badan keseluruhan, air menjadi salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia untuk dapat bertahan hidup. Dengan mencukupi kebutuhan air, setiap organ dan jaringan dapat berfungsi dengan sebagaimana mestinya.

Sebaliknya, apabila kebutuhan air per hari tidak terpenuhi, maka sel-sel tubuh dan organ-organnya ini tidak bisa berfungsi dengan optimal. Adapun manfaat lainnya dari air bagi tubuh adalah:

  • Sebagai pelumas sendi-sendi tubuh

  • Membentuk air liur yang menjaga mulut tidak kering

  • Menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh

  • Melindungi otak, sumsum tulang belakang, dan berbagai jaringan sensitif lainnya

  • Menjaga kesehatan kulit

  • Mengelola suhu tubuh

  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan

  • Mengeluarkan limbah berbahaya dari tubuh

  • Menjaga tekanan darah

  • Menjaga kesehatan ginjal

  • Meningkatkan performa saat beraktivitas fisik

  • Mengurangi berat badan

Banyak sekali bukan, manfaat dari air? Mengingat manfaatnya yang begitu beragam dan fungsinya yang cukup penting bagi kelangsungan tubuh, mencukupi kebutuhan air per hari pun menjadi suatu kewajiban. Lantas bagaimana mengetahui berapa banyak air yang harus dikonsumsi setiap harinya? Berikut ini adalah cara menghitungnya.

Baca Juga: Ketahui Pentingnya Fungsi Air Untuk Metabolisme Tubuh

Menghitung Kebutuhan Air per Hari

  1. Hitung Berat Badan

Untuk dapat mengetahui kebutuhan air per hari, Anda membutuhkan angka berat badan sendiri. Hal ini penting karena berapa banyak air yang harus dikonsumsi setiap harinya akan bergantung pada berat badan. Dalam hal ini, semakin tinggi angka berat badan maka semakin besar pula kebutuhan air per hari.

  1. Kalikan Dengan 30 ml

Setelah menemukan angka berat badan Anda, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengalikan berat badan tersebut dengan 30 ml. Sebagai contoh, apabila berat badan Anda adalah 50 kg, maka kebutuhan air per hari Anda adalah sekitar 1500ml. 

  1. Sesuaikan Dengan Level Aktivitas

Setelah mendapatkan angka kebutuhan air per hari, hal berikutnya yang perlu Anda perhatikan adalah menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan level aktivitas Anda sehari-hari. Semakin tinggi aktivitas fisik harian, maka tambahkan sekitar 350 ml untuk aktivitas fisik selama 30 menit.

Hal ini penting mengingat pada saat berolahraga, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak air dibanding pada kondisi normal. Berdasarkan anjuran dari hasil penelitian yang dilakukan oleh The US National Academy of Sciences, Engineering, and Medicine, kebutuhan air per hari pada pria sekitar 3,7 liter, sedangkan pada wanita sekitar 2,7 liter. 

Terlepas dari perbedaan perhitungan kebutuhan air harian ini, sebaiknya Anda tidak lupa untuk mencukupi kebutuhan air per hari, setidaknya tidak lebih rendah dari konsumsi 8 gelas per hari sebagaimana yang sering dianjurkan oleh WHO (Organisasi Kesehatan Internasional) dan juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Konsumsi 8 gelas setiap hari sudah sangat cukup dan juga mudah diingat. Standar ini merupakan angka minimal yang perlu dipenuhi dan tidak bisa dilewatkan, mengingat betapa pentingnya air bagi tubuh seorang manusia. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Macam-Macam Warna Air Kencing dan Kaitannya dengan Kesehatan Tubuh

 

Sumber:

1. Mayo Clinic. Water: How much should you drink every day?

2. Gunnars, Kris. 2020. How much water should you drink per day?

3. McIntosh, James. 2018. Fifteen benefits of drinking water

Bagikan artikel ini