Bantuan
Free Tele x

Ketahui Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Ini

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 06 Oct 2021

Bagikan

Ketahui Beberapa Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Ini

Banyak orang sering mengeluhkan timbulnya rasa sakit perut sebelah kanan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan timbulnya rasa sakit ini dan bagaimana cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Timbul rasa sakit perut sebelah kanan sejatinya dapat terjadi karena banyak hal. Namun, satu hal pasti mengenai kondisi ini adalah rasa sakit perut sebelah kanan yang tengah Anda alami sebaiknya jangan disepelekan. Mengapa demikian? Karena kondisi ini bisa saja merupakan salah satu gejala dari penyakit tertentu yang cukup parah. 

Nah, agar dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan penyakit atau gangguan, berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab sakit perut sebelah kanan. Langsung saja, berikut adalah beberapa penyebabnya. 

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan

  1. Batu empedu

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang pertama yaitu batu empedu. Penderita batu empedu umumnya akan merasakan sakit perut sebelah kanan, terutama setelah mengonsumsi makan yang berlemak atau makan dalam porsi yang besar. Bahkan sakit perut sebelah kanan dapat merambat ke punggung bagian atas, dada dan bahu yang disertai dengan mual dan muntah. 

  1. Radang usus buntu

Radang usus buntu disebabkan oleh infeksi yang kemudian ditandai dengan munculnya peradangan pada usus sehingga terjadi pembengkakan. Gejala yang sering muncul apabila terjadi radang usus buntu yaitu sakit perut sebelah kanan, kembung, sembelit, dan demam. Oleh karena itu, sakit perut sebelah kanan yang Anda alami bisa jadi disebabkan oleh radang usus.

Baca Juga: 4 Bahan Alami untuk Membakar Lemak Perut

  1. Kolesistitis

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang selanjutnya yaitu kolesistitis atau peradangan pada kantong empedu. Radang kantong empedu terjadi karena saluran yang mengeluarkan empedu terhalang oleh batu empedu. Cairan yang tidak dapat dikeluarkan ini akhirnya menumpuk dan menyebabkan terjadinya peradangan. Beberapa gejalanya yaitu sakit perut sebelah kanan, mual, dan muntah. 

  1. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik dapat menjadi penyebab berikutnya dari rasa sakit perut sebelah kanan. Kehamilan ektopik itu sendiri dapat dimaknai sebagai sebuah kondisi yang terjadi manakala sel telur tumbuh di luar rahim. Jika mengalaminya, Anda akan merasakan rasa sakit perut di sebelah kanan, kemudian akan mengalami gejala lainnya seperti merasa sakit ketika buang air kecil, diare, mual, hingga timbulnya pendarahan atau keputihan di vagina. 

  1. Infeksi ginjal

Hal berikutnya yang bisa menjadi penyebab Anda merasakan nyeri kanan adalah terjadinya infeksi bakteri pada ginjal. Infeksi ini nantinya akan mempengaruhi sistem buang air kecil dan menyebabkan kerusakan secara permanen. Apabila Anda mengalaminya, rasa sakit biasanya akan terasa pada pangkal paha, hingga perut bagian kanan bawah. 

Mengatasi Sakit Perut Sebelah Kanan

Untuk hasil yang lebih akurat dan maksimal, Anda yang mengalami rasa sakit perut sebelah kanan sebaiknya memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu, terutama apabila rasa sakit yang dialami sudah semakin parah dan tidak tertahankan. Mengapa demikian? Hal ini karena beberapa penyebab timbulnya sakit perut di sebelah kanan sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya, merupakan penyakit yang cukup serius dan perlu didiagnosis secara tepat dengan melakukan serangkaian pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang lainnya.

Apabila telah diketahui penyebab pastinya, dokter akan memberikan penanganan untuk mengatasi rasa sakit perut sebelah kanan tersebut sesuai dengan diagnosis. Sebagai contoh, apabila rasa sakit perut disebabkan oleh infeksi bakteri, maka pada umumnya dokter akan meresepkan antibiotik. Namun, tak jarang juga akan diambil tindakan operasi, terutama apabila hasil diagnosis menunjukkan terjadinya radang usus buntu ataupun kehamilan ektopik. Untuk itu, begitu Anda merasakan gejala dari penyakit di atas, segera kunjungi dokter demi mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat. 

Demikianlah penjelasan mengenai berbagai penyebab timbulnya rasa sakit perut sebelah kanan yang perlu Anda ketahui. Pada umumnya, rasa sakit perut sebelah kanan ini timbul akibat adanya gangguan tertentu pada organ tubuh Anda, terutama pada hati, ginjal sebelah kanan, hingga kantong empedu. Untuk itu, terus jaga kesehatan organ tersebut demi mencegah timbulnya rasa sakit perut.

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Baca Juga: Adakah Cara Mengecilkan Perut Buncit dengan Bahan Alami?

 

Sumber:

Scaccia, Annamarya. 2019. What’s Causing Pain in My Lower Right Abdomen?

 

Iliades, Chris. 2021. What Pain on Your Right Side Could Mean.

Bagikan artikel ini