Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

Tahukah Anda, ternyata manfaat minyak kelapa tidak hanya untuk memasak. Masih ada berbagai manfaat minyak kelapa untuk kesehatan tubuh mulai dari membuat rambut menjadi berkilau hingga membantu mempercepat proses penyembuhan luka. 

Lalu apa saja manfaat minyak kelapa bagi kesehatan tubuh? Manfaat minyak kelapa bisa Anda peroleh selama mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai dengan batas dan tidak berlebihan. Berikut ini akan dijelaskan mengenai berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan dari minyak kelapa. 

  1. Membuat rambut menjadi berkilau

Manfaat minyak kelapa yang perlu Anda ketahui pertama, yaitu dapat membuat rambut menjadi berkilau. Banyak yang percaya bahwa minyak kelapa dapat meresap hingga ke kulit kepala dan jauh lebih baik dari jenis mineral dan minyak lainnya. Akan tetapi, manfaat minyak kelapa yang satu ini mungkin tidak sama pada setiap orangnya. Oleh karena itu,  Anda perlu memperhatikan kecocokan dengan jenis rambut yang Anda miliki terlebih dahulu. 

  1. Mencegah penyakit hati

Selain dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau, ternyata minyak kelapa juga dapat mencegah penyakit hati. Manfaat satu ini didukung oleh sebuah penelitian yang dilakukan kepada hewan. Dalam penelitian tersebut di didapatkan hasil bahwa hewan yang mengonsumsi minyak kelapa secara rutin memiliki kesehatan hati yang jauh lebih baik dibandingkan dengan hewan yang tidak mengonsumsinya. 

  1. Mengurangi rasa lapar

Manfaat dari minyak kelapa yang selanjutnya, yaitu dapat mengurangi rasa lapar. Pasalnya minyak kelapa memiliki kandungan MCT di dalamnya. Cara kerja dari MCT ini berhubungan dengan proses metabolisme lemak. Akan tetapi, manfaat yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. Sejauh ini baru ada studi-studi dalam skala kecil dan durasi waktu yang singkat.

Baca Juga: Benarkah Air Kelapa Dapat Menjadi Obat Covid Untuk Isolasi Mandiri?

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan polifenol di dalam minyak kelapa dipercaya dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan polifenol dapat mencegah terjadinya aterosklerosis. Aterosklerosis itu sendiri, yaitu pengerasan dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini tentunya dapat membuat jantung bermasalah. Oleh karena itu, dengan adanya polifenol yang mencegah aterosklerosis maka kesehatan jantung pun dapat terjaga.  

  1. Menurunkan berat badan

Tahukah Anda, ternyata minyak kelapa bermanfaat juga dalam menurunkan berat badan. Pasalnya kandungan yang ada di dalam minyak kelapa dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga lemak dalam tubuh lebih mudah terbakar. Tidak hanya itu, minyak juga dapat memberikan rasa kenyang lebih lebih lama. Dengan begitu nafsu makan Anda pun dapat dikendalikan. Perlu diperhatikan, walaupun diklaim dapat menurunkan berat badan, bukan berarti Anda hanya mengandalkan minyak kelapa. Untuk dapat menurunkan berat badan perlu dibarengi dengan olahraga yang rutin. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat minyak kelapa yang selanjutnya, yaitu dapat menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan anti inflamasi sehingga membantu menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya itu, minyak kelapa juga dipercaya dapat meningkatkan fungsi pelindung kulit. Akan tetapi, manfaat yang satu ini hanya bersifat topikal atau untuk penggunaan luar saja. 

  1. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat minyak kelapa yang terakhir, yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa minyak kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan luka dengan cara meningkatkan produksi kolagen serta menghambat terjadinya peradangan. Anda bisa mencoba manfaat yang satu ini dengan cara mengoleskan minyak kelapa pada luka yang tidak terlalu parah.

Nah itulah dia beberapa manfaat minyak kelapa yang perlu Anda ketahui. Apabila Anda menginginkan manfaat minyak kelapa seperti yang dijelaskan di atas, maka sebaiknya pilih minyak kelapa murni. Pasalnya, minyak kelapa murni lebih banyak kandungan alami dari kelapa sehingga lebih bermanfaat bagi kesehatan. 

Akan tetapi manfaat minyak kelapa ini masih menjadi perdebatan di antara para ahli. Hal ini disebabkan  minyak kelapa memiliki kandungan lemak jenuh yang yang dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat. Oleh karena itu, mungkin Anda lebih berhati-hati jika ingin menggunakan minyak kelapa. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Sering Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih baik Kelapa Mudah VS Kelapa Tua?

 

Sumber:

Butler, Natalie. 2019. What to know about coconut oil. 

Spritzler, Franziska. 2019. 29 Clever Uses for Coconut Oil

Harvard T.H Chan. Coconut Oil.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi