Olahraga Yoga untuk Penderita Diabetes

03 Oct 2019 • Tips Kesehatan

Ditulis oleh                     : dr. Yonathan Heru Suhalim

Telah direview oleh        : dr. Roy Panusunan Sibarani, Sp.PD-KEMD, FES


Berolahraga merupakan bagian dari gaya hidup sehat yang penting dilakukan penderita diabetes untuk membantu mengendalikan kadar gula darah. Namun perlu diperhatikan bahwa tidak semua jenis kegiatan olahraga itu cocok untuk dijalani penderita diabetes. Jika Anda masih ragu dan bingung memilih olahraga yang aman, salah satu pilihan yang tepat untuk Anda adalah yoga. Yuk, simak uraian singkat berikut ini untuk mengetahui manfaat yoga untuk diabetes.

Apa itu yoga?

Yoga merupakan serangkaian disiplin mental, fisik, dan spiritual yang berasal dari India kuno lebih dari 5.000 tahun yang lalu. Latihan yoga membantu mengoordinasikan napas, pikiran dan tubuh untuk meningkatkan relaksasi, mengembangkan kesadaran napas dan memberikan rasa kedamaian batin yang semuanya dirancang untuk meningkatkan kenyamanan fisik dan ketenangan mental.


Manfaat yoga untuk penderita diabetes

Yoga dianggap sebagai pilihan yang menjanjikan dan hemat biaya dalam pengobatan dan pencegahan diabetes, dengan data dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa yoga dan terapi pikiran-tubuh lainnya dapat mengurangi hiperglikemia yang berhubungan dengan stres dan memiliki efek positif pada kontrol glukosa darah.

 

Yoga dalam kasus diabetes tipe 2 mencegah penyakit berkembang dengan:

 

  1. Meremajakan sel pankreas
          Postur yoga yang membantu relaksasi (asanas) meregangkan pankreas, yang dapat merangsang produksi sel beta penghasil insulin.
  2. Melatih otot
    Seperti bentuk olahraga lainnya, yoga meningkatkan penyerapan glukosa oleh sel-sel otot, yang pada gilirannya, membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan sirkulasi dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.    
  3. Membantu mengendalikan berat badan            
    Berolahraga melalui yoga dapat mengurangi berat badan dan meningkatkan kontrol berat badan, yang keduanya sangat penting untuk melindungi dari kondisi seperti diabetes tipe 2, kanker dan penyakit jantung, serta manajemen diabetes.
  4. Meningkatkan sikap mental Anda
    Latihan yoga teratur dapat membantu memfokuskan pikiran dan menciptakan pendekatan mental yang tepat untuk menangani diabetes.    

 

Nah, Teman Sehat apakah tertarik untuk melakukan olahraga yoga? Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter dan tim kesehatan diabetes terlebih dahulu sebelum memulai kelas yoga, ya!


Referensi:

Raveendran, A. V., Deshpandae, A., & Joshi, S. R. (2018). Therapeutic Role of Yoga in Type 2 Diabetes. Endocrinology and metabolism (Seoul, Korea)33(3), 307–317. doi:10.3803/EnM.2018.33.3.307