Bantuan

Mengenal Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Dec 2021

Bagikan

Mengenal Manfaat Wedang Jahe Bagi Kesehatan

Tahukah Anda, ternyata manfaat wedang jahe tidak hanya dapat menghangatkan badan. Sudah tidak dapat dipungkiri, jahe merupakan salah satu tanaman yang dikenal sebagai obat herbal. Bahkan penggunaan jahe sebagai obat herbal telah berlangsung sejak lama dari generasi ke generasi. 

Salah satu cara mendapatkan khasiat dari jahe yaitu dengan mengolahnya menjadi minuman atau sering disebut dengan wedang jahe. Lantas apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari wedang jahe tersebut? Simak terus penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja manfaat wedang jahe 

Manfaat Wedang Jahe 

  1. Menghilangkan Rasa Mual

Manfaat wedang jahe bagi kesehatan yang pertama yaitu dapat menghilangkan rasa mual. Sudah sejak lama wedang jahe digunakan untuk menghilangkan rasa mual. Bahkan wedang jahe juga biasanya digunakan untuk meredakan rasa mual akibat efek samping yang ditimbulkan beberapa kondisi tertentu seperti morning sickness, pemulihan setelah operasi dan kemoterapi. 

  1. Meredakan Nyeri

Wedang jahe ternyata mampu meredakan nyeri dan sakit. Hal ini berkat kandungan gingerol dan fenol yang memiliki sifat anti nyeri sehingga dapat meredakan rasa sakit. Kedua kandungan  tersebut dapat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut dan juga meredakan nyeri otot setelah olahraga. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa air jahe bekerja lebih baik dalam meredakan migrain dari pada obat pereda nyeri  

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Di dalam jahe terdapat kandungan mineral, antioksidan dan juga asam amino yang dapat mencegah berbagai penyakit jantung. Jika Anda mengonsumsi wedang jahe, maka akan menurunkan kolesterol, meningkatkan sirkulasi darah, mencegah serangan jantung, meredakan nyeri ulu hati dan menurunkan tekanan darah. Oleh karena itu, wedang jahe dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung. 

  1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Manfaat wedang jahe yang bisa Anda dapatkan selanjutnya yaitu dapat meredakan nyeri akibat menstruasi. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa minuman jahe mampu mengatasi nyeri akibat menstruasi. Bahkan dikatakan juga efektivitas wedang jahe tidak kalah dari obat anti nyeri dalam mengatasi nyeri akibat menstruasi.

Baca Juga: Apa Saja Manfaat Jahe Untuk Wanita?

  1. Meredakan Pusing

Jika Anda sedang pusing, cobalah untuk mengonsumsi wedang jahe. Hal ini karena jahe dapat melancarkan peredaran darah di otak dengan cara menerangkan aliran darah ke otak. Pusing itu sendiri merupakan suatu tanda dari kelelahan atau suatu penyakit tertentu.

  1. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Manfaat wedang jahe yang selanjutnya yaitu dapat mengendalikan kadar gula darah. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa mengonsumsi suplemen jahe bagi penderita diabetes tipe 2 dapat menurunkan gula darah puasa yang cukup drastis. Tidak hanya itu, jahe juga memiliki kandungan anti radang yang dapat mencegah terjadinya komplikasi diabetes. 

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat wedang jahe yang terakhir yaitu dapat menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa rutin mengonsumsi air jahe panas setelah sarapan membuat rasa kenyang bertahan lebih lama. Dalam penelitian lain disebutkan juga wedang jahe mampu mengurangi nafsu makan. Tidak hanya itu, jahe juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak menjadi efektif.

Cara Membuat Wedang Jahe

Lalu bagaimanakah cara membuat wedang jahe agar bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa tersebut? Tidak perlu khawatir, karena akan dijelaskan bagaimana cara membuatnya. Simak cara membuatnya di bawah ini. 

  • Pertama-tama siapkan jahe dan 4 gelas air.

  • Parut jahe segar sebanyak 1 ½ sendok teh.

  • Rebus air hingga mendidih sebanyak 4 gelas.

  • Masukkan parutan jahe tadi ke dalam air.

  • Diamkan  selama 5 hingga 10 menit agar jahe dapat meresap sempurna.

  • Saring air rebusan tersebut untuk memisahkan ampas dengan airnya.

  • Hidangkan dalam gelas, bisa dalam keadaan panas maupun dingin. 

Apabila Anda kurang suka dengan air rebusan jahe saja,  Anda bisa menambahkan madu atau jeruk nipis. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuat wedang jahe dengan susu. 

Itulah dia beberapa informasi mengenai manfaat wedang jahe dan cara membuatnya. Walaupun memiliki banyak manfaat, Anda tetap tidak boleh mengonsumsi wedang jahe secara berlebihan. Untuk mengetahui batas konsumsi yang aman, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Dianggap Dapat Menangkal Covid, Apa Saja Manfaat Jahe Merah? 

 

Sumber:

1. Picincu, Andra. 2019. Ginger Water Benefits.

2. Pietro, MaryAnn De. 2018. Is drinking ginger water good for health?

3. Marengo, Katherine. 2021. 11 Proven Health Benefits of Ginger.

Bagikan artikel ini