Bantuan
Bantuan

Pentingnya Menggunakan Kacamata Anti Radiasi Untuk Anda Yang Sering Menatap Layar Gadget

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 16 Dec 2021

Bagikan

Sering Menatap Layar Gadget? Gunakan Kacamata Antiradiasi

Kacamata antiradiasi memiliki fungsi untuk membantu menjaga kesehatan mata Anda. Pada era sekarang ini dimana teknologi semakin maju, membuat banyak aktivitas yang melibatkan gadget. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, dimana pekerjaan dan sekolah juga dilakukan dari rumah menggunakan gadget seperti laptop atau smartphone.

Namun, tahukah Anda bahwa menatap layar gadget yang terlalu sering bisa merusak mata. Hal ini karena radiasi dari gadget tersebut mampu membuat mata menjadi kering, kelelahan, mata merah, bahkan sampai kabur. Sebagai solusinya Anda dapat menggunakan kacamata antiradiasi, tetapi apakah ini efektif?

Kacamata Antiradiasi

Kacamata ini dibuat guna melindungi mata saat menatap layar gadget, karena radiasi blue ray atau sinar biru yang ada bisa menyebabkan beberapa masalah atau gangguan pada mata. Kacamata antiradiasi biasanya dilengkapi lapisan lensa yang mana mampu mengurangi pantulan dari layar gadget.

Untuk Anda yang sering melakukan aktivitas yang mengharuskan menatap layar gadget, maka tidak perlu khawatir karena kacamata antiradiasi bisa menjadi solusinya. Kacamata ini akan membantu mencegah ketegangan mata, oleh karena itu Anda dapat dengan nyaman melakukan aktivitas seperti biasa.

Tentu akan berbeda dengan kacamata biasa, yang mana hanya untuk membantu penglihatan Anda. Kacamata antiradiasi memiliki tujuan guna memaksimalkan penglihatan saat menatap layar gadget Anda.

Baca Juga: Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata 

Fungsi Kacamata Antiradiasi

Jika Anda terlalu sering menatap layar gadget, maka berisiko mengakibatkan gejala CSV yakni computer syndrome vision. Saat Anda mengalami gejala ini maka tentu saja aktivitas harian akan terganggu. Namun, dengan kacamata antiradiasi akan membantu mengurangi risiko gejala CSV yakni seperti berikut ini:

  1. Nyeri leher

  2. Nyeri bahu

  3. Sakit kepala

  4. Penglihatan yang kabur

  5. Kurang fokus

  6. Mata berkedut

  7. Mata lelah

  8. Penglihatan ganda

  9. Mata seperti terbakar

  10. Mata merah

Efektif atau tidaknya penggunaan kacamata antiradiasi akan bergantung dengan individu itu sendiri. Hal ini karena pada sebagian orang mungkin dengan kacamata antiradiasi tidak terlalu berpengaruh. Misalnya pada orang yang memiliki masalah atau gangguan mata seperti katarak.

Meskipun begitu, jika Anda menggunakan kacamata ini, tidak akan menyebabkan kondisi mata menjadi memburuk. Dimana seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa kacamata ini, dapat melindungi mata dari sinar layar gadget. Sehingga, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kacamata ini.

Kacamata menjadi solusi Anda yang sering menatap layar gadget, karena diketahui dari penelitian bahwa banyak pengguna komputer yang merasa tidak nyaman. Pastikan Anda sudah melakukan konsultasi dengan dokter mata, sebelum memutuskan menggunakan kacamata antiradiasi. Hal ini tentu saja menjadi penting, guna menentukan apa Anda perlu untuk menggunakannya atau tidak. 

Menjaga Kesehatan Mata

Tentu menjadi penting bagi kita semua untuk menjaga kesehatan mata, jangan sampai mata sudah rusak baru diobati. Selain menggunakan kacamata antiradiasi, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata. Simak caranya di bawah ini:

  1. Jika Anda menggunakan laptop atau komputer, maka duduklah dengan jarak 50 cm dari layar gadget tersebut. Anda harus pastikan bahwa jarak duduk dengan layar tidak terlalu dekat. Mengatur posisi layar juga menjadi penting untuk menjaga kesehatan mata Anda. Disarankan agar posisi layar lebih rendah dari mata. Anda juga dapat mengurangi cahaya layar agar mata tidak silau, karena cahaya yang terlalu silau juga dapat menyebabkan masalah pada mata Anda. 

  2. Pastikan pencahayaan ruangan sesuai, agar tidak terlalu gelap juga tidak terlalu terang. Ini karena penyesuaian cahaya yang tidak sesuai, juga tidak baik untuk kesehatan mata. Beristirahat dengan teratur, Anda dapat melakukannya dengan cara setiap 20 menit menggunakan gadget seperti komputer atau laptop, maka alihkan mata ke objek yang lain. 

Walaupun, biasanya gangguan mata yang disebabkan karena terlalu lama menggunakan gadget akan berkurang jika berhenti. Namun, sudah sebaiknya Anda memperhatikan kesehatan mata. Anda dapat memeriksa kondisi mata Anda ke dokter, jika merasakan gejala gangguan pada mata.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata yang Memandang Layar Gawai Seharian

 

Referensi:

1. WebMD

2. All About Vision

3. AAO, are computer glasses worth it

Tag :
Bagikan artikel ini