Bantuan

Tidak Boleh Disepelekan, Ini Bahaya Perokok Pasif Yang Mengintai Ibu Hamil Dan Anak-Anak

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Dec 2021

Bagikan

Bahaya Perokok Pasif Yang Mengintai Ibu Hamil & Anak-Anak

Apakah Anda tahu, apa bahaya perokok pasif? Perokok pasif itu sendiri merupakan seseorang yang bukan perokok tetapi ikut menghirup asap rokok dari perokok yang ada di sekitarnya. Sebanyak 75% bahaya dari asap rokok akan didapatkan oleh  perokok pasif, karena terpapar asap rokok secara langsung.

Di dalam asap rokok terdapat 4000 senyawa kimia dan 400 zat berbahaya seperti tar, arsenin, sianida dan benzene. Berbagai zat berbahaya ini,  dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti kanker dan mengiritasi semua organ dalam tubuh. Terlebih lagi, apabila asap rokok terhirup oleh ibu hamil dan juga anak-anak, maka dapat menyebabkan masalah yang sangat fatal

Lantas, apa saja bahaya perokok pasif yang mengintai ibu hamil dan juga anak-anak tersebut? Temukan jawabannya di bawah ini. 

1. Mengganggu Kesuburan Wanita

Bahaya perokok pasif pertama yaitu, mengganggu kesuburan wanita. Wanita yang terpapar banyak asap rokok akan menjadi sulit hamil. Hal ini karena tembakau dan juga zat lain yang ada di rokok dapat mengacaukan kadar hormon yang ada di dalam tubuh. Tidak hanya itu, merokok juga dapat mempercepat menopause pada wanita yang disebabkan oleh berbagai kandungan zat beracun yang ada di dalam rokok.

2. Membahayakan Kehamilan

Tidak hanya mengganggu kesuburan wanita, menghirup asap rokok yang berlebihan selama masa kehamilan dapat membahayakan janin yang sedang dikandung. Salah satunya yaitu kelahiran prematur yang disebabkan abruptio placenta atau plasenta yang terlepas sebelum melahirkan. Tidak hanya itu, bahaya asap rokok ini juga dapat menyebabkan kehamilan ektopik atau hamil anggur yang disertai gejala berupa, sakit mual, muntah dan vagina berdarah. 

3. Masalah Pernapasan Kronis

Bahaya perokok pasif juga dapat mengintai anak-anak, salah satunya yaitu masalah pernapasan kronis. Anak-anak yang sering menghirup asap rokok akan berisiko terkena penyakit pernapasan seperti bronkiolitis, bronkitis dan juga pneumonia. Tidak hanya itu, anak-anak juga akan rentan terhadap flu, batuk dan juga sesak nafas. Tentu saja, berbagai penyakit tersebut akan mengganggu aktivitas dan tumbuh kembang anak-anak. 

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Pengaruh Rokok terhadap Stroke

4. Memperparah Asma

Anak-anak yang memiliki riwayat asma akan semakin memperburuk kondisi apabila menjadi perokok pasif. Hal ini karena, asap rokok akan asma yang dialami anak semakin  mudah kambuh. Tidak hanya itu, anak-anak juga akan berisiko menggunakan obat asma dalam jangka waktu yang panjang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda melarang anggota keluarga untuk merokok di dalam rumah, karena asapnya akan menetap dan menempel sehingga memperburuk kesehatan anak.

5. Penurunan Fungsi Paru

Ketika anak baru lahir hingga usia 4 tahun, mereka akan mengalami pertumbuhan paru-paru. Apabila pada usia tersebut, anak-anak sudah terpapar oleh asap rokok, maka akan membuat fungsi paru-paru menurun. Hal ini akan menimbulkan potensi kerusakan paru-paru. Oleh karena itu, anak pada usia ini akan memiliki risiko yang lebih besar untuk mengalami gangguan kesehatan mengenai paru-paru di kemudian hari. 

6. Gangguan Kognitif

Bahaya perokok pasif bagi anak-anak yang selanjutnya yaitu gangguan kognitif. Paparan asap rokok yang terhisap oleh anak-anak akan mengalami kerusakan pada kemampuan untuk belajar. Salah satu dampak dari paparan asap rokok ini yaitu anak akan mengalami keterlambatan dalam membaca. Selain itu, paparan asap rokok juga akan mempengaruhi keterlambatan anak dalam menalar pelajaran matematika dan visuospasial. 

7. Berisiko Kanker

Mungkin Anda sudah sering mendengar, bahwa merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru. Akan tetapi, bahaya ini juga mengintai para perokok pasif. Hal ini karena, asap rokok menjadi salah satu penyebab kanker pada manusia. Bahkan, asap rokok yang dihirup oleh perokok pasif menjadi penyebab utama kanker paru-paru. Apabila Anda sering berada dilingkungan perokok, meskipun Anda buka perokok akan memiliki risiko kanker paru yang meningkat sebanyak 20 hingga 30%.

Itulah beberapa bahaya asap rokok yang di hirup oleh perokok pasif. Bahaya tersebut akan semakin fatal apabila dihirup oleh ibu hamil dan juga anak-anak. Marilah ciptakan suasana rumah yang bebas asap rokok, agar keluarga Anda bebas dari bahaya asap rokok yang mengganggu kesehatan.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Inilah Cara Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok Secara Alami

 

Sumber:

1. P2PTM Kemenkes R1. 75 Persen Bahaya Asap Rokok Akan Dirasakan Oleh Perokok Pasif. (2018).

2. Health Effects Of Secondhand Smoke For Infants And Children. (2021).

3. Passive Smoking And Your Health.

Bagikan artikel ini