Bantuan

Jangan Sembarangan Konsumsi, Mari Kenali Efek Samping Akar Bajakah Terlebih Dahulu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 15 Jun 2022

Bagikan

Jangan Sembarangan Konsumsi, Mari Kenali Efek Samping Akar Bajakah Terlebih Dahulu

Akar bajakah memang dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun sebaiknya Anda kenali juga efek samping akar bajakah. Mengonsumsi akar bajakah secara berlebih tentu tidak baik buat kesehatan. Bukan manfaat yang akan Anda dapatkan, melainkan efek samping yang berbahaya. 

Karena itulah, sebelum mengonsumsi akar bajakah sebaiknya Anda cari tahu dulu apa saja khasiat dan efek sampingnya. Dengan memastikan kandungan yang ada di dalamnya, Anda bisa meminimalisir efek dari mengonsumsi akar bajakah.

Baca juga: Mengenal Beragam Manfaat Temu Ireng yang Sering Dijadikan Obat Herbal



Bahaya Akar Bajakah yang Harus Diwaspadai

Bukan hanya akar bajakah, apapun jenis tanaman herbal yang Anda konsumsi secara berlebih bisa menimbulkan risiko efek samping yang berbahaya. Oleh sebab itu, gunakan takaran yang seimbang agar tidak terjadi efek yang membahayakan bagi tubuh dan kesehatan Anda. 

Nah, supaya Anda semakin berhati-hati lagi saat mau mengonsumsi tanaman herbal akar bajakah, ketahui dulu bahaya apa saja yang dapat mengintai Anda. Berikut ini adalah beberapa bahaya dari mengonsumsi akar bajakah yang wajib Anda waspadai: 

1. Gagal Ginjal

Berdasarkan penelitian, ada beberapa pengguna yang mengalami efek samping akar bajakah. Biasanya, efek samping seperti ini terjadi ketika Anda sering mengonsumsi akar bajakah dalam jangka waktu lama dan terus-menerus. 

Hal seperti ini terjadi karena adanya kandungan senyawa kimia beracun dan logam berat yang dapat memicu reaksi negatif pada tubuh. Penggunaan akar bajakah yang tidak diimbangi dengan resep dokter tentu lebih berpotensi menyebabkan Anda terkena gangguan pada sistem ginjal. 

Jika dibiarkan dan tidak segera ditangani sesuai resep dokter, maka bisa memicu terjadinya gagal ginjal. Inilah salah satu efek samping yang akan Anda rasakan saat mengonsumsi obat berbahan dasar akar bajakah secara sembarangan. 

2. Gangguan pada Liver

Selain gangguan pada sistem ginjal, efek samping lain yang mungkin dirasakan pada pengguna akar bajakah adalah mengalami gangguan liver. Penyebabnya pun hampir sama, yaitu penggunaan akar bajakah sebagai obat herbal secara berlebih. 

Jika Anda ingin menggunakan akar bajakah sebagai obat alternatif untuk mengobati penyakit Anda, sebaiknya dilakukan atas resep dokter. Tanpa adanya resep yang sesuai, takaran yang Anda gunakan saat mengonsumsi obat herbal ini malah justru akan memperburuk kondisi kesehatan Anda. 

Gangguan pada sistem liver juga dipicu dari kandungan zat yang terdapat di dalam akar bajakah. Kandungan yang ada di akar bajakah tentu ada yang bermanfaat bagi pengobatan dan ada pula yang bisa memperparah kesehatan Anda. Maka dari itu, bijaklah saat mengonsumsi obat herbal semacam ini.

Baca juga: Berbagai Gejala Liver yang Penting dan Wajib Anda Ketahui



Manfaat Akar Bajakah bagi Kesehatan

Selain visa memicu efek samping bagi tubuh, akar bajakah lebih populer dengan manfaatnya yang luar biasa bagi pengobatan penyakit keras. Tak sedikit pengguna tanaman herbal ini yang sembuh dari penyakitnya setelah mengonsumsi obat berbahan dasar akar bajakah ini. 

Bila dibandingkan dengan efek samping akar bajakah, tentu saja ada lebih banyak manfaat yang akan Anda dapatkan saat mengonsumsi akar bajakah ini. Lantas, apa sajakah manfaat yang bisa Anda rasakan? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya: 

1. Mengobati Kanker

Salah satu khasiat dari akar bajakah dalam pengobatan herbal adalah bisa mengobati penyakit kanker. Sudah sejak lama penyakit ini sulit untuk diobati. Biaya yang dibutuhkan untuk pengobatan secara kemoterapi pun cukup mahal. 

Dengan adanya akar bajakah, setidaknya biaya yang Anda keluarkan untuk proses pengobatan bisa lebih terjangkau. Lagi pula, khasiatnya pun sudah terbukti bagus untuk mengobati penyakit seperti kanker. 

2. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Di tengah masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, menjaga sistem imun tubuh sangatlah penting. Oleh sebab itu, meningkatkan imunitas tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi akar bajakah. 

Akar bajakah mengandung zat antioksidan yang tinggi. Zat inilah yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda agar terhindar dari paparan virus penyebab penyakit. Dengan mengonsumsi olahan akar bajakah, setidaknya Anda bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan tanaman herbal.

Baca juga: Cara Mudah Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Demikianlah efek samping akar bajakah yang harus Anda waspadai mulai sekarang. Jika Anda mengonsumsi bahan makanan ini secara hati-hati, maka Anda tidak akan merasakan efek sampingnya. Namun jika Anda mengalami keluhan setelah memakan makanan ini, segera hubungi dokter setempat.

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Referensi

McKnight, Chavez. 2020. Efficacy & Benefits of Wood Bajakah from Borneo. https://zupyak.com/p/1489356 

Trial Site News. 2020. Updates on the Bajakah Tree & Medicinal Claims in Indonesia. https://trialsitenews.com/updates-on-the-bajakah-tree-medicinal-claims-in-indonesia/

Bagikan artikel ini