Bantuan
Free Tele x

Booming Saat Pandemi, Apa Saja Manfaat Jahe Merah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 14 Dec 2021

Bagikan

Dianggap Dapat Menangkal Covid, Apa Saja Manfaat Jahe Merah?

Apakah Anda tahu apa saja manfaat jahe merah? Pada awal-awal pandemi Covid-19, banyak orang yang berbondong-bondong mencari jahe merah. Hal ini karena jahe merah dianggap ampuh sebagai obat penangkal Covid-19. Akan tetapi, belum ada studi yang menyatakan bawah jahe merah mampu melawan Covid-19.

Walaupun begitu,  jahe merah tetap menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh. Lantas apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh tersebut? Simak terus penjelasan mengenai manfaat jahe merah di bawah ini. 

  1. Menguatkan Sistem Imun

Manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui pertama yaitu dapat menguatkan sistem imun. Hal ini berkat kandungan vitamin C dan magnesium yang ada di dalam jahe merah. Tidak hanya itu, jahe merah juga bersifat antioksidan bagi tubuh karena memiliki kandungan gingerols, zingerones dan shogaols. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, cukup dengan rutin mengonsumsi jahe

  1. Menangkal Infeksi Bakteri dan Virus

Tidak hanya dapat menguatkan sistem imun, jahe merah juga bermanfaat dalam menangkal infeksi bakteri dan virus. Manfaat yang satu ini berkat kandungan gingerol yang dapat menghambat infeksi bakteri perut E.coli dan lainnya. Selain itu, berkat sistem imun yang kuat, jahe merah dapat membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan  virus  penyebab penyakit. 

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jahe merah juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Manfaat yang satu ini sudah dikenal sejak lama dari generasi ke generasi. Hal ini karena ekstrak minyak jahe merah dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri sehingga masalah pencernaan pun dapat dihindari. Pasalnya di dalam jahe merah terdapat antibakteri yang mampu melawan bakteri seperti Salmonella enteritidis, Escherichia coli, dan Staphylococcus aureus. 

  1. Menurunkan Asam Urat

Manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh yang selanjutnya yaitu dapat menurunkan asam urat. Dalam hal ini, jahe merah mampu membuang tumpukan asam urat dan juga meredakan peradangan pada sendi dengan cara melancarkan sirkulasi darah. Kondisi ini membuat asam urat secara berangsur-angsur akan turun. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa kompres jahe merah dapat mengurangi nyeri yang disebabkan oleh asam urat.

Baca Juga: Menu Makanan Bagi Penderita Asam Urat Dan Kolesterol

  1. Menjaga Kesehatan Mulut

Jahe merah memiliki kandungan gingerol atau senyawa bioaktif yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa senyawa gingerol ini memiliki efek antijamur, antibakteri dan antivirus. Oleh karena itu, jahe merah mampu melawan berbagai bakteri, jamur hingga virus yang berada di dalam mulut. Pada akhirnya, jahe merah mampu menjaga mulut dan gigi tetap dalam keadaan sehat. 

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Ternyata jahe merah memiliki manfaat yang cukup luar biasa yaitu mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat jahe yang satu ini datang berkat kandungan antioksidan dan antikanker yang ada di dalam jahe sehingga mampu melawan berbagai jenis sel kanker seperti kanker lambung, kanker usus, kanker prostat dan kanker payudara.

Akan tetapi belum ada penelitian yang menyatakan mengenai efektivitas jahe merah dalam pengobatan kanker. Oleh karena itu, hingga saat ini jahe merah belum bisa menggantikan pengobatan kanker seperti kemoterapi atau operasi. 

  1. Meredakan Nyeri Pada Otot dan Sendi

Manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh yang terakhir yaitu mampu meredakan nyeri otot dan sendi. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada atlet sepak takraw menyimpulkan bahwa mengonsumsi ekstrak jahe selama 10 hari mampu mengurangi nyeri otot. Dalam penelitian lain bahkan mengatakan jahe lebih efektif daripada obat antiinflamasi non steroid dalam mengurangi peradangan dalam tubuh.

Nah itulah dia beberapa manfaat jahe merah bagi kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui. Walaupun manfaat-manfaat tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai makan  atau minuman sehari-hari. 

Perlu diingat, walaupun manfaat jahe merah ada begitu banyak, bukan berarti Anda bisa mengkonsumsinya sebanyak mungkin. Apabila Anda mengkonsumsinya dengan  jumlah yang berlebihan, dikhawatirkan akan  menimbulkan beberapa efek samping.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Bagi Kesehatan? Temukan Jawabannya Di sini

 

Sumber:

1. Leech, Joe. 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger.

2. Fletcher, Jenna. 2020. Why is ginger good for you?

3. Red Ginger. Extract.

Bagikan artikel ini