Ternyata Faktor-Faktor Ini Yang Menjadi Penyebab Punggung Terasa Nyeri!

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Dec 2021

Bagikan

Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Punggung Terasa Nyeri!

Pernahkah anda mengalami punggung terasa nyeri? Dimana anda merasakan nyeri pada bagian tulang belakang. Kondisi ini biasanya muncul karena adanya permasalahan pada bagian ruas tulang belakang, dengan jaringan disekitarnya.

Jaringan tersebut antara lain seperti pembuluh darah, saraf, atau otot. Jaringan tulang belakang yang tegang atau terkilir, menjadi penyebab paling sering dari adanya keluhan punggung terasa nyeri.

Faktor-Faktor yang Menyebabkan Nyeri Punggung

Berikut beragam faktor yang menjadi penyebab punggung terasa nyeri, antara lain:

1. Otot dan Ligamen yang Mengalami Ketegangan

Hal ini dapat menjadi alasan kenapa punggung terasa nyeri. Otot dan ligamen tegang bisa terjadi saat mengangkat barang yang berat. Tak hanya itu, gerakan yang canggung secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan otot dan ligamen tegang. Jangan anggap remeh hal ini, karena jika kondisi fisik anda saat itu sedang buruk, maka dapat menyebabkan kejang otot yang yang menyakitkan.

2. Posisi Duduk yang Tidak Sempurna

Seringkali pekerjaan atau tugas sekolah memaksa anda untuk duduk dalam waktu yang lama. Namun, tahukah anda bahwa hal ini menjadi salah satu penyebab punggung terasa nyeri. Apalagi jika ketika duduk, posisi anda tidak ditopang dengan baik oleh kursi, sehingga membuat otot tubuh akan bekerja lebih keras.

Posisi duduk yang tidak sempurna dan dalam waktu yang lama, dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada tulang dan sendi. Inilah yang menyebabkan punggung ada akan terasa nyeri. Jadi, pastikan ketika akan bekerja atau mengerjakan tugas sekolah, yang memaksa duduk dalam waktu lama, tubuh tetap ditopang dengan baik. 

3. Tempat Tidur yang Kurang Pas 

Tidur pada matras yang tidak tepat dapat menyebabkan punggung terasa nyeri. Hampir seperempat hari, dihabiskan untuk beristirahat di tempat tidur, sehingga jika matras yang dimiliki tidak dapat menopang tubuh dengan benar, maka bukan tidak mungkin akan mempengaruhi kondisi punggung anda.

Pemilihan matras atau tempat tidur, menjadi hal yang penting agar anda tidur dengan nyaman dengan posisi tubuh yang tidak kaku. Jika anda bangun dan merasakan nyeri dibawah punggung, maka bisa jadi sebuah tanda bahwa tempat tidur tidak tepat. Namun, lebih baik jangan menunggu merasa nyeri, pilihlah tempat tidur yang memang nyaman untuk digunakan.

4. Otot yang Tidak Seimbang, 

Otot-otot yang bekerja dalam tubuh saling berhubungan. Sehingga jika salah satu otot mengalami gangguan, maka kinerja otot lain juga akan terganggu. Lalu apa yang dapat dilakukan untuk otot anda seimbang?

Rutin berolahraga dan rajin bergerak menjadi cara yang dapat anda lakukan, untuk menjaga keseimbangan otot. Hal ini mungkin terlihat sepele, namun ternyata dapat menjadi penyebab punggung terasa nyeri. 

5. Diskus yang Pecah 

Diskus yang pecah dapat menjadi penyebab punggung terasa sakit, hal ini karena diskus berperan sebagai bantalan antara tulang-tulang pada tulang belakang. Apa yang menyebabkan diskus pecah? Beberapa kondisi tertentu atau trauma, dapat membuat bahan lunak dalam diskus pecah atau membengkak, lalu menekan saraf.

6. Radang sendi 

Merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada sendi, sehingga sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan. Hal ini dapat menyebabkan punggung terasa nyeri.

Radang sendi biasa terjadi pada orang dengan usia lebih dari 65 tahun, namun bukan tidak mungkin menyerang anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan radang sendi adalah osteroaerthritis, septic arthritis, gout arthritis, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Kebiasaan yang Bahaya bagi Tulang Belakang Ini Harus Segera Dihentikan

Cara Mengatasi Nyeri Punggung

Untuk mengatasi punggung yang terasa nyeri, berikut ini cara yang dapat anda lakukan:

1. Rutin Berolahraga

Meski hanya berolahraga ringan namun akan membuat punggung anda lebih kuat, dan memungkinkan otot berfungsi lebih baik. beberapa olahraga yang mungkin bisa anda coba adalah berjalan dan berenang. Anda dapat berkonsultasi dengan dokter, olahraga apa yang baik untuk anda coba.

2. Pertahankan Berat Badan yang Ideal 

Tahukah anda ternyata berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan otot punggung tegang. Sehingga menurunkan berat badan menjadi lebih ideal, menjadi cara untuk mengatasi punggung yang sakit.

3. Berhenti Merokok

Jika anda termasuk orang yang sering merokok, maka segera hentikan kebiasaan tersebut. Bukan tanpa alasan, merokok ternyata dapat meningkatkan risiko punggung terasa nyeri. Apalagi, jika jumlah rokok yang anda hisap dalam sehari berlebihan. 

Punggung terasa nyeri tidak boleh anda sepelekan, segera periksakan ke dokter ahli jika anda rasa nyeri yang anda rasakan bertahan selama berminggu-minggu, tidak kunjung membaik meskipun sudah beristirahat, menyebar ke bagian kaki atau bagian lutut, dan berat badan yang menurun.

Kondisi punggung terasa sakit, dapat menandakan adanya masalah medis yang serius. Sehingga penting untuk anda memeriksakan diri ke dokter, jika rasa sakit dibarengi dengan demam, dan menyebabkan masalah usus atau kandung kemih.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tiga Latihan Untuk Mengurangi Nyeri Punggung Bawah

 

Referensi:

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/back-pain/symptoms-causes/syc-20369906

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi