Bantuan

Dikenal Sebagai Obat Tradisional, Sebenarnya Apa Itu Daun Bidara?

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 09 Jun 2022

Bagikan

Dikenal Sebagai Obat Tradisional, Sebenarnya Apa Itu Daun Bidara

Mungkin beberapa dari Anda ada yang bertanya-tanya, sebenarnya apa itu daun bidara? Daun bidara ini sangatlah dikenal sebagai obat tradisional. Pada zaman dahulu terutama pada masyarakat India, sering menggunakan tanaman ini untuk mengobati batuk, gangguan hati, dan juga demam. Sedangkan di Indonesia, mungkin masih jarang menggunakan tanaman ini sebagai obat.

Baca juga: Mengenal Berbagai Macam Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan

 

Apa Itu Daun bidara?

Kembali kepertanyaan awal, apa itu daun bidara? Daun bidara merupakan daun dari tanaman bidara. Tanaman ini memiliki nama latin Ziziphus mauritiana atau dikenal juga dengan sebutan Indian plum karena berasal dari India. Di India, tanaman ini dibudidayakan dan digunakan dalam banyak hal seperti hiasan, pewarna hingga obat tradisional. Tanaman bidara ini dapat tumbuh di daerah dengan suhu ekstrim dan daera dengan kondisi kering. 

Tanaman ini dapat tubuh hingga tinggi 15 meter serta diameter batang mencapai 40 cm. Namun mungkin Anda lebih sering menemui tanaman ini dengan bentuk yang lebih kecil. Tanaman ini memiliki daun berwarna hijau dengan bentuk seperti telur. Pada tangkai dan pinggiran daun bidara ini terdapat bulu-bulu dan gigi yang sangat halus. Pada bagian atas daun bidara terlihat mengkilap dan pada sisi  lainnya akan terlihat berwarna keputihan.

Kandungan Gizi Daun Bidara 

Di dalam daun bidara ini terdapat banyak kandungan flavonoid, tannin, dan alkaloid. Berbagai kandungan ini dapat menangkal radikal bebas dan meningkatkan imun tubuh. Bahkan, flavonoid ini merupakan salah satu kandungan yang dapat menghambat pertumbuhan sel tumor hingga sel kanker. Jadi, wajar saja daun bidara ini sering digunakan sebagai obat tradisional. 

Selain beberapa kandungan tersebut, daun bidara juga memiliki beberapa kandungan gizi lainnya. Berikut ini beberapa kandungan yang terdapat di dalam daun bidara.

  • Air

  • Protein kasar

  • Lemak kasar

  • Serat kasar

  • Kalsium

  • Natrium

  • Magnesium

  • Kalium

Efek Samping Daun Bidara

Walaupun disebut-sebut memiliki banyak manfaat bahkan telah digunakan sebagai obat tradisional, Anda tetap perlu berhati-hati pada efek samping yang bisa saja muncul. Hal ini dapat terjadi, jika Anda mengonsumsi daun bidara terlalu banyak. Sesuatu yang berlebihan, sudah pasti tidak baik. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi daun bidara secara berlebihan. 

Apabila Anda mengonsumsi ekstrak daun bidara terlalu banyak, maka dapat menyebabkan kerusakan hati. Hal ini terjadi karena ekstrak daun bidara memiliki zat aktif yang akan diproses oleh hati. Ketika zat aktif ini berlebihan, maka hati akan mengalami kesulitan dalam menjalankan fungsinya.

Lalu berapakah batas wajar konsumsi daun bidara ini? Pada dasarnya, belum banyak penelitian yang membahas mengenai efek samping dari daun bidara ini. Jadi, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan daun bidara sebagai obat tradisional. Namun dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Universitas Negeri Alauddin Makassar menyebutkan bahwa batas aman mengonsumsi ekstrak daun bidara, yaitu 600 mg per kg berat badan untuk sekali konsumsi. 

Penggunaan Daun Bidara

Lantas, bagaimanakah cara menggunakan daun bidara ini sebagai pengobatan? Ada dua cara simpel yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan manfaat dari daun bidara ini. Mari simak cara penggunaan daun bidara di bawah ini.

  1. Sebagai obat kumur

Cara yang bisa Anda gunakan pertama, yaitu menggunakan daun bidara sebagai obat kumur. Caranya, yaitu dengan mengambil beberapa lembar daun bidara, lalu cuci hingga bersih. Setelah itu keringkan dan rebus dengan beberapa ml air. Untuk 5-6 lembar daun gunakan air sebanyak 250 ml. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur dan membantu meringankan sakit tenggorokan. 

  1. Sebagai minuman herbal

Cara yang selanjutnya, yaitu menggunakan daun bidara sebagai minuman herbal. Caranya, yaitu mengambil beberapa lembar daun bidara lalu cuci hingga bersih. Setelah itu, jemur daun bidar tersebut di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering. Apabila sudah kering, halus daun bidara tersebut hingga menjadi bubuk. Kemudian, campurkan bubuk daun bidara tersebut dengan air mendidih, lalu minumlah seperti minum teh. Anda juga bisa menambahkan beberapa gram gula untuk memberikan rasa. 

Demikianlah penjelasan untuk menjawab pertanyaan, apa itu daun bidara? Semoga informasi ini dapat menjawab semua rasa penasaran Anda dan bisa menambah wawasan Anda mengenai pengobatan tradisional.

Baca juga: Mengenal Berbagai Manfaat Daun Jarak untuk Bayi

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Tag :
Referensi

Cathy Wong, 2021. What Is Ziziphus?. https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-ziziphus-88664

WebMD. Zizyphus. https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-62/zizyphus

IDN Medis. Daun Bidara : Manfaat – Efek Samping dan Cara Penggunaan. https://idnmedis.com/daun-bidara#idnmedis_ref

Bagikan artikel ini