Inilah Cara Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok Secara Alami

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 30 Nov 2021

Bagikan

Tips! 4 Cara Mudah Membersihkan Paru-Paru Akibat Rokok

Bagaimana cara membersihkan paru-paru akibat rokok? Bagi seseorang yang merupakan perokok berat maka penting untuk mengetahui cara membersihkan paru-paru. Bukan hanya untuk perokok, tetapi untuk Anda yang memiliki banyak aktivitas di mana sering terpapar polusi maka penting juga mengetahui informasi ini. Diketahui bahwa asap rokok, polusi udara, dan racun yang lainnya bisa menyebabkan rusaknya paru-paru, bahkan bisa juga mengakibatkan penyakit sehingga Anda tidak bisa menganggap sepele bersihnya paru-paru. Seseorang yang mengalami penyakit kronis pada sistem pernapasan seperti fibrosis kistik, asma, dan PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik juga penting mengetahui bagaimana cara membersihkan paru-paru. Badan Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa polusi udara menjadi penyebab dari 4 juta kematian yang terjadi di dunia. Tentu hal ini sangat mengkhawatirkan sehingga sudah sebaiknya kita memerhatikan kesehatan pernapasan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sehatnya paru-paru memiliki peran penting, dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan. Namun, tahukah Anda bahwa sebenarnya paru-paru bisa membersihkan diri sendiri, yang mana hal ini akan bekerja setelah paparan polusi, asap rokok, atau racun berhenti. Jika, paru-paru sudah terpapar polutan maka Anda akan merasakan sesak, meradang, juga atau dada terasa penuh. Hal ini terjadi karena lendir yang berkumpul pada paru-paru, guna menangkap patogen dan mikroba. 

Cara membersihkan paru-paru

Ada beberapa cara membersihkan paru-paru yang bisa anda lakukan, yang mana bertujuan untuk bantu bersihkan paru-paru dari iritan serta lendir. Di mana cara ini dilakukan dalam rangka meredakan dada yang tersumbat, juga atau gejala yang terasa tidak nyaman lainnya. Berikut ini adalah cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru:

  1. Batuk terkontrol

Batuk yang terkontrol bisa menjadi salah satu cara membersihkan paru-paru yang Anda lakukan. Batuk merupakan cara alami tubuh guna mengeluarkan racun yang terjebak dalam lendir. Batuk yang terkontrol bisa mengencerkan berlebihannya lendir pada paru-paru, yang mana cara ini disarankan oleh dokter untuk penderita PPOK. Berikut cara yang perlu Anda lakukan untuk batuk terkontrol:

  1. Duduk dengan bahu yang rileks.

  2. Tekuk tangan anda pada arah perut.

  3. Ambil napas dan keluarkan secara perlahan (posisi tangan sedikit menekan perut).

  4. Ketika menghembuskan napas maka batuklah dua atau tiga kali (mulut sedikit terbuka).

  5. Terakhir, ambil napas lagi melalui hidung. 

  1. Terapi uap

Selanjutnya adalah membersihkan paru-paru dengan melakukan terapi uap. Cara membersihkan paru-paru satu ini bertujuan guna membuka saluran udara, serta bantu paru-paru untuk mengeluarkan lendir. Seseorang yang memiliki kondisi paru-paru tidak begitu baik maka mungkin akan merasa bahwa kondisinya semakin buruk ketika udara kering atau dingin. Kedua iklim ini bisa membuat kering selaput lendir pada saluran udara, serta dapat membatasi aliran darah di tubuh. Sementara itu, uap dapat memberikan kehangatan juga kelembapan di udara. Hal ini bisa membantu melonggarkan lendir dan meningkatkan pernapasan pada paru-paru dan juga saluran napas. Namun, Anda perlu ingat bahwa cara ini hanya bisa solusi sementara dan juga belum terbukti dapat memberikan efek baik untuk jangka panjang bagi paru-paru Anda. 

  1. Postural drainage

Cara ini merupakan salah satu teknik yang bertujuan guna mengalirkan dahak yang ada dalam paru-paru. Hal ini berguna untuk dahak dapat mengalir ke arah saluran napas yang besar sehingga dapat lebih mudah dikeluarkan. Cara satu ini dipercaya bisa bantu mencegah atau juga mencegah terjadinya infeksi paru-paru. Metode postural drainage akan berbeda tergantung dari posisinya, yang mana adalah punggung, sisi, dan perut. 

  1. Olahraga

Ternyata olahraga dapat menjadi salah satu cara yang Anda lakukan untuk membersihkan paru-paru. Olahraga bisa meningkatkan sirkulasi, walaupun mungkin akan sulit dilakukan yang menderita paru-paru kronis sehingga untuk Anda yang ingin melakukan olahraga, haruslah melakukan konsultasi dengan dokter ahli.

Itulah tadi beberapa cara membersihkan paru-paru yang dapat Anda lakukan. Terbilang mudah bukan? Namun, anda juga harus konsultasi dengan dokter guna mengetahui perawatan mana yang cocok dilakukan. Hal ini untuk mengetahui apa kondisi kesehatan anda memungkinkan melakukan cara yang disebutkan di atas. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Mengenali Ciri-ciri Penyakit Jantung pada Wanita yang Sering Terjadi

 

Referensi:

 

Medical Today, 7 natural ways to cleanse your lungs

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi