Bantuan
Bantuan

Selain Lezat, Ternyata Jamur Shitake Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 13 Jan 2022

Bagikan

Selain Lezat, Ternyata Jamur Shitake Memiliki Banyak Manfaat Bagi Kesehatan

Jamur shitake merupakan salah satu jamur yang aman dikonsumsi dan memiliki rasa yang lezat. Jamur ini juga sangat populer dan sering diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti sayur, campuran daging, hingga cemilan. Namun tahukah Anda, dibalik rasanya yang lezat ini ternyata jamur shitake menyimpan segudang manfaat yang baik untuk tubuh manusia. 

Baca Juga: Jamur Enoki, Jamur Kecil dengan Sejuta Manfaat

Kandungan Gizi Jamur Shitake

Berbagai manfaat yang dimiliki jamur shitake ini tidak lepas dari berbagai kandungan gizi yang dimilikinya. Pasalnya, dalam 15 gram jamur shitake setidaknya mengandung gizi sebagai berikut:

  • Kalori 44

  • Karbohidrat 11 gram

  • Serat 2 gram

  • Protein 1 gram

  • Riboflavin

  • Niacin

  • Tembaga

  • Vitamin B5

  • Vitamin B6

  • Vitamin D

  • Folat

  • Mangan

  • Zinc

Manfaat Jamur Shitake

Berkat kandungan gizi yang melimpah, maka wajar saja jika jamur shitake memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lalu apa saja manfaat jamur shitake bagi kesehatan tersebut? Mari simak penjelasannya di bawah ini. 

  1. Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat jamur shitake bagi kesehatan tubuh manusia yang pertama yaitu mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini tidak lepas dari berbagai kandungan yang dimiliki jamur shitake seperti serat, asam oksalat, dan eritadenine. Berbagai kandungan tersebut, ampuh dalam melawan berbagai kuman dan bakteri. Sehingga, tubuh Anda menjadi kebal dan tidak mudah terserang penyakit. Bahkan, jamur shitake ini disebut berpotensi menjadi alternatif antibiotik.. 

  1. Mencegah berat badan berlebih

Jamur shitake memiliki kandungan eritadine yang memiliki manfaat dalam mengurangi jumlah lemak. Selain itu, beta-glucan dalam jamur shitake dapat meningkatkan rasa kenyang serta mengurangi penyerapan lemak. Berangkat pada hal ini, maka ilmuwan melakukan sebuah penelitian terhadap tikus Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa jamur shitake efektif dalam mencegah penumpukan lemak dan penambahan berat badan. Akan tetapi, penelitian ini masih perlu dilanjutkan untuk melihat keefektifan pada manusia. 

  1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan eritadenine, sterol dan beta-glucan dalam jamur shitake merupakan senyawa penting dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena, eritadenine berperan dalam menghambat enzim yang memproduksi kolesterol. Sterol berperan dalam menghambat usus menyerap kolesterol dan beta-glucan berperan dalam menurunkan kadar kolesterol. Dengan kadar kolesterol yang terjaga ini, maka jantung pun akan sehat. 

  1. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Jamur shitake juga bermanfaat dalam menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini karena, jamur shitake memiliki kandungan serat yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Jadi, bagi kamu yang mengalami masalah pada pencernaan, seperti sembelit, maka serat ini akan membantu mengatasinya. 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Manfaat jamur shitake yang perlu Anda ketahui selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan kulit. Pasalnya, jamur shitake memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi, terutama vitamin B5. Vitamin B5 ini, dapat mendukung berbagai fungsi dalam tubuh seperti memecah lemak, karbohidrat dan protein menjadi energi, serta membentuk sel darah merah dan beberapa hormon tertentu. Dengan mencukupi asupan vitamin B5 ini, maka kesehatan rambut, mata dan kulit akan tetap terjaga. 

  1. Mencegah penyakit gingivitis

Gingivitis merupakan penyakit gigi yang dikarenakan oleh bakteri jahat dan penumpukan plak. Untuk dapat mengatasi penyakit tersebut, diperlukan antibakteri, antijamur ataupun antivirus. Anda bisa mendapatkan efek ini dengan mengonsumsi jamur shitake. Pasalnya, jamur shitake mengandung berbagai efek tersebut sehingga mampu mencegah penyakit gingivitis ini. . 

  1. Memiliki potensi antikanker

Manfaat jamur shitake yang terakhir yaitu memiliki potensi sebagai antikanker. Hal ini karena ditemukannya lentinen pada polisakarida tubuh jamur shitake. Senyawa ini telah terbukti dapat menghambat penyebaran dan pertumbuhan sel-sel leukemia. Kemampuan ini disebabkan karena lentinen dapat mengaktifkan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ilmuwan mulai meneliti potensi yang terdapat pada jamur shitake ini. 

Nah, itulah dia beberapa manfaat dari jamur shitake bagi kesehatan tubuh yang bisa Anda dapatkan. Walaupun jamur ini aman untuk dikonsumsi, sebaiknya hindari mengonsumsinya dalam kondisi mentah. Pasalnya, jamur shitake yang mentah memiliki kandungan zat beracun yang memicu munculnya ruam. Oleh karena itu, pastikan mencuci dan memasaknya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 

Cukup sekian informasi yang dapat tim aido berikan, semoga bermanfaat.

Untuk mengetahui lebih lanjut seputar kesehatan, Anda bisa video call langsung dengan dokter di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Play.

Referensi
  1. Jennings, Kerri-Ann. 2019. Why Shiitake Mushrooms Are Good For You. https://www.healthline.com/nutrition/shiitake-mushrooms#nutrients
  2. WebMd. Shiitake Mushrooms: Health Benefits, Nutrition, and Uses. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-shiitake-mushrooms#1
Bagikan artikel ini