Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Aug 2021

Bagikan

Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

Tahukah Anda bahwa aktivitas yang sedang Anda lakukan dapat mempengaruhi ukuran detak jantung normal? Detak jantung seseorang ketika sedang istirahat, tentu akan berbeda dengan detak jantungnya ketika sedang melakukan olahraga. Pada saat berolahraga, jantung biasanya akan berdetak dengan cepat. Adapun pada saat istirahat, jantung akan berdetak dengan lebih lambat dan cenderung stabil. Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa selama tidur pun detak jantung Anda dapat berdetak dengan kencang, loh. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan mengenai detak jantung berikut ini.   


Pengertian Detak Jantung

Detak jantung normal pada dasarnya adalah angka yang menunjukkan berapa kali jantung berdetak selama 1 menit. Detak jantung ini akan berubah-ubah menjadi lebih cepat hingga lambat, tergantung pada aktivitas yang tengah Anda lakukan. Detak jantung dalam hal ini merupakan suatu hal yang penting dan bisa mengindikasikan kondisi kesehatan jantung seseorang. Dengan begitu, ketika ditemukan kejanggalan pada detak jantung, maka  akan dapat diambil tindakan penanganan sesegera mungkin. 


Cara Menghitung Denyut Jantung Saat Istirahat

Perhitungan  denyut jantung normal manusia sejatinya dapat dilakukan secara mandiri, dengan  menggunakan stopwatch di smartphone. Sebelum melakukan perhitungan denyut jantung, sebaiknya Anda memperhatikan waktu perhitungan yang paling ideal, yakni pada pagi hari, atau setelah 10 menit Anda beristirahat duduk. 

Setelah memilih waktu yang tepat, kemudian lakukan langkah-langkah pengukuran denyut jantung berikut ini. 

  • Sentuh bagian nadi di pergelangan tangan sebelah kiri Anda menggunakan tangan kanan. Gunakanlah 3 jari, dan hindari menggunakan ibu jari pada saat menghitung.

  • Tekan jari tangan kanan tadi hingga Anda menemukan lokasi yang pas di mana denyut nadi terasa dengan cukup jelas.

  • Hitunglah denyut nadi yang terasa selama 10 detik, kemudian kalikan dengan angka 6 untuk mendapatkan total angka denyut nadi selama 1 menit. 

  • Setelah itu, cobalah untuk mengulangi keseluruhan proses perhitungan sebanyak 3 kali, untuk mendapatkan nilai rata-rata yang lebih akurat.


Berapa Angka Denyut Nadi Normal?

Ada banyak hal yang dapat mempengaruhi detak jantung seseorang, seperti usia, aktivitas fisik, berat badan, kondisi emosional, hingga obat-obatan yang sedang dikonsumsi. Meskipun begitu, ketika tubuh dalam kondisi normal dan tengah beristirahat, detak jantung normal manusia dewasa pada dasarnya berkisar di angka 60 hingga 100 denyut per menit. Pada tubuh atlet profesional, detak jantung normal ini pun akan berbeda, yakni sekitar 40 sampai 60 denyut per menit. Begitupun pada anak-anak, detak jantung normalnya akan berbeda-beda, dan semakin menurun seiring dengan pertambahan usianya. 


Tips Menjaga Detak Jantung Normal

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, menjaga detak jantung normal merupakan hal yang penting. Hal ini karena, detak jantung yang terlalu cepat ataupun terlalu lambat dapat menjadi indikasi adanya gangguan ataupun kelainan pada jantung. Untuk itu, terapkan tips-tips menjaga detak jantung normal berikut ini agar kesehatan jantung dan tubuh secara keseluruhan dapat terjaga.

  1. Rutin berolahraga. Dengan berolahraga secara rutin setiap harinya, jantung Anda akan lebih terlatih untuk bekerja secara efisien. Olahraga di sini sangatlah bervariasi, mulai dari jalan santai 30 menit di pagi hari, hingga bersepeda atau melakukan yoga di sore hari.

  2. Perhatikan makanan yang dikonsumsi. Menjaga detak jantung normal juga dapat dilakukan dengan membiasakan pola makan sehat, dengan mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran, ikan, dan sumber nutrisi lainnya yang ramah bagi kesehatan jantung Anda.

  3. Berhenti merokok. Rokok mempunyai dampak negatif yang banyak bagi tubuh, termasuk bagi kesehatan jantung. Dalam hal ini, rokok dapat meningkatkan detak jantung Anda, dan oleh karenanya berhenti merokok akan sangat membantu dalam menjaga detak jantung tetap normal.

  4. Turunkan berat badan. Berat badan yang berlebih tidak melulu mengenai penampilan. Dalam hal ini, berat badan yang berlebih ternyata juga dapat mempersulit kerja jantung dalam menyuplai darah. Oleh karena itu, menurunkan berat badan hingga ke batasan ideal akan sangat membantu agar detak jantung Anda kembali normal.

Itulah dia penjelasan mengenai detak jantung normal, cara mengukurnya, hingga cara mempertahankannya. Segera konsultasikan ke dokter apabila detak jantung Anda berada di luar kondisi normal, agar segera diketahui penyebabnya.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.


Sumber:

LeWine, Howard E. 2020. Increase in resting heart rate is a signal worth watching. 

Laskowski, Edward R. Heart Rate: What’s Normal-Mayo Clinic.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi