Bantuan
Bantuan

Tidak Hanya untuk Masakan, Kenali Ragam Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Tidak Hanya untuk Masakan, Kenali Ragam Khasiat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Sudahkah Anda mengetahui khasiat bawang putih yang selalu ada pada banyak masakan di rumah? Bawang putih mungkin telah menjadi salah satu bumbu dapur yang paling banyak digemari, karena mampu mendatangkan rasa dan aroma khas yang gurih bagi masakan.

Namun tahukah Anda bahwa bawang putih dalam hal ini ternyata memiliki manfaat yang beragam bagi kesehatan seseorang? Nah, sebelum kita memasuki penjelasan mengenai manfaat bawang putih, ada baiknya Anda mengetahui kandungan nutrisi dalam bawang putih itu sendiri.

Baca Juga: Menjaga Kesehatan Jantung dengan Bawang Putih

Kandungan Bawang Putih

Banyaknya ragam manfaat bawang putih bagi kesehatan tentu bukan tanpa alasan. Dalam hal ini, bawang putih ternyata memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik bagi kesehatan. Adapun kandungan nutrisi dari bawang putih seberat 100 gram adalah sebagai berikut.

  • Karbohidrat: 33 gram

  • Protein: 6,5 gram

  • Lemak: 0,5 gram

  • Serat: 2,1 gram

  • Kalium: 401 miligram

  • Kalsium: 181 miligram

  • Fosfor: 153 miligram

  • Magnesium: 25 miligram

  • Zat besi: 1,7 miligram

Tidak hanya kandungan nutrisi di atas, manfaat bawang putih juga sebagian besar datang dari kandungan senyawanya, yang bersifat sebagai antioksidan, antikanker, antibakteri, hingga antiradang.

Ragam Manfaat Bawang Putih 

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Bagi Anda yang memiliki gangguan pencernaan, cobalah untuk mengonsumsi bawang putih. Dalam hal ini, bawang putih sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menangkal infeksi bakteri, termasuk bakteri H. pylori yang menyebabkan gangguan pencernaan.

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

2. Mencegah Terjadinya Pilek

Apabila Anda ingin terhindar dari pilek, konsumsi bawang putih dapat sangat membantu. Dalam hal ini, bawang putih dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga mampu menangkal pilek. Bahkan, diketahui bahwa mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih terbukti lebih kuat dalam menangkal pilek atau lebih cepat sembuh ketika terkena pilek dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi bawang putih itu sendiri.

3. Mencegah Terjadinya Kanker

Salah satu senyawa dalam bawang putih yakni allicin, memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini kemudian menjadikannya memiliki sifat antikanker yang berperan penting dalam mencegah kanker itu sendiri. Dengan begitu, apabila Anda rutin mengonsumsinya, risiko untuk terkena kanker seperti kanker lambung, akan semakin rendah. Selain itu, konsumsi bawang putih dalam hal ini dianggap dapat meredakan gejala dari kanker lainnya seperti kanker paru, kanker payudara, hingga kanker usus besar.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat bawang putih lainnya adalah dapat menjaga kesehatan jantung Anda, dan melindunginya dari berbagai penyakit kronis pada jantung. Mengapa demikian? Hal ini sejatinya terjadi karena kandungan yang terdapat pada bawang putih itu sendiri. Adapun kandungan ini adalah diallyl trisulfide, yang bisa ditemukan pada minyak bawang putih.

Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

5. Mencegah Osteoarthritis

Osteoartritis adalah kondisi di mana terjadi peradangan pada sendi. Meskipun kondisi ini berkaitan erat dengan tanda penuaan, Anda dapat mencegahnya dengan konsumsi bawang putih. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di London, konsumsi bawang putih sebagai menu harian pada wanita dipercaya dapat menurunkan risiko terjadinya osteoartritis. 

6. Menjaga Kesehatan Hati

Hati adalah organ penting dalam tubuh manusia yang berperan penting dalam menghancurkan racun yang ada dalam tubuh hingga dalam proses pencernaan. Karena memiliki peranan yang cukup penting, maka kesehatan hati ini perlu dijaga dengan baik. Nah, salah satu cara menjaga kesehatan hati yang bisa dan mudah untuk dilakukan adalah dengan rutin konsumsi bawang putih. Mengapa demikian? Hal ini karena khasiat bawang putih itu sendiri yang terbukti dapat melindungi hati dalam melawan stres oksidatif. 

7. Mencegah Terjadinya Alzheimer dan Demensia

Selain menjaga organ hati, bawang putih juga dapat melindungi organ tubuh yang tidak kalah penting, yakni otak, terutama dalam mencegah terjadinya penyakit seperti alzheimer dan juga demensia. Manfaat bawang putih yang satu ini datang dari kandungan antioksidannya yang dapat melawan radikal bebas.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat bawang putih yang perlu Anda ketahui. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari manfaat-manfaat tersebut, cobalah untuk mengonsumsi dalam bentuk mentah. Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan kandungan allicin dalam bawang putih itu sendiri.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

1. Migala, Jessica. 2021. 7 Potential Benefits of Adding Garlic to Your Recipes and Meals. 

2. Leech, Joe. 2018. 11 Proven Health Benefits of Garlic. 

3. Butler, Natalie. 2017. What are the benefits of garlic?.

Bagikan artikel ini