Bantuan

Tidak Hanya Menghangatkan Badan, Ini Beragam Manfaat Susu Jahe

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Tak Hanya Menghangatkan Badan, Ini Beragam Manfaat Susu Jahe

Sudahkah Anda tahu apa manfaat susu jahe bagi kesehatan? Mengonsumsi susu jahe ketika cuaca dingin memang sangat nikmat, karena bisa menghangatkan badan. Akan tetapi, manfaat susu jahe tidak hanya disitu saja. Masih ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan. 

Manfaat Susu Jahe

Lalu apa saja manfaat susu jahe yang bisa didapatkan tersebut? Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat susu jahe yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam susu terdapat kandungan kalium yang tinggi sehingga membantu melebarkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Di lain sisi, jahe mampu menurunkan jumlah kolesterol jahat dan trigliserida secara signifikan di dalam tubuh. Bahkan dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa jahe mampu menurunkan kadar kolesterol jahat seperti obat penurun kolesterol. Berkat gabungan tersebut, susu jahe mampu menjaga jantung tetap sehat. 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

Selain menjaga kesehatan jantung, susu jahe juga bermanfaat dalam meningkatkan fungsi otak. Hal ini disebutkan dalam sebuah studi bahwa kandungan nutrisi yang ada di dalam susu dapat meningkatkan fungsi otak sekaligus mencegah penurunan fungsi otak. Sedangkan jahe memiliki kandungan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif dan peradangan kronis. Sehingga, ketika Anda rutin mengonsumsi susu jahe, maka dapat meningkatkan fungsi otak.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Susu organik memiliki kandungan omega-3, vitamin A, vitamin B12, fosfor, protein, kalium hingga selenium. Berbagai kandungan nutrisi ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah berbagai jenis penyakit menyerang tubuh. Di sisi lain, jahe memiliki senyawa aktif gingerol yang bersifat antioksidan dan anti peradangan yang dapat mencegah berbagai penyakit. Kombinasi kedua manfaat tersebut membuat mengonsumsi susu jahe bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Mengenal Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

  1. Mencegah Kanker

Manfaat susu jahe bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu dapat mencegah kanker. Hal ini berkat kandungan komponen gingerol di dalam jahe memiliki sifat sebagai antikanker. Tidak hanya itu, kandungan omega-3 dalam susu organik mampu mengurangi penyebaran radikal bebas yang menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan kalsium dalam susu juga dapat mengurangi risiko kanker rektum dan usus besar. 

  1. Mengatasi Asam Lambung

Kandungan fenol dalam jahe memiliki efek sebagai antiinflamasi dan  antioksidan  yang dapat mengurangi kadar asam lambung. Oleh karena itu, mengonsumsi susu jahe sangat baik untuk asam lambung karena efek yang dimilikinya dapat menekan bakteri Helicobacter pylori dan juga menghambat asam. Akan tetapi, untuk mendapatkan manfaat susu jahe yang satu ini pastikan Anda memiliki susu yang rendah lemak. 

  1. Mencegah Osteoporosis

Manfaat susu jahe bagi kesehatan yang lainnya yaitu dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Manfaat yang satu ini berkat kandungan kalsium di dalam susu yang mampu meningkatkan kekuatan otot dan tulang. Tidak hanya itu, kandungan potasium dan magnesium yang tinggi dalam susu juga dapat mencegah terjadinya tulang keropos. Di sisi lainnya, jahe memiliki kandungan zat anti radang yang mampu meminimalisir terjadinya peradangan pada tulang. 

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat susu jahe yang bisa Anda dapatkan terakhir yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena jahe dapat berkhasiat dalam meningkatkan  kinerja pencernaan. Ketika Anda rutin mengonsumsi susu jahe, maka Anda akan terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, mual dan lain sebagainya. 

Nah itulah dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi minuman susu jahe. Lalu bagaimana cara membuat susu jahe ini? Pertama-tama siapkan susu organik dan jahe segar. Setelah itu rebus jahe bersamaan dengan gula merah. Kemudian tuangkan air rebusan tersebut ke dalam gelas yang telah berisikan susu organik tersebut. Aduklah susu dengan air rebusan tersebut hingga merata, maka susu jahe siap diminum.

Perlu diingat, walaupun manfaat susu jahe bagi kesehatan begitu banyak. Anda tetap perlu menjaga batas konsumsinya agar tidak menimbulkan efek samping. Untuk mengetahui batas konsumsi yang Anda konsumsi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Dianggap Dapat Menangkal Covid, Apa Saja Manfaat Jahe Merah?

 

Sumber:

1. Leech, Joe. 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger.

2. Nagdeve, Meenakshi. 2021. 4 Surprising Benefits Of Organic Milk.

Bagikan artikel ini