Bantuan

Mengetahui Berbagai Penyebab dan Cara Mencegah Pneumonia

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 25 Mar 2022

Bagikan

mencegah pneumonia

Sudahkah Anda mengetahui apa penyebab pneumonia dan juga bagaimana cara mencegahnya? Pneumonia merupakan infeksi paru-paru yang menimbulkan peradangan pada kantong udara. Selain itu, Pneumonia juga seringkali disebut sebagai paru-paru basah. Hal ini karena, penyakit ini akan menyebabkan paru-paru dipenuhi dengan cairan lendir. 

Penyakit ini dapat terjadi karena adanya kuman yang masuk ke dalam saluran pernapasan kemudian mengalahkan kekebalan tubuh. Apabila tidak segera ditangani, maka dapat menyebabkan efek yang lebih berbahaya. Terutama jika dialami oleh anak-anak, maka bisa berisiko kematian. 

Penyebab Pneumonia

Mengetahui penyebab pneumonia merupakan salah satu hal yang perlu diketahui. Pasalnya, dengan mengetahui apa penyebab pneumonia, maka dokter dapat memberikan penanganan yang tepat. Berikut ini akan dijelaskan 3 penyebab pneumonia yang perlu Anda perhatikan.

  1. Bakteri

Penyebab pneumonia yang perlu Anda perhatikan pertama yaitu bakteri. Beberapa bakteri yang menyebabkan pneumonia yaitu Streptococcus pneumoniae, Staphylococcus aureus, Streptokokus grup A, Haemophilus influenzae, dan Moraxella catarrhalis. Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri pada umumnya akan muncul dengan sendiri, terutama jika Anda dalam keadaan yang tidak prima. Hal ini akan membuat bakteri jahat akan masuk ke dalam tubuh dengan lebih mudah. 

  1. Jamur

Penyebab pneumonia yang selanjutnya yaitu jamur. Pada umumnya, orang-orang dengan kekebalan tubuh yang lemah seperti pengidap HIV/AIDS akan lebih mudah terserang jamur penyebab pneumonia ini. Selain itu, orang dengan masalah kesehatan kronis seperti pengidap kanker yang sedang mengonsumsi obat-obatan juga memiliki risiko tinggi mengalami pneumonia yang disebabkan jamur. 

  1. Virus

Penyebab pneumonia yang perlu Anda perhatikan terakhir yaitu virus. Virus yang paling umum menyebabkan pneumonia yaitu virus influenza. Sedangkan pada anak-anak, lebih sering disebabkan oleh respiratory syncytial virus. Pada umumnya, pneumonia yang disebabkan oleh virus tidak terlalu serius dan berlangsung singkat.  Akan tetapi, bagi mereka yang menderita penyakit jantung dan paru, maka pneumonia jenis ini dapat berakibat serius. 

Mencegah Pneumonia

Tentu banyak dari Anda tidak ingin mengalami pneumonia. Oleh karena itu, perlu dilakukan langkah-langkah pencegahan. Namun bagaimana cara mencegah pneumonia ini? Simak cara-cara mencegahnya di bawah ini. 

  1. Rutin mencuci tangan

Cara mencegah pneumonia yang bisa Anda lakukan pertama yaitu dengan rutin mencuci tangan. Hal ini karena tangan merupakan salah satu sarana penularan penyakit. Anda tidak pernah tahu bahwa ada bakteri, virus, dan kuman yang berpindah ke telapak tangan Anda ketika menyentuh sesuatu. Oleh karena itu, Anda sangat dianjurkan selalu mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir.

  1. Hindari rokok dan alkohol

Sudah bukan rahasia lagi, bahwa merokok dapat menyebabkan paru-paru menjadi rusak. Pada akhirnya, paru-paru tidak lagi mampu melawan bakteri yang menyerang. Oleh karena itu, perokok berisiko tinggi mengalami pneumonia. Selain itu, mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang berlebihan juga meningkatkan risiko mengalami pneumonia. Hal ini karena alkohol akan melemahkan paru-paru dalam melawan infeksi. 

  1. Terapkan etika batuk dan bersih

Menerapkan etika batuk dan bersin yang benar merupakan salah satu cara dalam mencegah pneumonia. Tidak hanya itu, etika batuk dan bersin yang benar juga dapat mencegah terjadinya penyebaran berbagai infeksi pernapasan termasuk pneumonia. Etika batuk dan bersin yang benar yaitu dengan menutup mulut dan hidung menggunakan lengan bagian dalam atau menggunakan  tisu. 

  1. Terapkan gaya hidup sehat

Cara yang bisa Anda lakukan selanjutnya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Hal ini karena, sistem imun memiliki peranan penting dalam mencegah pneumonia. Salah satu cara meningkatkan sistem imun yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

  1. Vaksinasi 

Cara mencegah pneumonia yang bisa Anda lakukan terakhir yaitu dengan melakukan vaksinasi. Pada dasarnya, vaksinasi ini tidak dapat mencegah pneumonia 100%. Akan tetapi, setidaknya dapat menurunkan risiko dan juga meringankan gejala yang muncul. 

Nah itulah dia beberapa informasi mengenai penyebab  dan cara mencegah pneumonia. Beberapa gejala yang perlu Anda waspadai yaitu, demam yang disertai tubuh menggigil, nyeri dada, nyeri otot, denyut nadi melemah dan batuk tidak berdahak. Apabila Anda menemukan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Seperti Apa Pengobatan Pneumonia? Ketahui Jawabannya Di Sini

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

American Lung Association. 2020. What Causes Pneumonia?. https://www.lung.org/lung-health-diseases/lung-disease-lookup/pneumonia/what-causes-pneumonia

Whelan, Corey. 2018. Pneumonia: Tips for Prevention. https://www.healthline.com/health/how-to-prevent-pneumonia#takeaway

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Pernapasan dan Paru

Mulai dari IDR 150.000

Pesan Sekarang