Sering Dijadikan Penyedap Makanan, Mari Mengenal Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 08 Sep 2021

Bagikan

Manfaat Daun Salam dan Efek Sampingnya Untuk Tubuh

Manfaat daun salam bagi kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Anda tentu sudah tahu bahwa bumbu masakan yang memiliki aroma khas ini memiliki beragam kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata daun salam juga mampu menimbulkan efek samping tertentu yang tidak diinginkan?

Untuk mengetahui hal tersebut, mari kita simak penjelasan mengenai manfaat daun salam beserta efek sampingnya bagi kesehatan tubuh. Namun sebelum itu, ada baiknya Anda mengetahui kandungan senyawa pada daun salam itu sendiri.

Kandungan daun salam

Daun salam sudah sangat populer karena bau khasnya serta khasiatnya yang dapat menjaga kesehatan organ-organ tubuh. Nah, manfaat-manfaat tersebut sejatinya datang dari kandungan daun salam itu sendiri yang kaya akan senyawa yang baik bagi kesehatan. Adapun kandungan senyawa yang dapat ditemukan pada daun salam tersebut adalah sebagai berikut.

  • Antioksidan

  • Flavonoid

  • Rutin, asam caffeic, salisilat, fitronutrien

  • Asam laurat

  • Vitamin A dan C

Manfaat daun salam

Mengingat kandungannya yang cukup kaya akan senyawa yang baik bagi kesehatan, tentu manfaat daun salam sudah tidak perlu diragukan lagi. Namun, sebenarnya apa saja manfaat dari daun salam itu sendiri? Agar lebih semangat lagi mengonsumsinya, berikut ini adalah beberapa manfaat daun salam yang perlu Anda ketahui. 

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun salam yang bisa Anda dapatkan pertama yaitu menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena daun salam memiliki kandungan phytonutrient yang akan memberikan perlindungan terhadap serangan jantung dan meningkatkan fungsi jantung. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda bisa merebus 3 gram daun dalam dalam 300 ml air dan tunggu hingga tinggal 75 ml. 

Baca Juga: Penting Untuk Kesehatan, Mari Mengetahui Detak Jantung Normal Dan Cara Menjaganya

  1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain menjaga kesehatan jantung, daun salam juga baik untuk kesehatan pencernaan Anda. Daun salam dapat mengatasi perut kembung dan juga heartburn. Tidak hanya itu, daun salam juga dapat mengatasi konstipasi dan mulas.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa merebus daun salam dan minum selama masih hangat. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan madu atau jahe untuk menambah rasa. 

Baca Juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol dan Gula Darah

Manfaat daun salam yang bisa Anda dapatkan selanjutnya yaitu menurunkan kolesterol dan gula darah. Hal ini karena, di dalam daun salam mengandung polifenol yang memiliki fungsi antioksidan yang kuat. Zat ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah serta kolesterol.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Meningkatkan Kolesterol Baik dalam Tubuh yang Harus Diketahui

  1. Mencegah Kanker

Salah satu manfaat daun salam yang luar biasa yaitu dapat mencegah kanker. Dapat sebuah penelitian dijelaskan bahwa ekstrak daun salam dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Tidak hanya itu, ekstrak daun salam juga dapat mengatasi peradangan. 

  1. Mengobati Batu Ginjal

Manfaat daun salam yang terakhir yaitu mengobati batu ginjal. Hal ini karena daun salam dipercaya dapat mengurangi jumlah enzim penyebab batu ginjal dan gangguan lambung yaitu enzim urease. Akan tetapi, manfaat yang satu ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut. 

Efek Samping Daun Salam

Selain kaya akan manfaat, daun salam ternyata memiliki risiko dapat menimbulkan sejumlah efek samping tertentu. Efek samping dari daun salam ini akan timbul apabila dikonsumsi dengan tidak tepat, ataupun secara berlebihan. Adapun beberapa efek samping daun salam tersebut diantaranya adalah sebagai berikut. 

  • Dapat menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan, hingga peradangan akut pada saluran pencernaan tersebut.

  • Dapat menimbulkan reaksi alergi.

  • Menyebabkan terjadinya infeksi kulit.

  • Menyebabkan kesulitan bernapas atau sesak napas.

  • Dapat menyebabkan asma.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang akan mengalami efek samping ini. Meskipun begitu, sebagai tindakan pencegahan, Anda perlu mengonsultasikan konsumsi daun salam ini dengan dokter, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti sedang menyusui, baru saja melakukan operasi, serta sedang mengonsumsi obat tidur dan atau obat diabetes.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat daun salam, berikut kandungan senyawanya yang mendatangkan manfaat tersebut, serta efek samping yang mungkin timbul dari konsumsi daun salam ini.

Apabila ketika mengonsumsi daun salam Anda mengalami reaksi efek samping sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, sebaiknya Anda segera menghubungi dokter untuk mendapatkan pertolongan secepatnya. 

 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

 

Sumber:

1. WebMD. Bay Leaf: Overview, Uses, Side Effects, Precautions. 

2. Pletcher, Peggy. 2016. 5 Possible Uses for the Bay Leaf. 

3. WebMD. Health Benefits of Bay Leaves.

Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi
Bagikan artikel ini    
Doctor

Ingin penjelasan lebih detail? Konsultasi dengan dokter sekarang!

Pesan Konsultasi