Ini Dia Manfaat Okra yang Tidak Bisa disepelekan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Sep 2021

Bagikan

Ini Dia Manfaat Okra yang Tidak Bisa disepelekan

Banyak sekali manfaat okra untuk kesehatan. Tumbuhan jenis ini memang tampak asing, namun jangan salah, ternyata okra kerap diolah menjadi makanan lezat di beberapa restoran karena okra memiliki segudang manfaat, yang membuatnya baik untuk dikonsumsi. Tahukah Anda apa saja manfaat okra, dan bagaimana cara mengolahnya? 

Apa Itu Okra?

Okra merupakan buah polong yang berbentuk seperti cabe hijau besar yang memiliki bulu-bulu halus di kulitnya. Ternyata okra tidak termasuk jenis sayur karena memiliki biji-bijian di dalamnya. Salah satu jenis tumbuhan ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, yang bisa Anda olah menjadi berbagai menu makanan yang lezat, berikut diantaranya:

  1. Tumis Okra Sosis

Okra bisa Anda olah menjadi tumis okra sosis yang sangat lezat, Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuatnya, ialah 5 buah sayuran okra, 1 buah wortel, 1 buah tomat, ½ paprika, ¼ bawang Bombay, 3 siung bawang putih dan cabai merah yang telah diiris,1 sdm saus tiram, 1/2 sdm kecap ikan, lalu masukan garam, merica, olive oil, dan air secukupnya, lalu masak hingga matang.

  1. Daging Sapi Okra Asam Pedas

Selain itu, okra juga bisa Anda olah menjadi daging sapi okra asam pedas. Untuk membuatnya, Anda perlu siapkan daging sapi berikut dengan tulang dan lemak secukupnya.

Setelah itu siapkan okra sesuai dengan banyaknya daging sapi yang Anda buat, siapkan 1 buah tomat yang telah dipotong, cabe rawit merah dan hijau secukupnya, air asam jawa sesuai selera, gula pasir, garam dan penyedap jamur sesuai selera, masukan semua bahan tersebut dan masak hingga matang.

  1. Sayur Okra Tahu

Okra juga bisa Anda olah menjadi sayur okra tahu yang bisa Anda masak dengan sederhana. Bahan yang perlu Anda siapkan ialah 500 gram okra beku,  tahu kotak 6 buah atau disesuaikan dengan selera, 2 genggam kelapa parut, 1 buah paprika merah, bawang merah dan bawang putih sebanyak 4 siung, santan secukupnya, kaldu ayam, 1 buah asam yang telah matang, merica, gula, dan garam secukupnya, lalu masukan semua bahan tersebut, hingga sayur okra tahu siap dimakan.

Baca Juga: Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah COVID-19? Cari Tahu Faktanya Disini!

Manfaat Okra

Tidak banyak orang mengetahui manfaat okra bagi kesehatan. Okra memiliki kandungan serat, mineral, dan vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Di antara banyaknya manfaat okra, salah satu manfaat okra yang paling dikenal ialah untuk menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Tidak hanya itu, berikut ada beberapa manfaat okra bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat okra bisa dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah kolesterol. Serat larut yang terdapat dalam okra, bisa membantu menurunkan kolesterol, dengan menyumbat pembuluh darah. Serat yang terkandung pada okra bisa mengikat lemak di dalam tubuh, sehingga lemak tersebut bisa dicerna bersama dengan makanan lainnya.

  1. Menguatkan Tulang

Manfaat okra selanjutnya ialah untuk membantu menguatkan tulang, karena okra mengandung tinggi folat yang dipercaya bisa membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Okra mengandung vitamin dan kalsium yang dibutuhkan oleh tulang. Biasanya orang yang mengonsumsi okra lebih rendah terkena risiko penyakit osteoporosis dan patah tulang.

  1. Melindungi Hati dan Jantung

Okra mengandung efek hepatoprotektif yang bermanfaat untuk melindungi hati dari kerusakan akibat peradangan atau yang disebabkan oleh radikal bebas. Selain itu, okra juga mengandung antioksidan dan serat yang mampu membantu proses detoksifikasi racun dari dalam hati, sehingga hati bisa berfungsi dengan lebih baik dan terhindar dari masalah. 

  1. Bersifat Anti Kanker

Manfaat lain dari sayuran okra adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Okra merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan anti kanker, serta mencegah mutasi sel kanker.

  1. Mengurangi Asma

Sayuran okra bisa membantu mengurangi asma, karena okra mengandung banyak vitamin C dan zat antioksidan. Kandungan vitamin C dan antioksidan tersebut bisa membantu mengurangi serangan asma secara aktif.

Sejumlah manfaat okra bisa Anda rasakan secara optimal, dengan mengkonsumsi okra secara tepat dan teratur. Okra mengandung banyak nutrisi yang bagus untuk tubuh karena mengandung serat dan antioksidan. Okra bisa Anda olah menjadi aneka sajian makanan lezat yang dikombinasikan dengan sayuran lainya. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Benarkah Tanaman Insulin dapat Mengobati Diabetes?

 

Sumber:

1. Rizzo, Natalie. 2019. 7 Nutrition and Health Benefits of Okra. 

2. Kathryn, Watson. 2019. Benefits of Okra for Diabetes.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi