Bantuan

Ini Olahraga Menurunkan Berat Badan yang Bisa Anda lakukan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 02 Mar 2022

Bagikan

plank

Apakah Anda sedang mencari olahraga menurunkan berat badan? Jika  iya, berarti Anda berada di artikel yang tepat. Karena pada artikel kali ini akan dijelaskan apa saja olahraga menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan. 

Olahraga hingga saat ini masih dipercaya sebagai salah satu cara efektif dalam menurunkan berat badan. Akan tetapi,  mungkin banyak dari Anda yang bingung olahraga apa yang akan dilakukan agar dapat menurunkan berat badan yang paling pas. Tidak perlu menunggu lebih lama lagi, berikut ini beberapa olahraga menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan. 

  1. Jogging

Olahraga menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan pertama, yaitu jogging. Melakukan jogging selama 30 menit dapat membakar sebanyak 300 hingga 370 kalori tergantung intensitas yang Anda lakukan. Namun perlu diperhatikan, saat melakukan jogging sebaiknya Anda menggunakan perlengkapan khusus seperti sepatu lari agar olahraga menjadi lebih nyaman. Sebagai pemula, Anda bisa melakukan jogging selama 20 hingga 30 menit terlebih dahulu. 

  1. Lompat Tali

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan selanjutnya. Walaupun terlihat sederhana, ternyata lompat tali yang dilakukan selama 30 menit bisa membakar sekitar 281 kalori untuk intensitas rendah sedangkan untuk lompat tali dengan intensitas tinggi dapat membakar 421 kalori. Apabila Anda masih pemula, sebaiknya tidak terlalu memaksakan untuk melakukan lompat tali. Mulailah dulu dari 5 menit terlebih dahulu, lalu meningkat secara perlahan

  1. Bersepeda

Olahraga menurunkan berat badan yang selanjutnya, yaitu bersepeda. Bersepeda selama 30 menit, bisa membakar sebanyak 280 hingga 360 kalori. Namun untuk sepeda statis dengan waktu yang sama bisa membakar 250 hingga 280 kalori. Manfaat bersepeda yang lainnya, yaitu dapat menurunkan risiko kanker, penyakit jantung hingga berbagai penyakit yang memiliki kemungkinan kematian. Mungkin olahraga yang satu bisa cocok untuk Anda. 

  1. Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga yang menyenangkan namun juga dapat menurunkan berat badan. Berenang gaya punggung selama 30 menit mampu membakar sebanyak 298 kalori,  gaya dada sebanyak 372 kalori, dan gaya kupu-kupu sebanyak 409 kalori. Selain itu, olahraga merupakan salah satu olahraga yang tergolong ke dapat low impact atau olahraga yang tidak menimbulkan pengaruh berlebihan pada tubuh. 

  1. Yoga

Yoga terkenal sebagai salah satu olahraga yang paling banyak digunakan untuk menurunkan berat  badan. Olahraga yoga terbukti dapat mengurangi berat badan, tetapi  jumlah kalori yang dibakar tidak terlalu banyak. Yoga yang dilakukan selama 40 menit, hanya dapat membakar 149 kalori. Akan tetapi, yoga tidak hanya bermanfaat dalam menurunkan berat badan namun juga menjaga kesehatan mental. Dengan begitu, Anda bisa mengontrol nafsu makan yang berlebihan. 

  1. Plank

Olahraga untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan selanjutnya, yaitu plank. Dengan melakukan olahraga ini, maka akan terjadi meningkatkan pembakaran kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Tata Cara melakukan gerakan plank pada dasarnya cukup mudah. Pertama-tama berbaring menghadap bawah pada matras. Setelah itu, dorong tubuh dari lantai dengan bertumpu pada siku. Usahakan Anda lakukan posisi ini dalam keadaan selurus mungkin. 

  1. Jump Squat

Olahraga menurunkan berat badan yang terakhir, yaitu jump squat. Olahraga ini merupakan variasi dari squat konvensional. Melakukan olahraga jump squat dalam 10 set 30 jump, maka bisa membakar 100 kalori. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa melakukannya dengan gerakan ini dengan jumlah sebanyak-banyaknya. 

Demikianlah informasi mengenai olahraga menurunkan berat badan yang bisa Anda lakukan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal Anda harus bisa konsisten dan rutin dalam melakukannya. Sesuatu yang tidak konsisten maka tidak mendapatkan hasil. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan olahraga mana yang paling tepat untuk Anda. 

Tidak hanya itu, jika tujuannya untuk menurunkan berat badan maka olahraga saja tidak cukup. Setidaknya Anda harus membarenginya dengan melakukan defisit kalori. Pasalnya, olahraga yang capek-cepek Anda lakukan apabila tidak dibarengi dengan defisit kalori maka hanya sia-sia. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca juga: Bantu Menurunkan Berat Badan, Ini Rekomendasi Menu Diet Sehat untuk Anda

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Boldt, Andrea. 2020. The Best Active Sports to Lose Weight. https://www.livestrong.com/article/157475-the-best-active-sports-to-lose-weight/

Raman, Ryan. 2019. The 8 Best Exercises for Weight Loss. https://www.healthline.com/nutrition/best-exercise-for-weight-loss#TOC_TITLE_HDR_3

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Umum

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang