Bantuan

Manfaat Melakukan Resistance Training secara Rutin untuk Tubuh

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 07 Apr 2022

Bagikan

resistance training

Apa itu resistance training dan apa manfaatnya untuk tubuh? Disebutkan bahwa jika ingin meningkatkan stamina tubuh serta memperkuat tubuh, resistance training adalah cara yang bisa Anda lakukan. Resistance training merupakan jenis olahraga yang mana dilakukan guna meningkatkan ketahanan fisik serta kekuatan otot. Jenis olahraga ini sering kali dikenal sebagai weight training atau strength training

Olahraga ini merupakan aktivitas yang mengharuskan Anda untuk mendorong, menarik, atau juga bekerja menghadapi resistensi, yang akan diberikan sebuah objek. Selama Anda menjalani olahraga ini, maka Anda akan menggerakkan anggota tubuh. Hal ini guna melawan resistensi yang diberikan gravitasi, berat badan, karet olahraga, sampai bermacam alat olahraga di tempat Anda berolahraga. 

Olahraga ini juga menuntut Anda untuk melawan resistensi. Oleh karenanya, gerakan bisa terasa sulit untuk dilakukan, akan tetapi olahraga ini akan menguatkan otot dan juga ketahanan tubuh. Sebenarnya fungsi utama dari resistance training yakni guna menyebabkan kerusakan pada miskroskopis. Kemudian, akan diperbaiki oleh tubuh dengan cepat agar dapat beregenerasi serta menjadi tumbuh lebih kuat lagi. Kerusakan yang terjadi pada miskroskopis bisa juga disebut sebagai katabolisme, sedangkan perbaikan dan pertumbuhan jaringan otot bisa disebut sebagai anabolisme. 

Manfaat Resistance Training

Sama seperti olahraga lainnya, resistance training juga memiliki manfaat yang tidak bisa Anda sepelekan. Perhatikan beberapa manfaat resistance training di bawah ini:

  • Menjaga keseimbangan serta fleksibilitas tubuh, oleh karenanya postur tubuh menjadi terjaga sampai lanjut usia

  • Mencegah atau meredakan penurunan fungsi kognitif pada lanjut usia

  • Mengontrol dan mencegah kondisi medis yang kronis yakni seperti diabetes, arthritis, depresi, obesitas, penyakit jantung, nyeri punggung, dan depresi. 

  • Meningkatkan mobilitas dan postur tubuh

  • Meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang, jadi risiko osteoporosis pun bisa diturunkan

  • Meningkatkan kualitas tidur serta mencegah insomnia terjadi

  • Meningkatkan performa fisik guna melakukan kegiatan harian

  • Meningkatnya tonus serta kekuatan otot, jadi persendian akan terhindar dari cedera

  • Lemak tubuh yang terbakar serta berat badan terjaga

  • Tidak mudah lelah karena stamina tubuh yang meningkat

  • Rasa nyeri pada tubuh yang terkontrol

  • Risiko cedera yang menurun

  • Rasa percaya diri yang meningkat

  • Harga diri yang meningkat

Dilansir dari sebuah riset bahwa resistance training dapat meningkatkan kecepatan Anda ketika berjalan. Juga menurunkan lemak perut serta membantu Anda guna mengontrol gerakan tubuh. 

Jenis Resistance Training

Beberapa jenis olahraga resistance training yang bisa Anda lakukan, yakni:

  1. Berat badan

Terdapat banyak gerakan olahraga ini yang memakai berat badan sebagai resistensinya. Seperti misalnya sit up, push up, dan squat yang mana dapat dilakukan di mana pun dan tanpa perlu menggunakan alat. 

  1. Karet resistensi

Jika Anda pernah melihat orang yang menggunakan karet sebagai alat berolahraga, itu biasa disebut sebagai exercise band atau resistance band. Karet resistensi ini bisa memberikan resistensi guna memperkuat otot Anda. Hal ini karena ketika karet ditarik, maka ada perlawanan yang Anda terima. Sehingga, Anda juga harus menarik karet dengan kuat. Gerakan ini tentu akan membuat otot menjadi semakin terlatih. 

  1. Angkat beban berat

Beban berat juga masuk ke dalam golongan olahraga ini, yakni seperti kettlebell atau barbel. Dengan Anda mengangkat benda berat ini, maka otot akan semakin terlatih dan menjadi kuat. 

  1. Alat olahraga

Beragam alat olahraga yang ada di gym juga bisa dianggap resistance training, yang mana biasanya dilengkapi dengan gagang serta kursi. Di mana akan membuat Anda dapat memegang guna mendorong dan menarik hidrolik atau benda berat. 

Sedikit saran untuk Anda agar tidak melakukan olahraga ini dengan terburu-buru. Anda dapat memilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda terlebih dulu. Dengan begitu, maka Anda akan mulai terbiasa sehingga selanjutnya intensitas bisa ditingkatkan dan tubuh menjadi semakin terlatih. Ketika melakukan olahraga ini, mungkin pada awalnya akan terasa sulit untuk melakukan segala gerakannya. Akan tetapi, sesudah beberapa minggu Anda bisa merasakan adanya perbedaan pada kondisi tubuh. Bila Anda memang ingin meningkatkan kualitas kehidupan seiring usia yang terus bertambah, maka olahraga ini sangat cocok untuk Anda lakukan dan coba. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Mengenali Pengertian, Manfaat, dan Unsur-Unsur Kebugaran Jasmani

Referensi

https://www.verywellfit.com/what-is-resistance-training-3496094#citation-1

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/HealthyLiving/resistance-training-health-benefits

https://www.emedicinehealth.com/strength_training/article_em.htm

Bagikan artikel ini