Bantuan
Free Tele x

Bagi Anda yang Ingin Gemuk Wajib Tahu Makanan Penambah Berat Badan Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 28 Nov 2021

Bagikan

Bagi Anda yang Ingin Gemuk Wajib Tahu Makanan Penambah Berat Badan Ini

Apabila Anda ingin menaikkan  berat badan maka konsumsilah makanan penambah berat badan. Hal ini karena untuk menaikkan berat badan tidaklah cukup dengan makan banyak, tetapi juga memperhatikan asupan makanan yang tepat. Pasalnya mengonsumsi sembarang makanan belum tentu dapat membantu Anda menaikan berat badan dengan baik. 

Pada dasarnya, untuk dapat menaikkan berat badan Anda harus menambahkan jumlah asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh setiap harinya. Untuk penambahan kalori bisa dilakukan secara bertahap mulai dari 300 hingga 500 kalori per harinya. Untuk dapat mengetahui kebutuhan kalori dan berapa kalori yang perlu Anda konsumsi, bisa berkonsultasi dengan dokter gizi terlebih dahulu. 

Baca Juga: Tak Perlu Obat-obatan, Berikut Ini Cara Menggemukkan Badan Dengan Mudah dan Alami

Makanan Penambah Berat Badan

Makanan-makanan penambah berat badan merupakan makanan yang memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi sehingga dapat memberikan asupan kalori yang lebih bagi Anda. Tidak  hanya memiliki kandungan kalori yang tinggi, makanan penambah berat badan juga dapat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut ini beberapa makanan penambah berat badan yang bisa Anda konsumsi. 

  1. Ikan

Makanan penambah berat badan yang pertama, yaitu ikan karena mengandung protein berkualitas tinggi dan juga kalori yang tinggi. Dalam hal in, ikan salmon merupakan salah satu ikan yang baik untuk dikonsumsi. Di dalam 200 gram ikan salmon setidaknya terdapat 250 kalori. Tidak hanya itu, Ikan juga memiliki kandungan lemak sehat omega-3 yang dapat menjaga kesehatan otak dan kecerdasan. Oleh karena itu, selain dapat menambah berat badan, mengonsumsi ikan juga dapat memberikan kesehatan. 

  1. Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang dapat menambah berat badan selanjutnya. Di dalam daging merah seperti daging kambing dan sapi memiliki kandungan protein yang tinggi. Asupan protein tinggi yang dibarengi dengan olahraga teratur dapat meningkatkan massa otot. Tentu saja hal ini dapat menaikkan berat badan secara tidak langsung. Akan tetapi Anda tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat memicu berbagai penyakit.  

  1. Telur

Makanan penambah berat badan yang selanjutnya merupakan makanan yang sangat mudah ditemukan. Makanan tersebut, yaitu telur yang merupakan sumber protein dan juga lemak yang baik bagi kesehatan. Apabila Anda ingin menambah berat badan dengan mengonsumsi telur maka konsumsi telur secara utuh baik kuning maupun putihnya. Tidak hanya itu, Anda bisa mengonsumsi telur sesuka hati Anda karena tidak ada batasan dalam mengonsumsinya. 

  1. Roti Gandum

Untuk menambah berat badan Anda juga bisa mengonsumsi roti gandum. Walaupun sederhana, ternyata roti gandum memiliki kalori yang cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh. Setidaknya 2 helai roti gandum terdapat 138 kalori dan berbagai gizi lainnya. Sebagai cara menaikkan berat badan, Anda bisa mengosumsi roti gandum dengan menambahkan telur atau daging. 

  1. Kacang-Kacangan

Makanan penambah berat badan yang selanjutnya, yaitu kacang-kacangan. Salah satu jenis kacang-kacangan yang baik dikonsumsi untuk menambah berat badan, yaitu kacang almond. Di dalam  100 gram kacang almond terdapat kandungan karbohidrat sebanyak 12,6 gram, protein 21,2 gram, lemak 49,9 gram, dan 579 kalori. Anda bisa menggunakan kacang-kacangan sebagai cemilan apabila ingin menambah berat badan. 

  1. Coklat Hitam

Coklat hitam merupakan salah satu makanan lezat dan sering dijadikan cemilan. Selain lezat, ternyata coklat hitam memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh dan juga kalori yang cukup tinggi. Kandungan kalori yang tinggi inilah yang akan membantu Anda dapat menambah berat badan. Tidak hanya itu, coklat hitam juga memiliki kandungan kakao sebesar 70% sehingga dapat meregulasi kadar gula darah dan hormon penyebab stres. 

  1. Alpukat

Makanan penambah berat badan yang  bisa Anda konsumsi terakhir, yaitu alpukat. Pasalnya di dalam alpukat terdapat kandungan lemak yang baik untuk tubuh dan juga berbagai nutrisi lainnya seperti vitamin, kalori, dan mineral. Untuk mengonsumsi alpukat bisa secara langsung maupun membuatnya menjadi salad. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan cara mengolahnya menjadi jus. 

Demikianlah beberapa makananan penambah berat badan yang bisa Anda konsumsi. Setelah Anda mengetahui apa saja makanan penambah berat badan maka langkah yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memasukkannya ke dalam menu harian Anda. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Berat Badan Tak Kunjung Naik? Berikut Ini Makanan yang Bikin Gemuk untuk Dikonsumsi

 

Sumber:

Warwick, Kathy W. 2020. The 18 Best Healthy Foods to Gain Weight Fast

Fletcher, Jenna. 2020. How do you gain weight quickly and safely?.

Bagikan artikel ini