Bantuan
Free Tele x

Mengenal Manfaat Air Kelapa Hijau yang Sangat Menyegarkan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 18 Jan 2022

Bagikan

Mengenal Manfaat Air Kelapa Hijau yang Sangat Menyegarkan

Pernahkah Anda bertanya apa sebenarnya manfaat air kelapa hijau? Air kelapa hijau, beberapa waktu lalu sempat menjadi buruan banyak orang karena dipercaya dapat mencegah Covid-19. Wajar saja, karena air kelapa hijau mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh Covid-19. 

Namun, air kelapa hijau yang menyegarkan ini juga memiliki banyak manfaat lainnya bagi tubuh manusia. Hal ini karena air kelapa hijau memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh mulai dari karbohidrat, serat, vitamin C, kalium, kalsium, dan natrium. Bahkan, air kelapa hijau ini kaya dengan kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. 

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Minyak Kelapa? Mari Ketahui Bersama

Manfaat Air Kelapa Hijau

Lalu apa saja manfaat air kelapa hijau yang menyegarkan tersebut bagi tubuh manusia? Jika Anda ingin mengetahui jawabannya, simak terus penjelasan di bawah ini. 

  1. Mencegah jerawat

Manfaat air kelapa hijau yang pertama yaitu dapat mencegah munculnya jerawat. Hal ini karena di dalam air kelapa hijau terdapat senyawa antimikroba yang berguna dalam melawan jerawat. Akan tetapi, manfaat air kelapa hijau yang satu ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut karena belum ada bukti yang signifikan. Jadi, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum memutuskan menggunakan air kelapa hijau untuk pengobatan jerawat. 

Baca Juga: Sering Menjadi Perdebatan, Mana yang Lebih baik Kelapa Mudah VS Kelapa Tua?

  1. Mencegah batu ginjal

Manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari air kelapa hijau yaitu mencegah batu ginjal. Pada dasarnya, untuk mencegah batu ginjal dengan memperbanyak konsumsi air mineral. Namun ternyata, air kelapa juga memiliki manfaat yang sama bahkan dipercaya jauh lebih baik. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus. Pada penelitian tersebut ditemukan bahwa air kelapa hijau mampu mencegah kristal menempel pada ginjal. 

  1. Mencegah penyakit jantung

Jantung adalah organ penting dalam tubuh yang memompa darah mengalir ke seluruh tubuh. Jika jantung mengalami gangguan, maka fungsi organ dalam tubuh akan mengalami gangguan juga. Nah, Anda bisa menjaga kesehatan jantung ini dengan mengonsumsi air kelapa hijau. Pasalnya, air kelapa hijau efektif dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang dapat menyumbat aliran darah. Apabila aliran darah tersumbat, maka jantung tidak bisa mendapatkan asupan darah dan oksigen untuk berfungsi. 

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Seperti disebutkan sebelumnya, air kelapa hijau sempat menjadi buruan karena dipercaya mampu mencegah Covid-19. Pada dasarnya, air kelapa hijau tidak mencegah Covid-19 secara langsung, namun dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini karena, air kelapa hijau memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit. 

  1. Menurunkan tekanan darah

Ternyata, air kelapa hijau memiliki manfaat dalam menurunkan tekanan darah. Manfaat yang satu ini berkat kandungan kalium dalam air kelapa hijau. Hal ini juga dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada penderita tekanan darah tinggi. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa subjek penelitian memiliki tekanan darah yang lebih rendah jika dibandingkan saat mengonsumsi air isotonik lainnya. 

  1. Mengatasi Diare

Apakah Anda mengalami diare? Cobalah minum air kelapa hijau. Air kelapa hijau dipercaya dapat mengatasi diare ringan. Manfaat ini berasal dari kandungan  gula dan elektrolit pada air kelapa hijau yang mirip dengan larutan  rehidrasi oral. Jadi, dengan mengonsumsi air kepala hijau, maka cairan yang hilang akibat diare dapat digantikan.

  1. Menghidrasi tubuh

Air kelapa hijau seringkali digunakan sebagai minuman penghilang haus terutama saat cuaca sedang terik. Ternyata dengan mengonsumsi air kelapa hijau, cairan di dalam tubuh juga dapat terpenuhi dan Anda terhindar dari dehidrasi. Bahkan, air kelapa hijau jauh lebih baik untuk menghidrasi tubuh daripada minuman berenergi. Walaupun begitu, Anda tetap perlu mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Nah, itulah dia beberapa manfaat yang  bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi air kelapa hijau. Mungkin seringkali Anda menjumpai banyak air kelapa yang dijual dengan campuran susu ataupun gula. Nah, jika Anda ingin mendapatkan manfaat air kelapa hijau ini maka konsumsi air kelapa secara murni tanpa campuran apapun. Bahkan lebih baik lagi minum langsung dari tempurungnya agar tidak tercemar oleh zat-zat lainya. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Danahy, Anne. 2019. All You Need to Know About Green Coconut. https://www.healthline.com/nutrition/green-coconut
  2. Ferreira, Mandy. 2021. Is coconut water good for you? Benefits and Nutrition. https://www.medicalnewstoday.com/articles/318394#Amino-acids
Bagikan artikel ini    

Subscribe newsletter kami!

Dapatkan informasi kesehatan terkini dan promo dari kami