Bantuan
Bantuan

Tidak Boleh Sembarangan, Ini Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas yang Perlu Anda Lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Nov 2021

Bagikan

Tidak Boleh Sembarangan, Ini Pertolongan Pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas yang Perlu Anda Lakukan

Sudahkah Anda mengetahui bagaimana memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas? Kecelakan lalu lintas dapat terjadi kapan saja, di mana saja dan pada siapa saja. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan. 

Pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas dilakukan untuk membantu korban hingga bantuan medis datang. Tidak hanya itu, pada kasus yang lebih parah mungkin korban akan mengalami pendarahan yang hebat atau luka berat. Pertolongan pertama ini akan membantu mencegah terjadinya kondisi yang lebih parah dan menyelamatkan nyawa korban. 

Pertolongan pertama pada kecelakaan

Mungkin beberapa dari Anda akan langsung menolong korban kecelakaan dengan mengangkatnya, tetapi sebaiknya untuk tidak dilakukan. Mengapa demikian? Karena dikhawatirkan terdapat patah tulang atau cedera yang akan semakin parah saat di angkat. 

Lalu bagaimana cara memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas? Berikut ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan saat memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas. 

  1. Menenangkan diri

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam memberikan pertolongan pertama saat kecelakaan lalu lintas, yaitu menenangkan diri. Pada saat Anda berhadapan atau melihat kecelakaan, mungkin Anda akan terkejut atau traumatis. Ketika Anda terkejut, dapat membuat Anda panik sehingga bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, Anda perlu menenangkan diri terlebih dahulu sebelum memberikan pertolongan pertama pada orang lain. 

  1. Amati lokasi kecelakaan

Setelah berhasil menenangkan diri, Anda perlu mengamati lokasi kecelakaan. Hal ini diperlukan karena Anda tidak tahu apakah lokasi kecelakaan aman atau tidak. Pada beberapa kecelakaan memiliki kemungkinan terciptanya percikan api dan terdapat tumpahan bahan bakar yang akan memperbesar kobaran api. Sebelum Anda memberikan pertolongan pertama pada korban, Anda harus mendahulukan  keselamatan diri sendiri. 

  1. Memeriksa kondisi korban

Apabila lokasi terjadinya kecelakaan telah dipastikan aman maka cobalah untuk mendekati korban. Setelah itu, segeralah periksa kondisi korban kecelakaan apakah dalam kondisi sadar atau tidak. Apabila korban tidak sadarkan diri, cobalah untuk memberinya wewangian atau mencoba menepuk pundak agar menyadarkan korban. Apabila korban tidak kunjung sadar, cobalah untuk memeriksa hembusan napasnya. Dekatkan jari Anda ke lubang hidung korban dan periksa apakah terdapat hembusan napas atau tidak. 

  1. Menyadarkan korban

Jika kondisi korban tidak sadarkan diri maka Anda bisa melakukan beberapa hal untuk menyadarkannya. Pertama-tama, baringkan korban pada permukaan yang datar, tetapi tetap hati-hati dan usahakan menggunakan tandu. Setelah itu, cobalah angkat kaki korban agar posisinya lebih tinggi dari jantung. Anda juga perlu melonggarkan pakaian korban, seperti membuka ikat pinggang atau kancing bajunya. 

  1. Lakukan kompresi dada

Apabila korban tidak kunjung sadar maka Anda perlu melakukan kompresi dada. Namun hal ini hanya dapat dilakukan bagi Anda yang pernah melakukan CPR atau resusitasi jantung paru. Apabila Anda tidak tahu dan tidak pernah melakukannya, sebaiknya tunggu bantuan medis datang. Pasalnya, pertolongan yang salah justru membuat kondisi korban semakin parah. 

  1. Memeriksa luka korban

Umumnya, korban kecelakan akan mengalami luka seperti pendarahan pada beberapa bagian. Apabila Anda melihat terdapat pendarahan pada korban, segeralah untuk menghentikannya dengan cara menekan menggunakan kain. Setelah itu, cobalah untuk memposisikan bagian tubuh yang mengalami pendarahan pada posisi yang lebih tinggi dari jantung. 

  1. Memeriksa apakah terdapat patah tulang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pada saat menolong korban kecelakaan janganlah langsung diangkat karena dikhawatirkan terdapat patah tulang atau cedera lainnya. Apabila korban masih dalam keadaan sadar maka tanyakan apakah ada anggota tubuh yang terasa sakit dan tidak di dapat digerakkan. Apabila terdapat patah tulang, hindari untuk menggerakkannya dan tunggu bantuan medis datang.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan lalu lintas. Perlu diingat, sebelum memberikan pertolongan pertama Anda perlu memastikan keadaan Anda terlebih dahulu. Pastikan Anda telah dalam kondisi aman sebelum menolong orang lain. Jangan lupa juga untuk segera menghubungi bantuan medis darurat di nomor 112 agar dapat segera memberikan penanganan pada korban kecelakaan.  

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Brisbane. First Aid for Road Accident Victims

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2019. Buku Saku Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan Di Jalan. 

Hammet, Emma. 2020. Accidents on the Road – how to help safely.

Tag :
Bagikan artikel ini