Bantuan

Segudang Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 10 Jun 2022

Bagikan

Segudang Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

Apakah Anda tahu apa saja manfaat daun bidara? Daun bidara daun yang berasal dari tanaman bidara yang memiliki nama ilmiah Ziziphus mauritiana. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Indian plum karena berasal dari India. Bagi masyarakat India, tanaman ini memiliki banyak manfaat seperti obat demam dan batuk. Lalu apa saja manfaat daun bidara bagi kesehatan? 

Baca juga: Dikenal Sebagai Obat Tradisional, Sebenarnya Apa Itu Daun Bidara?

 

Kandungan Gizi Daun Bidara

Sebelum mengetahui apa saja manfaat daun bidara, sebaiknya Anda memahami terlebih dahulu apa saja kandungan yang dimiliki daun ini. Di dalam daun yang berukuran kecil ini, ternyata terdapat beberapa kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Berikut kandungan yang terdapat di dalam daun bidara. 

  • Air 

  • Protein kasar 

  • Lemak kasar 

  • Serat kasar 

  • Kalsium 

  • Natrium 

  • Magnesium 

  • Kalium

Selain beberapa kandungan tersebut, daun bidara juga kaya akan kandungan flavonoid. Kandungan flavonoid ini dapat membantu menangkal radikal bebas dan meningkatan imun tubuh. Tidak hanya itu, kandungan flavonoid ini juga bisa menghambat pertumbuhan sel tumor dan sel kanker. 

 

Manfaat Daun Bidara

Melihat kandungan yang dimiliki daun bidara ini, sudah tidak mengherankan jika tanaman ini disebut-sebut memiliki banyak manfaat. Namun, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan daun bidara sebagai obat tradisional? Mari sama-sama mengetahui jawabannya dengan menyimak penjelasan di bawah ini. 

1. Mengontrol gula darah

Manfaat daun bidara untuk kesehatan tubuh yang pertama, yaitu membantu mengontrol gula darah. Manfaat yang satu ini telah dibuktikan pada penelitian yang dilakukan pada tikus. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bawah daun bidara mampu mengatur kadar gula di dalam darah. Tidak berhenti disitu saja, daun bidara juga memiliki kandungan yang bisa mencegah kerusakan pada sistem pengaturan darah. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mengonsumsi rebusan daun bidara. 

2. Mencegah kanker

Sebelumnya sempat disebutkan bahwa daun bidara memiliki kandungan flavonoid yang mampu mencegah pertumbuhan kanker. Manfaat ini juga disebutkan dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus. Dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa tanaman bidara ini mampu menghancurkan berbagai sel-sel yang berbahaya seperti kanker. Tidak hanya itu, disebutkan juga bahwa tanaman bidara ini memiliki kandungan vitamin C  yang bersifat antikanker sehingga mampu membunuh sel kanker pada tikus.  

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun bidara juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Bahkan daun bidara mampu meringankan dampak negatif dari asam lambung, jadi cocok dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah pada asam lambung. Tidak hanya itu, daun bidara juga dipercaya dapat mengeluarkan racun yang terdapat pada sistem pencernaan. Kondisi ini akan membantu sistem pencernaan mencegah terjadinya infeksi dan mengatasi berbagai gangguan pencernaan. 

Baca juga: Makanan yang Sehat untuk Sistem Pencernaan Manusia

4. Mengatasi insomnia

Jika Anda sedang mencari cara untuk mengatasi insomnia, maka cobalah untuk menggunakan daun bidara ini. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan saponin yang memiliki efek menenangkan. Tidak hanya itu, daun bidara juga mengandung flavonoid, polisakarida, dan antioksidan fitokimia yang juga dapat memberikan efek penenang. Jadi, daun bidara mampu memberikan stimulasi tidur alami dengan cara membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi tenang.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

Manfaat daun bidara bagi kesehatan tubuh yang terakhir, yaitu dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini karena terdapat sifat sifat antiinflamasi dan antibakteri dalam daun bidara sehingga membantu penyembuhan luka. Bahkan, daun bidara ini juga bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka karena memiliki kandungan senyawa glikosida. Untuk mendapatkan manfaat yang satu ini, Anda cukup mengonsumsi air rebusan daun bidara. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan ekstrak daun bidara dengan air lalu oleskan  pada area yang terluka.

Demikianlah penjelasan mengenai segudang manfaat daun bidara untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Perlu diperhatikan, sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi daun bidara secara berlebihan karena dapat menyebabkan munculnya efek samping. Efek samping yang bisa muncul akibat berlebihan mengonsumsi daun bidara yaitu gangguan hati. Pasalnya, daun bidara memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat memperberat kerja hati jika berlebihan. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Ragam Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Kesehatan

Tag :
Referensi

Cathy Wong, 2021. What Is Ziziphus?. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ziziphus-88664

WebMD. Zizyphus. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-62/zizyphus

Bagikan artikel ini