Sering Mengganggu, Penyebab Abdominal pain Adalah?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 11 Jan 2022

Bagikan

Sering Mengganggu, Penyebab Abdominal pain Adalah?

Abdominal pain adalah salah satu hal yang banyak dikeluhkan. Sebagaimana namanya, abdominal pain adalah rasa nyeri yang timbul di bagian perut. Dalam hal ini, abdominal pain ditunjukkan dengan gejala yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Lantas apa sebenarnya yang dimaksud dengan abdominal pain itu sendiri, serta apa saja hal-hal yang dapat memicunya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak terus pembahasan mengenai abdominal pain berikut ini. 

Baca Juga: Sering Merasa Sakit Perut Sebelah Kiri? Ini Beberapa Hal yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Apa itu abdominal pain?

Abdominal pain adalah rasa sakit atau nyeri yang terasa pada area perut. Pada beberapa kasus, gejala abdominal pain dapat berupa kram, mulas, atau bahkan timbul gejala yang lebih parah seperti timbulnya seperti rasa tertusuk di perut. Selain itu, terkadang abdominal pain ini akan disertai pula oleh rasa kedutan di perut. 

Untuk setiap orang, gejala abdominal pain ini sejatinya dapat beragam, tergantung pada penyebabnya. Tidak hanya itu saja, sejumlah kondisi juga menyebabkan rasa nyeri pada perut ini berpindah dari bagian perut yang satu ke bagian lainnya. Gejala yang muncul kadang bisa terjadi secara tiba-tiba, atau bahkan secara perlahan, dapat hilang dengan cepat dan dapat juga menetap cukup lama hingga berhari-hari.

Penyebab abdominal pain 

Terdapat beberapa hal yang dapat menjadi penyebab abdominal pain, tergantung pada lokasi di mana rasa nyeri tersebut Anda rasakan. Adapun beberapa penyebab abdominal pain adalah sebagai berikut. 

  1. Bagian kanan 

Apabila Anda merasakan rasa sakit perut pada bagian kanan atas, maka ada beberapa kondisi yang mungkin sedang Anda alami. Adapun beberapa kondisi ini adalah penyakit hepatitis, batu empedu, infeksi ginjal dan batu ginjal, kanker hati, hingga radang kandung empedu. Tidak hanya itu saja, sakit perut pada bagian kanan atas juga dapat diakibatkan oleh paru-paru basah.

Lain halnya dengan rasa sakit perut sebelah kanan atas, apabila Anda merasakan abdominal pain pada perut bagian kanan bawah, beberapa penyakit yang mungkin menjadi penyebabnya adalah usus buntu, radang usus, sumbatan usus, hernia, infeksi saluran kemih, hingga baru saluran kemih.

Baca Juga: Ketahui Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Ini

  1. Bagian kiri atas

Selain pada bagian kanan, abdominal pain juga dapat terasa pada bagian kiri perut. Apabila rasa nyeri yang dirasakan terjadi pada bagian kiri atas, maka beberapa penyakit penyebabnya adalah infeksi ginjal, batu ginjal, sembelit, hingga pembesaran limpa. Selain itu, karena terjadi pada bagian atas perut, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh gangguan pada paru-paru

Adapun pada bagian kiri bawah, rasa sakit perut atau abdominal pain dapat disebabkan oleh beberapa penyakit yang sama halnya seperti penyebab sakit perut bagian kanan bawah, yakni sumbatan usus dan radang usus, serta infeksi saluran kemih dan batu saluran kemih.

Baca Juga: Sering Merasa Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

  1. Bagian tengah

Apabila Anda merasakan abdominal pada bagian tengah perut, maka ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya. Jika terasa pada bagian ulu hati (tengah atas), maka abdominal pain disebabkan oleh maag, radang pankreas, tukak lambung, hingga masalah pada jantung. 

Adapun jika rasa sakit perut terjadi pada bagian tengah, maka kemungkinan penyebabnya adalah radang pada saluran pencernaan atau dapat pula disebabkan oleh radang pada kandung kemih. 

Itulah dia beberapa penyebab abdominal pain yang perlu Anda ketahui. Apabila kondisi yang dialami tidak kunjung membaik atau justru semakin bertambah parah, maka Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter. Adapun beberapa kondisi yang mengharuskan Anda untuk memeriksakan diri ke dokter adalah manakala abdominal pain yang dirasakan disertai pula dengan beberapa gejala seperti berikut:

  • Demam

  • Sakit perut berlangsung selama lebih dari sehari

  • Perut tampak membengkak

  • Nafsu makan menurun

  • Terasa sakit saat buang air kecil

  • Terlalu sering buang air kecil

  • Kesulitan buang air besar

  • Buang air besar yang berdarah

  • Kesulitan bernapas

  • Terasa nyeri di dada

  • Dehidrasi

  • Kulit dan mata menguning

Selain kondisi di atas, apabila Anda tengah hamil atau sedang menyusui, baru saja mengalami cedera pada saat nyeri perut terasa, maka mintalah bantuan orang terdekat agar Anda dapat berkonsultasi dengan dokter.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Tag :
Referensi
  1. Healthgrades. Abdominal pain. https://www.healthgrades.com/right-care/symptoms-and-conditions/abdominal-pain
  2. Cleveland Clinic. Abdominal pain. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/4167-abdominal-pain
  3. Davis, Charles Patrick. 2019. What's Causing Your Abdominal pain?. https://www.medicinenet.com/abdominal_pain_pictures_slideshow/article.htm
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi