Bantuan
Free Tele x

Sering Merasa Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Dec 2021

Bagikan

Nyeri Perut Sebelah Kiri? Waspadai Penyebabnya Berikut Ini

Pernahkah Anda merasakan nyeri perut sebelah kiri? Tentu Anda akan merasa terganggu, apalagi jika Anda sedang menjalankan aktivitas. Mungkin Anda menganggap bahwa gejala nyeri perut sebelah kiri adalah gejala yang biasa.

Namun hal tersebut tidak bisa Anda abaikan begitu saja karena bisa saja dapat disebabkan oleh masalah yang serius. Simak penjelasan lebih jauh mengenai nyeri perut sebelah kiri pada pembahasan berikut ini:

Apa Itu Nyeri Perut Sebelah Kiri?

Nyeri perut sebelah kiri merupakan gejala sakit yang dirasakan pada perut bagian kiri dan bisa muncul secara tiba-tiba. Biasanya gejala tersebut berhubungan dengan gangguan organ dalam tubuh di bagian perut atau gangguan pada sistem pencernaan.

Selain itu nyeri perut sebelah kiri dapat pula disebabkan karena faktor lainnya. Jika Anda merasakan nyeri perut sebelah kiri secara berulang atau terus menerus maka Anda harus lebih waspada dan harus segera mencari tahu tentang gejala tersebut.

Penyebab Nyeri Perut Sebelah Kiri

Sebelum menangani rasa nyeri perut sebelah kiri, Anda perlu mengetahui apa saja penyebabnya. Bisa saja penyebabnya adalah penyakit-penyakit serius yang harus ditangani dokter dengan pengobatan khusus. Lalu apa saja penyebab nyeri perut sebelah kiri? Berikut beberapa penyebabnya:

  1. Divertikulitis

Divertikulitis merupakan salah satu penyebab umum terjadinya nyeri perut sebelah kiri yang terjadi ketika divertikula (kantong kecil) pada dinding usus terinfeksi dan meradang. Divertikula terbentuk di dalam area usus besar yang lemah. Divertikula biasanya rentan terjadi pada orang dewasa atau orang yang sudah lanjut usia. Gejala divertikulitis biasanya akan meningkat saat seseorang makan atau segera setelah makan.

  1. Celiac

Nyeri perut sebelah kiri adalah salah satu gejala dari penyakit celiac. Penyakit celiac merupakan kondisi kronis yang biasanya terjadi pada saluran pencernaan saat seseorang tidak bisa mencerna gluten. Gluten merupakan protein yang ditemukan dalam beberapa makanan dan produk kesehatan. Ketika seseorang menderita penyakit celiac, sistem kekebalannya menyerang bagian usus dan menyebabkan berbagai masalah pencernaan. 

  1. Radang Usus

Gejala radang usus juga dapat ditandai dengan nyeri perut sebelah kiri. Radang usus terdiri dari  penyakit crohn dan kolitis ulserativa, yaitu kondisi kronis yang dapat menyebabkan peradangan di saluran pencernaan. Secara umum, penyakit Crohn paling sering terjadi di usus kecil, sedangkan kolitis ulserativa paling sering terjadi di usus besar.

Baca Juga: Kenali Salah Satu Penyakit Sistem Pencernaan Manusia, Usus Buntu

  1. Hernia

Hernia terjadi ketika organ atau bagian tubuh lainnya mendorong melalui dinding perut, dan menyebabkan nyeri perut sebelah kiri. Terkadang, benjolan mungkin muncul di bagian tengah tubuh atau di dekat selangkangan. Berbagai jenis hernia dapat terjadi, dan bervariasi sesuai dengan penyebabnya. Karena hernia dapat menyebabkan gejala tambahan maka sangat penting untuk menemui dokter agar diberikan penanganan yang tepat

  1. Batu Ginjal

Gejala umum batu ginjal ditandai nyeri perut sebelah kiri. Sebagian besar batu ginjal terbentuk dari penumpukan kalsium dan dapat terbentuk di ginjal kanan atau kiri. Seseorang yang mengidap batu ginjal terkadang tidak menyadarinya. 

Kondisi batu ginjal terasa seperti terdapat sesuatu yang menghalangi bagian dari ginjal dan bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Selain nyeri perut sebelah kiri, gejala lain dari batu ginjal meliputi nyeri saat buang air kecil, mual atau muntah, adanya darah dalam urin, demam, dan sering buang air kecil.

  1. Obstruksi Usus

Obstruksi usus adalah kondisi penyumbatan usus yang salah satu gejalanya ditandai dengan nyeri perut sebelah kiri. Ketika terjadi penyumbatan pada usus, makanan tidak akan bisa melewati saluran pencernaan. Hal ini membuat perut terasa sakit dan membutuhkan penanganan medis. 

Obstruksi usus lebih sering terjadi pada orang dewasa atau orang yang lebih tua dan biasanya disebabkan oleh kondisi lain, seperti divertikulitis atau kanker usus besar. Gejala lain obstruksi usus meliputi ketidakmampuan untuk buang air besar, distensi, muntah, dan sembelit.

Beberapa penyakit diatas adalah contoh penyebab timbulnya rasa nyeri perut sebelah kiri yang sering dijumpai. Gejala nyeri perut sebelah kiri harus sangat diwaspadai. Anda tidak boleh menyepelekannya jika hal tersebut terjadi pada Anda. Segera konsultasikan dengan dokter jika terjadi gejala yang lebih serius.

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Terlalu Banyak Makan Bikin Perut Begah? Begini Cara Mengatasinya

 

Sumber:

1. Fletcher, Jenna: What Causes Pain in The Lower Left Abdomen?. 2018.

2. Bailey, Glenna: What’s Causing Pain in My Lower Left Abdomen?. 2021.

Tag :
Bagikan artikel ini