Perhatikan Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga Bagi Anda Pejuang Diet

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Cara Menurunkan Berat Badan Dengan Berolahraga

Apakah Anda sedang diet, tapi bingung cara menurunkan berat badan dengan olahraga? Anda tidak perlu khawatir, karena dalam artikel ini akan dijelaskan berbagai macam olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat  badan. 

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian banyak orang. Akan tetapi, mungkin masih banyak yang bingung bagaimana cara menurunkan berat badan yang berlebih. Mungkin beberapa dari Anda telah melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, hal ini juga harus dibarengi dengan olahraga.   

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Berolahraga

Lalu bagaimanakah cara menurunkan berat badan dengan olahraga tersebut? Olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan, sangatlah mudah dan juga menyenangkan. Berikut ini beberapa olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan berat badan. 

  1. Renang

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang pertama yaitu berenang. Hal ini karena, melakukan gaya punggung dapat membakar 298 kalori, gaya dada dapat membakar 372 kalori dan gaya kupu-kupu dapat membakar 409 kalori jika dilakukan selama 30 menit. Olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki cedera atau masalah pada sendi karena memiliki dampak yang kecil pada tubuh. 

  1. Sepeda

Olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk menurunkan berat badan yaitu dengan bersepeda. Anda bisa menggunakan sepeda statis ataupun sepeda di luar ruangan. Untuk sepeda statis yang dilakukan selama 30 menit, dapat membakar sebanyak 250 hingga 280 kalori, sedangkan untuk sepeda di luar ruangan mampu membakar sebanyak 280 hingga 360 kalori. Tidak hanya bermanfaat untuk menurunkan berat badan, bersepeda juga dapat membentuk otot perut. 

  1. Lompat Tali

Lompat tali atau skipping merupakan olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk menurunkan berat badan. Walaupun terlihat sederhana, namun lompat tali cukup efektif dalam menurunkan berat badan. Pasalnya, aktivitas lompat tali yang dilakukan selama 30 menit dapat membayar sekitar 230 hingga 300 kalori. Bahkan lompat tali mampu membakar  hingga 421 kalori dengan durasi yang sama apabila dilakukan dengan intensitas yang tinggi.

Baca Juga: Benarkah Sit Up Dapat Menurunkan Berat Badan?

  1. Jogging

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang selanjutnya yaitu dengan jogging. Dengan melakukan jogging selama 30 menit, Anda telah membakar 300 hingga 370 kalori. Perlengkapan yang Anda butuhkan ketika jogging yaitu sepatu lari serta pakaian yang nyaman. Apabila Anda merasa tidak percaya diri ataupun tidak terbiasa berolahraga di luar ruangan, maka Anda bisa berlari menggunakan treadmill. Untuk pemula, cukuplah dengan berlari santai selama 20 hingga 30 menit. 

  1. Jalan Kaki

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan namun bisa membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Berjalan kaki dengan durasi 30 menit dapat membakar 167 kalori. Tidak hanya itu, jalan kaki juga dapat membantu tekanan darah tetap stabil, memperkuat tulang, memperbaiki mood dan menjaga kadar kolesterol. Anda bisa melakukan olahraga ini kapanpun dan di manapun yang Anda sukai. 

  1. Yoga

Olahraga yang bisa Anda lakukan selanjutnya untuk menurunkan berat badan yaitu yoga. Olahraga yoga mampu membakar 149 kalori jika dilakukan selama 40 menit. Selain itu, yoga juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan mental dan membuat Anda mampu mengontrol nafsu makan. Anda bisa melakukan yoga bersama dengan kelompok yang ada di pusat kebugaran, ataupun dengan cara melihat tutorialnya di internet. 

  1. Senam Aerobik

Cara menurunkan berat badan dengan olahraga yang terakhir yaitu senam aerobik olahraga yang satu ini dapat membantu Anda meningkatkan denyut jantung dan pernapasan selama berolahraga. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa, melakukan senam aerobik mampu menurunkan berat badan sekitar 4,3% sampai 5,6% atau 400-600 kalori yang terbakar setiap sesinya.

Nah itulah dia beberapa cara menurunkan berat badan dengan berolahraga yang bisa Anda lakukan. Perlu diingat, menurunkan berat badan harus dilakukan bersamaan dengan mengatur pola makan dan rutin berolahraga. Salah satu yang tidak dilakukan dengan konsisten, maka hasilnya pun tidak maksimal.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Menurunkan Berat Badan, Cardio atau Muscle Training?

 

Sumber:

1. Raman, Ryan. 2019. The 8 Best Exercises for Weight Loss.

2. Sarnataro, Barbara Russi. Exercise to Lose Weight.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi