Ketahui Fungsi Otot Jantung dan Cara Menjaga Kesehatannya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 20 Dec 2021

Bagikan

Ketahui Fungsi Otot Jantung dan Cara Menjaga Kesehatannya

Jantung merupakan hal terpenting bagi tubuh manusia, namun tahukah Anda apa fungsi otot jantung? Otot jantung sejatinya merupakan salah satu bagian penting yang menjaga jantung terus berdetak. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa otot jantung selalu bekerja tanpa henti selama 24 jam. Hal ini benar adanya, dan oleh karena itulah otot jantung dirancang dengan begitu tangguh.

Baca Juga: Berikut Ini Berbagai Jenis Penyakit Jantung yang Perlu Anda ketahui

Overview Otot Jantung

Otot jantung sejatinya merupakan salah satu dari rangkaian jaringan otot dari 3 jenis jaringan otot utama dalam tubuh manusia. Berbeda dengan dua jaringan otot lainnya (rangka dan otot polos), hanya jaringan otot jantung yang terletak di jantung. Selain itu, hanya jaringan otot jantung yang menghasilkan gerakan secara spontan otomatis, dan tidak bisa dikendalikan seperti halnya otot rangka yang berada pada lengan dan tungkai. 

Tugas utama dari otot jantung adalah melakukan kontraksi yang terkoordinasi untuk membantu jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa jantung tidak dapat melakukan salah satu fungsi pentingnya ini apabila otot jantung tidak berfungsi. 

Sel otot jantung sejatinya tampak seperti lurik atau bergaris, apabila dilihat dari bawah mikroskop. Garis-garis pada sel otot jantung ini timbul karena filamen bergantian yang terdiri dari aktin dan miosin. Garis gelap menunjukkan filamen tebal yang terdiri dari protein miosin, sedangkan filamen tipis mengandung aktin. 

Fungsi Otot Jantung

Sebagaimana yang telah disinggung secara singkat sebelumnya, jaringan otot jantung memiliki fungsi penting dalam menjaga agar jantung tetap memompa darah ke seluruh tubuh. Dalam hal ini, gerakan yang tercipta adalah gerakan tak terkendali dan tidak bisa dikontrol. Gerakan memompa oleh otot jantung ini sejatinya dilakukan melalui sel khusus yang juga kerap disebut sebagai alat pacu jantung.

Alat pacu jantung menjaga agar kontraksi jantung tetap terjadi dengan menerima sinyal dari sistem saraf tubuh. Sinyal yang diterima oleh alat pacu jantung kemudian dihubungkan ke sel otot jantung lainnya. Sinyal inilah yang menghasilkan gelombang kontraksi otot jantung dan membantu alat pacu jantung dalam mempercepat ataupun memperlambat detak jantung.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Anatomi Jantung, Fungsi, Serta Cara Kerjanya

Gangguan yang Mungkin Terjadi

Sebagaimana halnya bagian tubuh yang lain, otot jantung juga bisa saja mengalami gangguan tertentu. Salah satu gangguan yang paling umum adalah kardiomiopati yang mampu memengaruhi jaringan otot jantung. Terdapat beberapa gejala dari kondisi ini, yakni:

  • Perasaan lelah

  • Pembengkakan pada pergelangan hingga kaki

  • Detak jantung yang tidak beraturan

  • Pusing hingga sakit kepala yang tergolong ringan

  • Kesulitan bernapas hingga kondisi sesak napas

Cara Merawat Kesehatan Jantung

Mengingat peranan dan fungsi otot jantung yang cukup penting bagi tubuh, adalah penting bagi kita semua untuk terus berusaha merawat kesehatan jantung itu sendiri. Dengan menjaga kesehatan jantung, Anda juga secara tidak langsung telah memelihara kesehatan dan fungsi otot jantung agar tetap terjaga.

Untuk mulai merawat kesehatan jantung, sejatinya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya dan upaya yang begitu sulit. Meskipun begitu, tidak dapat disangkal bahwa merawat kesehatan jantung ini mungkin akan cukup sulit bagi beberapa orang karena ini mungkin berarti Anda perlu mengubah gaya hidup secara keseluruhan. 

Menerapkan gaya hidup yang lebih sehat adalah cara merawat kesehatan jantung yang paling utama dan bisa dikatakan paling mudah, namun juga paling sulit di saat yang bersamaan. Untuk dapat mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi seimbang, mulai rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan istirahat, menjauhi rokok dan alkohol, serta mulai mengelola stres dengan baik.

Baca Juga: Wajib Anda Ketahui, Ini Pantangan Makanan Penyakit Jantung

Dengan menerapkan gaya hidup sehat ini, kesehatan jantung dan fungsi otot jantung sendiri akan dapat terjaga secara keseluruhan. Selain itu, Anda juga bisa rutin melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara berkala, agar dapat dideteksi gangguan atau penyakit sedini mungkin.

Nah, demikianlah penjelasan mengenai fungsi otot jantung, gangguan yang mungkin menimpanya, serta cara merawat kesehatan jantung secara keseluruhan. Mengingat peran dan fungsinya yang begitu vital bagi tubuh, mari ubah gaya hidup kita menjadi lebih sehat mulai dari sekarang!

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

Health Benefits Times.

RxList. 2021.

 

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi