Bantuan
Free Tele x

Mari Telaah 9 Manfaat Berenang bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 04 Dec 2020

Bagikan

9 Manfaat Berenang Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat berenang bagi tubuh ternyata cukup banyak lho. Berenang telah dikenal sebagai olahraga yang paling sempurna karena memiliki banyak sekali manfaat.

Berenang merupakan jenis olahraga ideal untuk lebih aktif dan tetap sehat, tidak peduli berapapun usianya atau kemampuannya. Berenang juga olahraga yang sering dilakukan oleh para atlet untuk tetap kuat dan bugar saat pulih dari cedera.

Berenang memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan yang diketahui oleh orang banyak. Jadi, mari kita ambil napas dalam-dalam, dan menyelami 9 manfaat berenang berikut:

1. Meningkatkan Kekuatan Otot

Berenang menggunakan kekuatan otot di seluruh tubuh. Jika pelari lebih banyak menggunakan otot kaki saja, perenang memanfaatkan kelompok otot yang lebih banyak untuk bergerak di dalam air.

Selain itu, berolahraga di air membuat tubuh bekerja lebih keras sehingga 30 menit di kolam sama dengan 45 menit di darat dengan aktivitas yang sama.

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Berenang melibatkan gerakan-gerakan, seperti menggapai, meregang, memutar, dan menarik di dalam air. Pergelangan kaki digunakan sebagai sirip dan diregangkan dengan setiap tendangan. Peregangan berulang ditemukan membantu meningkatkan fleksibilitas.

3. Mengurangi Inflamasi

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa berenang dapat menguatkan otot jantung. Hal ini mengutip dari berbagai hasil studi bahwa aktivitas aerobik seperti berenang, dapat mengurangi peradangan yang mengarah pada aterosklerosis (pembentukan plak) di jantung.

Baca Juga: Aktivitas Fisik dan Jantung, Dimana Benang Merahnya?

4. Membakar Kalori

Berenang termasuk salah satu cara yang paling efektif untuk membakar kalori. Berenang santai dapat membakar lebih dari 200 kalori hanya dalam setengah jam, dua kali lipat lebih cepat dari berjalan.

5. Meningkatkan Massa Tulang

Berenang dapat mengurangi lemak tubuh sehingga meningkatkan aliran darah dan massa tulang. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk memastikan hal ini mengingat bahwa peningkatan massa tulang hanya dapat dicapai melalui latihan menahan beban.

6. Baik Untuk Asma

Udara yang lembab saat berenang dapat mengurangi kejadian asma. Tidak hanya membantu meringankan gejala asma, penelitian telah menunjukkan bahwa berenang dapat meningkatkan kondisi paru-paru secara keseluruhan.

7. Mengurangi Stres dan Depresi

Sama halnya seperti yoga, berenang dapat digunakan sebagai meditasi untuk menenangkan diri karena suara napas dan air yang mengalir membantu kemampuan fokus. Berenang secara teratur dapat menurunkan tingkat stres, mengurangi kecemasan dan depresi, serta memperbaiki pola tidur.

8. Meningkatkan Kecerdasan

Penelitian di Australia menunjukkan bahwa anak-anak yang berenang secara rutin mampu menguasai perkembangan bahasa, keterampilan motorik halus, kepercayaan diri, dan perkembangan fisik yang lebih cepat daripada anak-anak yang tidak berenang secara rutin.

9. Meningkatkan Harapan Hidup

Meskipun semua olahraga memberikan efek yang baik untuk kesehatan dan usia yang lebih panjang, penelitian mengungkapkan bahwa berenang adalah salah satu pilihan terbaik.

Hasil penelitian menemukan bahwa orang yang berenang memiliki tingkat kematian 50 persen lebih rendah dibandingkan dengan pelari, pejalan kaki, atau orang yang tidak berolahraga.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Asma

 

Referensi:

1. Swimming. 8 benefits of swimming whatever your fitness level [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. 

2. Hansen, S. 10 Amazing Benefits of Swimming You Never Knew [Internet]. Date unknown [cited 2020 Jul 25]. 

3. National Health Service. Swimming for fitness [Internet]. 2019 Sep 2 [cited 2020 Jul 25].

4. Lee BA, Oh DJ. Effect of regular swimming exercise on the physical composition, strength, and blood lipid of middle-aged women. J Exerc Rehabil. 2015.

Bagikan artikel ini